Covid 19

Cegah Corona dengan Masker Kain Non Medis? Ini Tips nya!

Hi, moms! Di tengah pandemi Covid-19 ini, pemerintah menganjurkan masyarakat menggunakan masker untuk meringankan penyebaran virus corona. Penggunaan masker ini sangat penting untuk mencegah penularan Covid-19, terutama dari penderita yang terinfeksi virus corona tanpa gejala atau bergejala ringan.

Namun, semakin tinggi dan melonjaknya harga masker medis di pasaran, membuat WHO atau organisasi kesehatan di dunia telah mendukung kebijakan pemerintah yang menganjurkan masyarakat untuk menggunakan masker non medis atau masker kain.

Masker medis atau masker bedah sekali pakai diprioritaskan bagi pekerja medis dan orang sakit. Sedangkan masyarakat disarankan untuk menggunakan masker kain atau masker nonmedis saat keluar rumah.

Nah, berkaitan dengan himbauan pemerintah dan sejumlah otoritas kesehatan resmi dari berbagai negara untuk menggunakan masker tersebut, belakangan ini sudah beredar cara membuat masker di pasaran seperti memanfaatkan kaus, bandana, sampai syal tanpa dijahit lho, moms!

Beberapa dari mereka membuat masker kain menggunakan mesin jahit dengan beragam model atau desain. Agar mommy tidak bingung memilih model masker kain, bahkan bahan masker kain, kita cari tahu yuk, bagaimana sih tips memilih masker kain yang tepat?

  1. Carilah Masker Kain yang Memiliki 3 Lapis atau Lebih

Kita tahu bahwa masker yang aman harus memiliki 3 lapisan di dalamnya seperti layaknya masker medis agar semakin aman untuk menghindari droplet ya, moms.

  1. Carilah Masker Kain yang Dapat Menahan Droplet

Selain tips yang pertama, tips ini juga tidak kalah pentingnya untuk memilih masker kain yang dapat menahan droplet. Tapi, jika masker kain nya sendiri memang tidak ada yang menahan droplet bagaimana, moms?

Nah, seringkali masyarakat menggunakan tissue atau kain untuk dimasukkan ke dalam masker kain 3 lapis untuk menahan droplet, padahal tindakan tersebut tidaklah maksimal lho, moms! Setelah saya lakukan eksperimen uji coba dengan kedua benda tersebut, hasilnya adalah droplet masih bisa tembus dengan kain maupun tissue yang tebal.

Solusinya adalah, sebaiknya mommy menggunakan filter non woven seperti yang digunakan di dalam masker medis. Filter ini benar – benar mampu menahan droplet dan tidak mudah terbakar sehingga sangat baik digunakan untuk kita di tengah pandemi Covid-19 ini.

Memutus rantai penyebaran Covid-19 bukan hanya tanggung jawab tim medis lho, moms! Kita juga wajib memenuhi tanggung jawab untuk memutus rantai penyebaran virus corona dengan hanya memakai 1 masker kain yang dilapisi filter non woven ini.

Yuk, sama – sama kita memutus rantai Covid-19 dengan mengganti pemakaian masker medis menjadi masker non medis dengan tips ini, agar Covid-19 atau virus corona segera berakhir! Stay Safe, moms!

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI