Covid 19 · Seputar Program Bayi Tabung

Program Bayi Tabung di Tengah Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 ini membuat proses tatap muka antara dokter dan pasien semakin terbatas ya, moms. Kunjungan ke rumah sakit dibatasi, mengingat rumah sakit juga bisa menjadi tempat penularan virus yang potensial menjadi infeksi dan fatal.

Hal ini pun juga berdampak pada program bayi tabung. Proses ini memerlukan serangkaian tahapan agar berhasil mencapai kehamilan dan kelahiran yang sehat. Dengan adanya pandemi Covid-19 membuat proses tersebut terhambat karna tatap muka antara dokter dan calon orangtua semakin terbatas

Program bayi tabung sendiri merupakan usaha alternatif untuk mendapatkan kehamilan, bagi pasangan yang kesulitan memperoleh buah hati. Program bayi tabung dilakukan dengan pembuahan di luar rahim ibu atau IVF. Untuk memiliki buah hati tentunya tidak terduga dan tidak bisa ditunda ya, moms. Terlebih lagi khsusnya wanita yang memiliki keterbatasan.

Seperti saya sendiri contohnya, tentunya mendapatkan banyak contra ketika memutuskan untuk memiliki anak ketiga di tengah pandemi ini. Tapi, jika ditunda terlalu lama, akan memungkinkan untuk tidak memiliki kesempatan itu lagi lho, moms.

Bagi mommy – mommy yang memiliki pengalaman dan keluh kesah yang sama, berikut saya bagikan tips aman untuk melakukan proses bayi tabung di tengah pademi Covid-19!

  1. Tubuh Harus Fit

Jadi moms, ketika kita memutuskan untuk mengikuti program bayi tabung yang berlangsung selama kurang lebih 1 bulan, selama itu juga kita harus berkomitmen untuk menjaga kesehatan kita dan melakukan healthy life style agar proses dari program bayi tabung di tengah pandemi ini tidak sia – sia.

Karna, ketika kita akan mendaftarkan diri ke rumah sakit untuk mengikuti proses bayi tabung, hal pertama yang akan ditanyakan oleh pihak rumah sakit adalah kesehatan kita terlebih dahulu. Jika dalam 14 hari terakhir kita dalam keadaan fit, maka kita akan melanjutkan ke step selanjutnya. Melainkan, jika dalam 14 hari terakhir kita dalam keadaan tidak fit, maka pada saat itu juga kita dinyatakan gugur dan tidak bisa melanjutkan proses bayi tabung.

  1. Pakai Masker

Untuk ke rumah sakit tentunya memakai masker dan atribut kesehatan lainnya menjadi hal yang sangat penting ya, moms. Bukan hanya menjaga kesehatan, tetapi memakai masker saat ini juga merupakan hal prioritas bagi kita untuk berkunjung ke rumah sakit yang menjadi media menyebaran virus. Jika tiba – tiba kita terkena virus dan tidak memakai masker, otomatis kita tidak akan bisa melakukan program bayi tabung lho, moms!

  1. Melalui Proses Screening

Tidak berbeda dengan prosedur untuk masuk ke tempat perbelanjaan dan yang lainnya, rumah sakit pun menjadi salah satu tempat terpenting untuk mengadakan proses screening dan mencuci tangan dengan hand sanitizer sebelum masuk. Ketika kita sudah screening dan ternyata hasilnya adalah suhu kita tinggi atau demam maka kita tidak bisa masuk lho, moms.

  1. Social Distancing

Point ini merupakan point yang sudah tidak jarang kita dengar di tengah pandemi ini ya, moms. Sama seperti tempat dan rumah sakit lainnya, RS Morula Menteng juga kerap melakukan social distancing dari ruang tunggu, bagian administrasi, maupun bagian farmasi, jadi pastikan jarak kalian aman dan tidak dekat dengan pasien yang lain ya, moms!

  1. Bersedia Melakukan Rapid Test

Tips yang satu ini tidak kalah penting ya, moms. Untuk mengikuti proses bayi tabung, sebelum dan selama proses ini juga kita harus bersedia untuk melakukan Rapid Test atau test Covid-19. Penting sekali untuk melakukan Rapid Test ini agar proses bayi tabung pun tidak sia – sia untuk dilakukan ya, moms.

  1. Selama Embrio Transfer, Tidak Bisa ditemani Suami

Biasanya ketika melakukan embrio transfer, kita sebagai istri pasti akan bisa ditemani oleh suami ya, moms. Tetapi kali ini berbeda dengan adanya pandemi Covid-19, rumah sakit memiliki kebijakan bahwa suami tidak diperkenankan untuk menemani kita.

That’s all seluruh tips aman untuk mengikuti proses bayi tabung di tengah pandemi Covid-19! So untuk mommy – mommy yang ingin melakukan proses bayi tabung di tengah pandemi, apakah sudah siap menjalankan keseluruhan prosedur nya sendiri? Semoga membantu dan semoga cepat positif hamil ya, moms!

For more information : Instagram = @Louissescarlett and @loewyaxell

#Parenting #MomsMilennial #YoutuberAnak #MainanAnak #TipsBayiTabung #MPASI