Uncategorized

Ibu Menyusui Dilarang Minum Ini, Kenapa?

Dari dulu mommy itu paling menghindari yang namanya kopi. Dari jaman baru ada Louisse, mommy enggak pernah minum kopi sama sekali. Nah pas sekarang ini banyak banget kopi kekinian, mommy jadi ngiler dan temen mommy bilang minum aja kopinya enggak strong. Akhirnya mommy minum kopi deh dan ketagihan. Memang habis minum kopi yang kayaknya kafeinnya sedikit banget mommy bisa tidur.

Nah karena mommy merasa enak banget itu minum kopi, akhirnya mommy beli lagi yang ice coffe moccacino macchiato yang mana kopinya strong banget. Setelah mommy minum itu malamnya mommy enggak bisa tidur, Loewy juga susah tidur. Soalnya kenapa? Mommy kan minum kopi kurang lebih jam 5 sore, dan baby Loewy menyusu jam 6 sore dan seperti enggak mau berhenti menyusu, kalau dilepas malah rewel jadi baby Loewy konsumsi ASInya juga lumayan banyak. Selain itu dia banyak anginnya di perut, dia kolik moms. Pas jam 11 malam mommy mau tidur dan menidurkan Loewy juga, mommy berpikir lagi apa karena kopi, ASI mommy jadi ada kafeinnya otomatis kena ke baby Loewy dan kita berdua enggak bisa tidur?

Setelah mommy cek, jadi yang namanya kopi itu boleh diminum ibu menyusui asal masih dalam takaran yang wajar. Cuma bagi kalian yang mungkin enggak kuat sama kafein disarankan tidak boleh mengonsumsi kafein sama sekali, karena bisa mengakibatkan beberapa hal yang tidak kita inginkan.

Akibat mengonsumsi kafein

Untuk ibu menyusui

1. Susah tidur dan produksi ASI berkurang

Kalau mommy sendiri yang kurang tidur, mommy akan buang-buang air. Dengan buang-buang air terus itu akan membuang cairan dalam tubuh. Padahal ibu menyusui itu sangat butuh cairan untuk memproduksi ASI.

2. Jantung berdebar-debar

Dan lagi jantung mommy berdebar-debar, enggak enak banget moms rasanya.

3. ASI susah keluar

Dan yang mommy ngerasain nih, ASI mommy yang pagi-pagi mau pompa susah banget keluarnya. Pas mommy cek di internet, ternyata ada pengaruh dari kafein itu. Kafein bisa membuat peredaran darah tersumbat. Untuk ibu menyusui ini merupakan kabar buruk karena dapat menyebabkan ASI susah keluar.

Untuk bayi

Sedangkan untuk baby kita sendiri, baby kita jadi susah tidur, rewel dan kolik. Memang dari awal, Loewy itu mudah sekali kolik, karena mommy konsumsi kafein makin parah. Biasanya kolik sehari sekali, setelah mommy konsumsi kafein bisa sampai 4-5x moms.

Menurut mommy efeknya kurang bagus banget kopi ini untuk ibu menyusui. Dan jangan salah moms, kafein itu terkandung di berbagai minuman dan makanan lho. Jadi, selain kopi kafein ada juga di teh, minuman berenergi, bahkan coklat. Jadi disarankan sekali khususnya untuk ibu menyusui jangan mengonsumsi kafein sama sekali. Kalau memang moms coffeeholic banget, chocolate lover, tea lover, pokoknya caffein lover boleh konsumsi kafein kalau kalian kuat. Mungkin untuk tubuh kalian enggak pengaruh sama sekali, tapi untuk si Kecil bagaimana? Kan dia minum ASI dari apa yang kita konsumsi.

Bahkan dikatakan oleh para peneliti bahwa seorang baby yang berusia kurang dari 1 bulan apabila mengonsumsi ASI dari ibunya yang sudah mengonsumsi kafein, baby membutuhkan waktu 4 hari untuk membuang kafein yang ada di dalam tubuhnya. Kasihan kan.

Nah jadi coba dipikirkan ulang kalau kita masih mau konsumsi kafein. Kalau mau konsumsi kafein itu boleh asalkan masih dalam batas yang wajar yaitu 200mg per harinya. Dan boleh juga mencari alternatif seperti dari kopi yang strong banget diganti ke kopi instan yang enggak terlalu strong, yang suka dark chocolate bisa diganti ke white chocolate yang cocoanya enggak terlalu banyak, yang suka teh jangan merendam teh terlalu lama cukup sampai warnanya sudah agak coklat aja, karena makin lama kita seduh otomatis kita semakin banyak mengonsumsi kafein yang terkandung dalam teh tersebut.