Pregnancy

Tanda-tanda Awal Kehamilan Muda, Ciri-cirinya Jarang Diketahui lho!

Hamil, merupakan salah satu anugerah terbesar bagi setiap pasangan ya moms enggak terkecuali untuk mommy sendiri. Pada waktu itu dengan keadaan yang susah banget untuk hamil, tiba-tiba mommy bisa pregnant itu anugerah terbesar di keluarga kecil kami. Jadi enggak jarang kalau kita lihat pasangan-pasangan baru, apalagi yang ingin cepat-cepat punya keturunan akan terus melihat perbedaan dan proses dari tanda kehamilan.

Memang segitu pentingnya ya untuk tahu hamil dari awal?

Ternyata, semakin cepat kita mendeteksi kehamilan dapat menyelamatkan ibu dan janin dari hal yang tidak diinginkan seperti keguguran loh moms. Tentunya juga dapat membuat ibu dan janin bisa sehat sampai pada saat kelahiran si Kecil.

Kali ini mommy mau sharing tanda-tanda kehamilan versi mommy yang sudah mengalami masa kehamilan 3x. Apa saja sih tanda-tanda kehamilan muda? Yuk simak ulasannya berikut ini moms.

Tanda-tanda kehamilan versi mommy

1. Telat datang bulan

Tanda yang pertama adalah telat haid. Biasanya haid bisa mundur hingga 5-7 hari moms. Jadi, ketika kita telat haid itu menunjukkan proses pembuahan yang sedang berlangsung yang akan berkembang jadi bakal janin. Ketika implantasi berlangsung, tubuh secara otomatis akan mengeluarkan hormon yaitu hormon hCG. Hormon hCG ini yang mendeteksi kehamilan ketika kita testpack ataupun tes darah. Hormon hCG ini juga yang akan menjaga tubuh kita selama kehamilan. Hormon hCG memerintah indung telur untuk stop memproduksi sel telur baru ketika hamil, sehingga tidak ada sel telur pecah yang akan luruh menjadi darah haid. That’s why, kenapa kalau telat haid suka dikaitkan dengan tanda kehamilan muda. Tapi moms, enggak semua telat datang bulan merupakan tanda kehamilan ya moms. Misalnya mommy sendiri, mommy adalah penderita PCOS (Polycystic Ovarium Syndrome) yang mana haid selalu enggak tepat waktu, jadi susah banget untuk mendeteksi kehamilan dari telat haid. Kadang ada juga beberapa orang yang telat haid disebabkan karena stress berlebihan dan capek berlebihan.

2. Payudara membengkak & areola menghitam

Biasanya, kalau di minggu awal kehamilan itu payudara akan terasa lebih lunak dan sensitif, itu mommy rasakan di 3 kehamilan mommy. Dan biasanya di minggu ke-4 sampai ke-6, payudara akan terasa lebih bengkak, besar, padat daripada biasanya dan tentunya lebih sensitif. Di bagian puting ada garis-garis kurat lalu areola kita akan semakin menghitam dan melebar. Kok bisa payudara membengkak dan areola menghitam ketika hamil muda? Jadi ketika kita hamil ada perubahan hormon. Hormon kehamilan akan meningkatkan aliran darah ke daerah payudara dan areola kita. Pembengkakan payudara dan menghitamnya areola dikarenakan untuk persiapan kita memproduksi ASI ketika baby kita sudah lahir.

3. Flek darah

Kalau membicarakan tentang flek darah, mommy inget banget ketika positif hamil Louisse, saat itu mommy sempat mengalami flek darah. Mommy sempat ketakutan sampai buru-buru ke dokter dan ternyata ketika mommy dicek darah, hCG nya mommy positif hamil. Flek darah beda dengan darah haid, flek darah ini biasanya warnanya merah muda kecoklatan dan biasanya enggak banyak sekitar 1-2 tetes darah saja. Flek darah ini disebut dengan pendarahan implantasi. Jadi flek darah bisa muncul kenapa? Ketika embrio sudah berhasil tertanam di dinding rahim, ternyata sempat membuat dinding rahim terkikis sehingga mengakibatkan pendarahan yang disebut flek darah, bercak darah atau pendarahan implantasi. Jadi, bercak darah ini akan kita dapatkan sekitar 10-14 hari setelah pembuahan, lalu flek darah ini akan berlangsung 1-3 hari. Mommy ngalamin 1 hari saja dan sekali saja. Kalau flek darah ini deras dan banyak segera hubungi dokter ya moms.

4. Kram perut

Kram perut ini adalah tanda yang paling bisa untuk mendeteksi kehamilan muda. Jadi mommy sendiri pengalaman hamil pertama sampai ketiga ini selalu kram perut. Kram perut disebabkan karena adanya proses implantasi embrio. Kram perut ini beda sama kram ketika menjelang haid. Kram perut karena diakibatkan kita hamil muda itu biasanya rasanya seperti dicubit-cubit dikit saja, enggak nyeri banget, enggak sakit banget, berlangsung tidak lama, kurang lebih beberapa jam sekali muncul lagi. Jadi enggak terus-terusan. Kalau kram perut disebabkan kita mau haid itu biasa sakit banget, lama banget dan sakitnya pindah-pindah. Sedangkan kalau kita kram perut karena kita hamil muda, biasanya bisa 1 lokasi aja. Misalnya kalau sampai embrio kita tertanam di sisi kiri rahim kita, kita hanya akan merasakan kram perut di sisi kiri kita saja, enggak akan pindah. Begitupun sebaliknya. Ingat moms kalau kita merasakan kram perut, dikit-dikit merasakan tapi enggak yang sakit banget bisa jadi itu tanda kehamilan loh moms.

5. Mudah lelah dan capek

Di setiap kehamilan mommy, mommy selalu mudah lelah dan capek terutama di kehamilan ketiga lebih parah lagi, mommy cenderung lebih capek, lemas. Biasanya mommmy bisa tidur jam 1 malam, tapi saat ini ketika hamil ketiga jam 10 sudah tidur, dikit-dikit capek, lelah. Kenapa ibu hamil mudah lelah dan capek? Karena ketika kita hamil, hormon progesteron akan meningkat drastis yang akan mengubah metabolisme tubuh, sehingga menyebabkan ibu hamil menjadi mudah lelah. Hal ini dikarenakan gula darah rendah dan produksi darah segar cenderung rendah.

6. Mual dan muntah

Tanda ini enggak semua wanita merasakan ya moms. Mommy di kehamilan pertama dan kedua enggak mengalami mual dan muntah sama sekali. Tapi di kehamilan ketiga mommy merasakan mual dan muntah. Mual dan muntah ini biasanya di pagi, siang dan sore hari. Biasanya ini disebut dengan morning sickness. Kenapa kok kita bisa mual dan muntah? Mual dan muntah ini disebabkan karena hormon hCG dan ini akan mereda seiring kehamilan kita. Mommy sendiri bisa merasakan mual dan muntah di kehamilan ketiga, dari prediksi mommy karena hormon hCG mommy yang sangat tinggi karena babynya kembar. Kalau misalkan babynya hanya 1 mungkin mommy enggak merasa mual dan muntah. Jadi kalau moms enggak merasakan mual dan muntah belum tentu enggak hamil ya moms, karena mual dan muntah belum tentu tanda kehamilan yang akan dimiliki semua wanita. Setiap wanita berbeda dengan setiap tanda kehamilannya.

7. Sensitif pada bau

Ini mommy approve banget di semua kehamilan mommy. Mommy semuanya sensitif, padahal sebenarnya mommy itu orangnya enggak peka dan sensitif sama bau. Jadi menurut sebuah penelitian kepekaan hidung untuk mencium bau meningkat selama kehamilan.

8. Sering buang air kecil

Ini tanda yang sering banget enggak dikenali oleh ibu hamil ya moms. Padahal tanda sering buang air kecil ini dialami oleh semua wanita yang hamil muda. Kok bisa? Ketika kita hamil, perubahan hormon membuat kantong kemih kita lebih sensitif sehingga susah banget untuk menahan buang air kecil.

9. Mood swing

Mommy merasakan sendiri di semua kehamilan mommy. Kalau suka marah-marah itu kebiasaan kita karena lagi repot dan lain-lain. Tapi ketika kita mulai merasakan tanda kehamilan dari awal, kita tuh jadi lebay moms. Jadi kalau nonton sedih aja bisa nangis tersedu-sedu. Kalau kita cek cok sama suami hatinya kayak mellow banget. Kalau moms merasa lebih lebay dari sebelumnya, lebih gampang nangis jangan-jangan itu salah satu tanda kehamilan loh moms.

10. Sakit kepala dan pusing

Para ahli percaya ketika kita hamil, adanya peningkatan hormon yang membuat kepala kita menjadi sakit. Selain karena hormon ketika kita hamil itu biasanya detak jantung kita akan memompa lebih cepat sehingga membuat tekanan darah kita menjadi menurun. Itu kenapa kita sampai seperti mau pingsan, kepalanya sakit dan mommy merasakan di semua kehamilan mommy.

11. Sering merasa lapar

Di awal kehamilan kita membutuhkan sekitar 200 kalori per hari. Ketika ada janin di rahim kita, di dalam tubuh kita akan ada kerjasama antara kelenjar dan organ. Kelenjar dan organ ini akan memerintahkan tubuh kita untuk mengaktifkan hormon lapar, sehingga ketika kita hamil muda selalu ingin makan. Mommy dari kehamilan 1-3 selalu merasa lapar.

Nah bagaimana moms? Sudah jelaskan tentang tanda-tanda awal kehamilan? Jadi kalau moms sudah merasakan beberapa tanda-tanda awal kehamilan di atas segera konsultasi ke dokter kandungan ya moms.