Kesehatan

Bahaya Memangku Laptop Di Atas Paha

Saat pandemi covid-19 ini bukan sesuatu yang mengherankan lagi buat kita memilih #workfromhome. Jadi banyak di antara kita menyelesaikan semua pekerjaan kantor kita di rumah menggunakan laptop. Salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan ketika bekerja adalah kebiasaan memangku laptop di atas paha. Tapi ternyata, kebiasaan memangku laptop ini harus dihentikan sekarang juga, karena dapat menimbulkan masalah yang sangat serius apalagi untuk masalah kesehatan kita.

Apa saja masalah kesehatan yang ditimbulkan dari memangku laptop?

1. Gangguan kulit

Ketika kita memangku laptop terlalu lama, panas dari laptop yang dihantarkan ke tubuh kita bisa menyebabkan masalah kulit. Menurut studi Jurnal Pediaticts ada seorang anak berusia 12 tahun yang terkena gangguan kulit, yang mana kulitnya berubah menjadi warna kecokelat-cokelatan, berbintik-bintik dan terasa menyakitkan. Kondisi ini disebut dengan erythema ab igne atau sindrom kulit terpanggang yang diakibatkan oleh memangku laptop di paha yang terlalu lama. Jadi stop kebiasaan memangku laptop di paha ya moms.

2. Menurunnya kualitas sperma

Apa hubungannya? Menurut article of journal human reproduction pada tahun 2005 terdapat penelitian mengenai hawa panas laptop dengan menurunnya kualitas sperma pria. Ketika kita memangku laptop, hawa panas laptop akan teraliri ke seluruh tubuh kita. Bagi seorang wanita memangku laptop tidak menimbulkan masalah ketidaksuburan atau mengganggu alat reproduksi wanita, karena alat reproduksi wanita adalah sel telur yang dilindungi oleh ovarium dan masih jauh di dalam. Tetapi berbeda dengan seorang pria, bagi pria hawa panas dari laptop bisa langsung berpengaruh ke alat reproduksinya. Pria sangat erat hubungannya antara hawa panas laptop dengan ketidaksuburan alat reproduksi atau menurunnya kualitas sperma. Kenapa? Karena alat reproduksi pria menghasilkan sel sperma yang sangat sensitif terhadap panas dalam bentuk apapun, termasuk hawa panas laptop. Jadi dengan adanya kenaikan suhu, akan menurunkan kualitas sperma. Ketika kita memangku laptop dalam waktu 1 jam akan ada kenaikan suhu sekitar 2,7°C, bagi pria kenaikan suhu ini akan langsung berpengaruh di bagian alat reproduksinya. Padahal sebenarnya alat reproduksi pria itu harus terus ada di suhu yang normal. Kenaikan 1°C saja bisa mengakibatkan ketidaksuburan, apalagi sampai ada kenaikan 2,7°C atau lebih per 1 jamnya. Jadi kalau kita memangku laptop kaki kanan dan kiri harus rapat demi mempertahankan agar laptop enggak miring kanan kiri, dengan kita merapatkan kaki kanan dan kiri kita itu akan menggandakan panasnya lagi sampai di area selangkangan. Dan itu benar-benar berbahaya apalagi untuk para pria. So, untuk kalian para pria, jangan pernah memangku laptop di atas paha kalau tidak mau ada masalah ketidaksuburan.

3. Sakit punggung, pundak dan leher

Kebiasaan yang sering kita lakukan ketika menggunakan laptop adalah posisi tubuh yang bungkuk. Ketika kita membungkuk dalam jangka waktu yang lama, kita akan mengalami nyeri punggung, sakit pundak, sakit leher dan lama-lama juga enggak bagus untuk postur tubuh kita. Jadi hindari posisi tubuh yang bungkuk ketika kita mengguanakn laptop ya moms.

4. Lebih capek dan cepat lemas

Radiasi thermal yang dihasilkan oleh laptop dapat membuat kita cepat capek, lemas, depresi hingga cemas. Sering banget kan moms, karena kita terlampau fokus sampai lupa waktu, lupa makan, lupa minum kita akan merasa pusing, mual, sakit kepala, gangguan mata dan sampai parahnya bisa sesak napas. Dan kadang radiasi thermal ini juga bisa mnegakibatkan beberapa kerusakan kromosom dalam tubuh kita yang dapat memicu beberapa jenis kanker.

Laptop ini menghasilkan radiasi sinar elektromagnetik yang enggak bisa kita abaikan. Tapi kita juga enggak bisa untuk enggak menggunakan laptop, karena jaman sekarang anak sekolah saja butuh laptop, apalagi orang yang sudah bekerja ya moms. Lalu apa yang harus kita lakukan?

Apa solusi untuk kita agar tetap aman menggunakan laptop?

Semua penggunaan alat elektronik pasti akan menghasilkan radiasi dan tentunya penggunaannya jangan berlebihan dan kita harus mengikuti aturannya untuk mengurangi tingkat risiko masalah kesehatan yang dtimbulkan dari radiasi elektronik itu sendiri salah satunya laptop.

1. Jangan lupa menggunakan filter laptop

Filter laptop ini gunanya untuk mengurangi radiasi dari laptop ke kesehatan kita, apalagi mata kita moms.

2. Hindari bermain laptop dekat dengan jendela yang terang

Ketika cahaya yang masuk dari jendela sudah terang, dan kita menggunakan laptop dengan tingkat kecerahan yang tinggi itu dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mata.

3. Jaga jarak 1 meter dari laptop

4. Sesering mungkin mengedipkan mata

Dengan kita mengedipkan mata itu akan merangsang kelenjar air mata kita untuk mengeluarkan air mata, sehingga mata kita tetap lembab dan basah, enggak kering.

Bagaimana agar hawa panas laptop enggak mengalir ke bagian tubuh kita?

Gunakan meja laptop. Meja laptop ini akan menghalangi aliran panas dari laptop ke tubuh kita apalagi untuk para pria ya, wanita juga sama enggak boleh karena bisa menimbulkan gangguan kulit dan lain sebagainya.

Stop kebiasaan memangku laptop dari sekarang kalau enggak mau ada masalah kesehatan yang mengintai kita di kemudian hari.