Food · Pregnancy

Segudang Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil Dan Ibu Menyusui

Lagi hamil bawaannya pengen ngemil ya moms? Kalau ngemil snack banyak micinnya, kalau ngemil cokelat banyak gulanya nanti diabetes. Ngemil apa ya yang enak tapi juga mengandung nutrisi yang tinggi?

Permasalahan cemilan itu menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh bumil (ibu hamil) ya moms, dan mommy juga sudah ngerasain 2x moms. Memang para bumil itu bawaannya pengen ngemil terus, tapi sering banget kita mengabaikan kandungan yang ada di dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi. Kalau sampai kita ngemil terus atau minum minuman yang kurang gizi akan berakibat buruk terhadap janin kita. Sering banget kan kita dengar baby yang lahir kekurangan gizi, enggak mau kan kita seperti itu moms, kasihan ibu dan babynya.

Nah kali ini mommy akan membahas cemilan sehat yang sering banget diabaikan oleh para bumil dan busui (ibu menyusui), padahal cemilan ini luar biasa manfaatnya, belum lagi gizinya, yaitu kacang almond.

Manfaat kacang almond untuk bumil dan busui

1. Almond mengatasi mual pada bumil

Jadi biasanya bumil mual-mual di trimester satu ya moms, 1-3 bulan pertama kehamilan. Nah dengan kita mengonsumsi kacang almond, kita dapat mengatasi mual kita. Kenapa? Karena kacang almond ternyata memiliki kandungan riboflavin yang sangat dibutuhkan oleh bumil. Per 100 gram kacang almond mengandung sekitar 23% riboflavin yang sangat dibutuhkan oleh bumil loh moms. Enggak mau mual saat hamil? Konsumsi kacang almond.

2. Almond dapat membantu perkembangan otak janin kita

Jadi selama kehamilan, kita membutuhkan yang namanya asam folat. Asam folat sendiri dapat membantu perkembangan otak si janin, kerja saraf dari janin itu sendiri dan dapat menurunkan cacat terhadap janin kita moms. Selain itu almond dapat membantu perkembangan otak dan mata bayi. Dan ternyata asam folat bisa didapatkan dari kacang almond moms.

3. Almond dapat meningkatkan kekebalan tubuh bumil

Jadi selama masa kehamilan, bumil harus banget menjaga kekebalan tubuhnya. Kandungan Vitamin C pada almond dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bumil, sehingga bumil jarang sakit.

4. Almond kaya akan Vitamin E

Vitamin E dalam almond berperan dalam pembentukan sel kulit dan sel rambut terhadap baby kita. Bahkan Vitamin E dapat menjaga kesehatan kulit pada bumil agar enggak terlalu kering dan tetap sehat. Ternyata Vitamin E juga dapat menurunkan risiko stretch marks pada bumil. Mommy sendiri konsumsi almond cukup rutin, mommy enggak ada stretch marks sampai sekarang, bener-bener bersih total loh moms. Belum lagi Vitamin E dapat menangkal radikal bebas, mencegah kerusakan sel tubuh, dan meningkatkan jumlah darah dalam tubuh kita.

5. Almond dapat membantu pencernaan pada ibu hamil

Moms pernah enggak sih kita pas hamil susah BAB? Nah mommy sendiri pas hamil cukup rutin konsumsi almond jadi pencernaan mommy tiap hari lancar. Ternyata almond memiliki kandungan serat yang sangat tinggi yang dapat menjaga metabolisme tubuh dan memperlancar pencernaan, jadi kalau susah BAB saat hamil konsumsi almond.

6. Sumber protein yang sangat dibutuhkan oleh para bumil

Sebanyak 100 gram almond ternyata terdapat 6 gram protein atau sekitar 8,5% protein dari kacang almond. Dan ternyata 8,5% protein yang didapatkan dari kacang almond adalah protein yang sangat dibutuhkan setiap harinya oleh bumil. Karena protein itu dapat membantu pembentukan sel-sel tubuh janin, menguatkan otot jaringan janin, dan menjaga stamina bumil agar bumil enggak cepat lelah.

Untuk kalian para busui, kacang almond itu bagus banget karena bisa memperlancar ASI kita, dan mommy sudah buktiin sampai kelahiran kedua. ASI jadi lancar banget.

Mommy ketika hamil makan kacang almond, sudah lahiran makan kacang almond, sedang tidak hamil tidak menyusui tetap makan kacang almond, karena bisa menjaga stamina, kesehatan, menambah vitamin dan protein dalam tubuh mommy. Kalau kalian malas mengunyah, enggak perlu bingung moms, karena ada susu kacang almond.

Susu almond untuk bumil itu sering banget untuk pengganti susu sapi dan kandungan gulanya lebih rendah. Dengan kandungan gula lebih rendah itu dapat menghindari diabetes gestasional yang disebabkan oleh asupan gula berlebihan dan meningkatkan gula darah selama kehamilan.

Banyak banget kan moms manfaat kacang almond untuk bumil dan busui? Jadi yuk mulai sekarang konsumsi kacang almond yang rutin moms!