Growth

Tahap Perkembangan Bayi 14 Bulan

Hai moms, kali ini mommy akan membahas mengenai tahap perkembangan bayi 14 bulan. Di usia yang sudah masuk 14 bulan, pasti si Kecil banyak sekali perkembangannya ya moms, sama halnya dengan baby Uwi. Usia 14 bulan ini berat badan baby Uwi aja sudah bertambah moms, yaitu menjadi 11,6kg. Sudah lumayan berat ya kalau digendong-gendong terus. Nah, sekarang mommy mau berbagi tentang apa saja sih tahap perkembangan yang Uwi lewati ketika menginjak usia 14 bulan. Mari simak bersama moms

Tahap perkembangan bayi usia 14 bulan

1. Suka cari perhatian

Kalau mommy lagi sibuk main handphone, dia suka manggil-manggil agar diperhatikan moms. Mungkin dia bosan ya moms kita tinggal sibuk sendiri, jadinya mencari perhatian gitu deh.

2. Suka banget main

Dikit-dikit main, enggak bisa banget diem. Baby Uwi memang anaknya aktif banget moms.

3. Mudah salah fokus

Uwi sekarang mudah banget salah fokus nih moms. Misalkan dia lagi makan tapi dia melihat sesuatu yang lain yang menarik perhatian dia, dia langsung salah fokus moms, makanannya jadi terlupakan.

4. Bisa minum tanpa sedotan

Uwi akhirnya sudah mulai bisa minum sendiri tanpa menggunakan bantuan sedotan lagi moms.

5. Bisa bantu beres-beres rumah

Dia sudah bisa bantu beres-beres rumah, kalau dia pegang sapu dia sudah tahu kalau itu untuk menyapu, kalau pegang tisu dia sudah tahu itu untuk mengelap, kalau sudah selesai makan piringnya dikasih ke mbak buat diberesin. Gemes banget ya moms, umur 14 bulan sudah tahu untuk bantu beres-beres rumah.

6. Sudah bisa berjalan

Finally di usianya yang ke 14 bulan dia sudah bisa jalan walaupun masih suka jatuh-jatuh. Kalau cecenya dulu umur 12 bulan sudah bisa jalan moms, mungkin kalau cowok memang lama ya moms bisa jalannya.

7. Suka dengan boneka

Kalau dia lihat boneka cecenya, dia akan mainin bonekanya, akan disayang-sayang sama dia. Penyayang banget ya moms baby Uwi nih.

8. Pemberani

Sudah enggak ada takut-takutnya dia moms sekarang. Kalau kemarin ketika usia ke 13 bulan dia itu takut banget sama ayam, sama bulu, tapi sekarang dia sudah pemberani banget.

9. Perkembangan emosinya

Emosinya lebih besar, lebih suka ngambek sekarang. Kalau enggak diturutin dia akan ngambek, tidur-tiduran di lantai dan nangis moms.

10. Suka coret-coret

Cece Louisse suka sekali mewarnai dan Uwi sering lihat, jadi ikutan suka coret-coret moms. Apalagi sekarang kan sedang pandemi dan kita harus di rumah saja, jadi salah satu kegiatan kesukaan Uwi sekarang adalah coret-coret.

11. Kosakatanya lebih banyak

Contohnya kalau mommy suka nyanyi lagu anak-anak dan mommy suka oper ke dia lirik selanjutnya, dia sudah bisa ikut nyaut dan nyanyi moms ya walaupun memang belum jelas pengucapannya, tapi itu sudah menunjukkan kemajuan kosakata yang dia miliki moms.

12. Lebih suka makan sendiri

Sekarang lebih suka makan sendiri, baby led weaning full sendiri maunya ketika makan, enggak mau mommy bantuin. Kalau mommy paksa untuk suapin, akhirnya malah ngambek, nangis dan enggak jadi makan deh.

13. Manja dan suka cemburuan

Kalau mommy dan papinya suka gendong cecenya dia cemburuan, pengen digendong juga.

Itu dia perkembangan Uwi memasuki usia ke 14 bulan moms. Klik video di bawah ini moms untuk lihat lucunya tingkah laku baby Uwi menginjak usia 1 tahun 2 bulan.