Kesehatan

Bayi Muncul Benjolan di Telinga dan Leher! Apakah Kanker?

21 Mei 2020 tepatnya kamis malam, mommy dikejutkan dengan benjolan yang mommy temukan di belakang daun telinga Uwi sebelah kanan. Jadi pas mommy lagi main sama Uwi, Uwi tidur-tiduran, benjolannya itu kelihatan jelas banget, pas mommy deketin itu benjolan besar banget moms dan itu keras saat mommy raba. Lalu mommy raba lagi agak ke bawah dekat leher sebelah kanan juga ada benjolan lagi. Akhirnya mommy konsultasi ke dokter yang biasanya menangani Uwi lewat Whatsapp, yaitu dokter Steven Tjia dari rumah sakit Grand Family. Saat mommy WA, dokter menyarankan untuk dibawa ke rumah sakit besoknya, tanggal 22 Mei 2020 hari jumat jam 1 siang.

Nah moms, sebenarnya pada saat itu mommy merasa jantung kayak mau copot. Kalau bisa dibawa ke rumah sakit saat itu juga, mommy akan bawa deh kalau ada dokter. Jadi yang bisa mommy dan daddy lakukan apa? Kita cuma bisa nanya sama keluarga kita, dan yang pastinya kita hanya bisa googling.

Mommy googling terus, dan yang keluar kemungkinan yang paling ringan adalah infeksi, kemungkinan yang paling parah bisa kanker. Lemes enggak moms? Kalau anak mommy kanker bagaimana? Katanya kalau benjolannya lunak itu sih aman-aman aja tapi kalau misalnya benjolannya keras, yang ditakutkan ada kanker di organ tubuh lain, atau getah bening dan lain sebagainya. Dan Uwi saat itu benjolannya keras moms.

Jadi moms, kekhawatiran mommy akhirnya terselesaikan after mommy ke rumah sakit tanggal 22 Mei 2020 hari jumat siang. After ketemu dokter mommy lebih lega, mommy enggak panik lagi seperti saat hari kamis malam. Nah untuk moms yang sedang mengalami hal yang sama seperti yang mommy alami, jangan khawatir dan panik dulu. Jadi moms berikut adalah beberapa pengetahuan yang mommy tahu after mommy ke rumah sakit, dan semoga bisa membantu moms-moms sekarang yang membutuhkan jawaban.

Apa sih benjolan itu?

Jadi benjolan yang ada di bagian tubuh anak kita biasanya akan muncul di bagian belakang daun telinga anak kita, leher, dagu, paha itu adalah kemungkinan kelenjar getah bening yang aktif. Benjolan pada tubuh anak kita biasanya akan terus bermunculan ketika anak kita berusia di bawah 6 tahun, dan itu masih termasuk wajar. Karena menurut penjelasan dokter setelah memeriksa Uwi, benjolan yang keras dan besar yang ada di Uwi adalah benjolan yang masih termasuk normal untuk anak-anak seusia Uwi. Jadi benjolannya enggak mengarah ke kanker, tapi lebih mengarah ke infeksi, karena kelenjar getah bening ini sedang bekerja untuk melawan virus yang ada di organ tubuh tertentu.

Kenapa sih anak kita bisa muncul benjolan?

Setelah mommy tanya-tanya dengan dokter, ternyata hampir semua anak itu pasti ada benjolan. Cuma bedanya kecil atau besar, dan kebetulan Uwi sendiri benjolannya membesar. Ada beberapa sebab yang menyebabkan benjolan tersebut menjadi besar, seperti demam, alergi, infeksi virus, tumbuh gigi, ini bisa menyebabkan kelenjar getah bening itu membesar. Jadi kelenjar getah bening ini terdiri dari sel-sel imunitas yang akan melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang. Ketika anak kita terinfeksi virus atau radang, dengan sendirinya kelenjar getah bening akan membesar dan ketika infeksi atau radang itu sudah teratasi, kelenjar getah bening yang tadi membesar akan mengecil dengan sendirinya juga.

Jadi Uwi sendiri setelah mommy check dan re-check dengan dokter, Uwi sempat semingguan yang lalu sebelum benjolan muncul, eksimnya parah banget di pantat moms. Luka bahkan sampai berdarah di punggung dia, waktu itu mommy cuma olesin dengan krim-krim alergi. Jadi setelah ngomong sama dokter, kemungkinan besar Uwi itu mengalami infeksi di bagian luka tersebut. Ya namanya luka ketika digaruk-garuk terus lukanya akan semakin terbuka ya moms, kemungkinan besar ada virus atau infeksi yang masuk dari luka, yang akhirnya membuat peradangan atau infeksi dalam tubuh Uwi. Sehingga bagian daun telinga Uwi belakangnya membesar dan ada benjolan di bagian leher.

Sekarang Uwi dapat obat antibiotik sehari 3x minum, itu kita akan lihat sampai seminggu prosesnya. Kalau dalam seminggu bengkaknya sudah mengecil, enggak perlu ke rumah sakit lagi. Tapi kalau sampai sudah minum antibiotik sampai seminggu dan masih enggak kecil-kecil juga malah semakin membesar atau tetap segitu aja benjolannya harus ke rumah sakit untuk di USG lebih lanjut, yang diharapkan semoga mengecil ya moms. Lalu dokter juga memberikan krim untuk eksim agar teratasi dan lukanya tertutup agar virus dan infeksi tidak masuk dari luka tersebut.

Jadi moms kalau misalnya anak kita mengalami benjolan coba dilihat dulu apakah anak kita memiliki luka sepert eksim, demam, tumbuh gigi, alergi itu yang paling penting yang menjadi faktor utama membesarnya benjolan.

Kapan sih sebenarnya kita harus ke dokter?

Kita ke dokter ketika benjolan itu makin membesar, makin memerah bahkan bisa disertai demam pada anak. Lalu ketika benjolan itu ketika kita pegang (jangan dipijat ya moms), anak terlihat kesakitan dan yang paling penting anak kita mulai kesulitan untuk menggerakkan anggota tubuh dia. Jadi sudah harus buru-buru ke rumah sakit untuk dicek lebih lanjut. Kalau misalnya anak kita tidak memperlihatkan seperti demam dan lain sebagainya jangan khawatir seperti mommy, karena Uwi tuh benjol tapi Uwi enggak demam, enggak sakit, Uwi enggak kesakitan ketika mommy pegang benjolannya, malah keenakan saat mommy kompres air hangat lalu oles-oles salep gitu. Jadi moms intinya kalau kalian menemukan benjol pada tubuh anak, entah itu di daun telinga, leher, dagu, paha dan lain sebagainya jangan panik dulu, kita harus tenang. Mommy tahu pasti panik, namanya seorang ibu siapa yang enggak takut anaknya kenapa-kenapa. Mommy sudah merasakan itu.

Jadi, apa yang harus saya lakukan?

1. Jangan panik

2. Perhatikan, apakah anak kita merasakan hal-hal yang membuat dia tidak nyaman atau sakit

3. Jangan berpikir negatif dulu, jangan apa-apa kita mikir kanker lah kayak mommy

Jadi moms, yang mommy pelajari dari kejadian ini ternyata semua orang memiliki kelenjar getah bening yang bisa membengkak, entah itu orang dewasa maupun anak kecil. Nah mommy sendiri juga pernah mengalami pembengkakan di bagian leher kanan dan kiri. Pas dicek sampai USG itu karena mommy sempat batuk sebulanan, infeksi, makanya kelenjar getah beningnya bengkak karena dia melakukan perlawanan terhadap infeksi itu. Dan hal itu berlaku sama juga terhadap anak kecil, ketika ada bengkak kelenjar getah bening di bagian tubuh anak kita, itu akan menunjukkan kelenjar getah bening itu bekerja sesuai dengan yang seharusnya, malah bagus banget karena kelenjar getah bening itu sedang melakukan perlawanan terhadap infeksi atau radang. Jadi jangan khawatir. Dan kenapa benjolan itu bisa terasa banget sama anak kecil, karena lemak anak kecil itu masih tipis berbeda dengan orang dewasa. Jangan khawatir lagi ya moms, semoga anaknya cepat sembuh dan semoga pengalaman mommy bermanfaat untuk moms semuanya. See you di next #curcolyukmoms!