Covid 19 · Kesehatan · Review Produk

Tips Hunian Sehat untuk Mencegah Covid-19 Klaster Keluarga. Virus Bakteri Hilang dalam Sekejap

WHO atau lembaga kesehatan dunia yang memiliki otoritas terhadap kesehatan penduduk di seluruh dunia telah mengeluarkan fakta bahwa ternyata virus Covid-19 dapat menyebar melalui udara. Jadi sebenarnya moms fakta dari WHO ini agak sedikit terlambat ya, karena faktanya banyak sekali orang-orang yang sudah terinfeksi Covid-19 melalui udara. Kita lihat salah satunya di Indonesia terutama di kota besar, seperti Jakarta, setelah pemerintah membuka kembali PSBB lalu diberlakukannya sistem new normal entah itu dalam sistem ekonomi, bisnis, kantor, pabrik, restoran, mall dan lain sebagainya kita bisa lihat peningkatan jumlah orang yang terinfeksi Covid-19 makin melonjak setiap harinya. Kenapa? Ini karena adanya media penyebaran melalui udara yang sering sekali kita abaikan.

Virus Covid-19 yang menyebar melalui udara paling cepat ditularkan lewat mana?

Virus Covid-19 ini dapat ditularkan melalui udara dan paling cepat di ruangan tertutup apalagi ber AC, seperti di rumah, di dalam kendaraan, di kafe, di restoran, di kantor, di mall pokoknya di ruangan tertutup dan ber AC. Jadi ketika ruangan tertutup dan memiliki AC, media penyebaran Covid-19 ini selain melalui udara dan droplet atau percikan, ternyata Covid-19 juga bisa menyebar lewat aerosol (partikel cair atau padat yang melayang di udara) yang berputar di ruangan tertutup karena dorongan dari blower AC.

Contoh: masih ingat enggak dengan kejadian di starbuck Paju Korea yang sempat heboh banget, yang mana di starbuck Paju Korea ini memunculkan jumlah orang yang terinfeksi sebanyak 55 orang. Kok bisa? Jadi, ternyata ada 1 orang OTG yang menghabiskan 2-2,5 jam di starbuck Paju Korea ini. Dia berbincang dengan teman dia, membuka masker sambil minum kopi, ngobrol dan dia duduk di depan AC sedangkan di starbuck itu sendiri terpasang 5-6 AC, otomatis perputaran udara cepat. Dan kebetulan di Korea sedang masuk musim kemarau yang otomatis ventilasi kurang bagus. Menurut para ahli, infeksi yang ditularkan 1 OTG ini bisa memunculkan 55 orang yang terinfeksi virus mengacu pada aerosol. Namanya dia berbincang, droplet keluar, nah ada agent penularnya si aerosol ini yang melayang-layang di udara, dan si droplet ini akan masuk ke aerosol tersebut. Si aerosol yang sudah memiliki droplet yang mengandung virus Covid-19 dibantu menyebar dengan cepat karena adanya perputaran udara dari blower AC. Pada saat itu lah virus masuk ke tubuh, sehingga enggak mengherankan ketika muncul 55 orang terinfeksi virus dari 1 OTG. Yang terinfeksi ini adalah pengunjung semua ya moms, sedangkan pegawainya enggak kena karena mereka pakai masker. Jadi memang penyebaran Covid-19 melalui udara itu paling cepat deh moms.

Dan sekarang ini ada fakta yang enggak kalah mengejutkan, yaitu penyebaran Covid-19 dari klaster keluarga yang memberikan kontribusi paling tinggi. Awalnya, keluarga menjadi tempat paling aman untuk kita, tapi sekarang keluarga menjadi salah satu penyumbang jumlah terbanyak orang terinfeksi Covid-19 karena tuntutan pekerjaan dan lain sebagainya, yang mengharuskan kita keluar dan kemungkinan besar kita pulang dengan membawa virus ke rumah. Dan akhirnya menyebarkan virus tersebut ke keluarga kita di rumah.

Jadi apa yang harus kita lakukan untuk mencegah penularan di dalam keluarga?

1. Menjaga jarak

Menjaga jarak tetap harus dilakukan walaupun di rumah. Misalkan suami mommy flu, walaupun itu hanya flu biasa mommy tetap jaga jarak. Suami harus mengisolasi diri di kamar sendiri, kalau keadaan sudah membaik, sudah sehat kembali baru kita kumpul-kumpul lagi.

2. Pakai masker

Jadi misalkan ada anggota keluarga yang sedang tidak enak badan walaupun itu hanya flu, dia harus menggunakan masker. Kita menjaga agar anggota keluarga kita yang sakit, tidak mengeluarkan droplet yang bisa menempel di permukaan benda-benda yang ada di rumah. Usahakan kalau misalnya orang di rumah kita sudah memiliki gejala ringan seperti flu, bapil atau pusing langsung pakai masker ya moms.

3. Rajin cuci tangan

Ini adalah kunci dari kesehatan keluarga ya moms. Jadi usahakan sebelum menyentuh benda-benda di rumah atau melakukan aktivitas di rumah, atau kita habis bepergian dari luar langsung cuci tangan.

4. Olahraga dan makan yang sehat

Olahraga itu juga penting ya moms, even kita hanya #dirumahaja kita bisa cari aktivitas yang dapat mengeluarkan keringat. Dan jangan lupa makan makanan sehat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.

5. Gunakan purifier

Untuk menjaga sirkulasi udara di rumah, itu menjadi poin penting untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui udara. Menjaga sirkulasi udara di rumah memang enggak gampang ya moms, karena namanya juga di rumah pasti tertutup dan panas sedikit kita menggunakan AC, ventilasi juga kurang bagus. Nah cara untuk mengatasinya adalah kita harus memiliki alat yang dapat memfilter udara di ruangan tertutup terutama di rumah kita agar sirkulasi udara di rumah kita tetap bagus. Maka dari itu mommy menggunakan Notale Air Purifier.

Kenapa harus Notale Air Purifier?

a. Warnanya elegan banget

b. Harganya pas banget di kantong. Jadi alat ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dengan harga Rp. 1.690.000.

c. Memiliki kelebihan teknologinya. Teknologi yang digunakan di purifier Notale Air ini adalah UV sterilizer dan 3 in 1 HEPA filter yang dapat membunuh, mengangkat dan memfiltrasi virus bakteri kuman penyakit bahkan polusi udara lainnya. Cara kerja dari Notale Air ini adalah ada lampu indikator. Jadi ketika udara di sekitar kotor, lampu indikatornya akan berubah warna. Yang mommy rasakan setelah menggunakan Notale Air purifier ini adalah udara lebih fresh di rumah. Purifier Notale Air ini, kalau mommy masak asapnya cepat diserap moms.

d. Selain itu menu di Notale Air ini bisa dilock ya moms, jadi anak-anak kalau main-mainin purifiernya, pengaturannya enggak akan berubah.

e. Kalau kita gunakan dengan mode malam hari ini enggak berisik dan enggak ganggu kita tidur.

f. Selain itu, purifier Notale Air ini berbeda dengan purifier yang lain ya moms. Biasanya purifer itu menggunakan air, jadi kita harus isi tapi kalau purifier Notale Air ini kita enggak perlu masukkan air, kita cukup maintenance 6 bulan sekali ganti filternya.

g. Notale Air purifier ini juga memiliki aplikasi yang mana kita atur dari jarak jauh.

Itu dia cara bagaimana kita mencegah penyebaran Covid-19 melalui udara. Stay safe semua!