Motherhood

Kenal Lebih Dekat dengan Baby Blues

Hai moms kembali lagi sama mommy di sesi #curcolyukmom. Hari ini mommy mau sharing tentang baby blues sesuai dengan pengalaman mommy.

Apa itu baby blues?

Baby blues ini biasa dikenal sebagai perasaan sedih seorang mommy yang terjadi setelah kelahiran sang baby. Baby blues ini juga sering dikenal dengan postpartum blues atau postpartum distress syndrome.

Apa penyebab merasa sedih ketika bayi lahir?

Baby blues ini mommy rasakan ketika mommy melahirkan baby Loewy, kalau misalnya dibilang happy mommy happy banget punya baby Loewy cuma yang bikin mommy baby blues mommy itu terlalu capek, karena memang mommy mengurus baby mommy sendiri no suster paling pas 40 hari pas postpartum dibantu sama mama mommy tapi baby tetap sama mommy, paling mama mommy bantu masak makanan buat mommy. Tapi kalau soal baby dari Louisse scarlett sampai Loewy axell semuanya mommy yang handle sendiri. Karena kebetulan waktu itu setelah melahirkan mommy sakit pada bagian lambung juga moms. Jadi benar-benar capek banget harus mengurus 2 anak yang mana salah satunya masih bayi, dan mommy dalam keadaan sakit. Jadi, penyebab baby blues adalah kecapekan dan stress yang dialami seorang wanita setelah melahirkan.

Solusi apa ketika kita sedang mengalami baby blues?

1. Sadarkan diri

Mommy menyadarkan diri terus menerus bahwa menggendong bayi, menyusui, begadang itu memang konsekuensi seorang ibu, anak enggak salah apa-apa.

2. Mengingat perjuangan mendapatkan baby

Memikirkan lagi perjuangan mommy untuk mendapatkan baby itu enggak gampang masa iya karena cuma baby mommy enggak bisa diam mommy harus marah-marah dan mikir aneh-aneh.

3. Terbuka dan meminta bantuan suami

Mommy langsung bilang ke daddy bahwa mommy mengalami baby blues dan suami kaget kenapa bisa seperti itu. Mommy cerita bahwa mungkin penyebabnya karena mommy kecapekan dan begadang terus, tidurnya hanya sebentar. Akhirnya daddy jadi lebih sering bantu mengurus baby Louisse, main sama baby Loewy, kalau mommy tidur ada yang tetap jagain Loewy dan ngasih susu dari ASI yang sudah diperah. Jadi tidurnya lebih teratur dan perasaan mommy lebih baik, terus mommy juga dikasih me time. Perasaan mommy lama kelamaan semakin baik, akhirnya baby blues itu bisa dilewati.

Baby blues yang mommy alami itu sekitar 3 hari moms. Dulu mommy enggak percaya baby blues, tapi setelah mengalami mommy sadar baby blues itu memang benar ada dan menyeramkan.

Apa saja gejala baby blues?

Yang paling mudah untuk mommy ketahui apakah mommy mengalami baby blues atau tidak adalah mommy saat itu enggak ingin anak dekat-dekat mommy. Jadi anak itu kalau bisa jauh-jauh, dengar suaranya aja sudah takut, enggak mau lihat, enggak mau gendong, enggak mau perhatiin babynya. Perasaannya juga mudah tersinggung dan marah.

Apakah baby blues wajar?

Yes, karena ketika kita sedang hamil ada hormon yang meningkat. Setelah kita melahirkan hormon yang meningkat saat hamil itu turun drastis dan hormon setelah melahirkan yang untuk memproduksi ASI itu meningkat drastis that’s why karena perubahan hormon yang sangat darstis itu juga membuat emosional kita berubah. Jadi ini benar-benar normal dan biasanya baby blues terjadi dalam waktu singkat.

Wajarkah baby blues bertahan 2-3 bulan?

Itu beda lagi namanya moms yaitu postpartum distress syndrome itu biasanya adalah gejala baby blues yang berlangsung lebih lama.

Semoga penjelasan mommy ini bisa membantu moms yang sedang mengalami baby blues. Tenang saja itu bisa dihadapi yang penting kita harus terbuka dengan orang-orang terdekat kita dan mau menerima bantuan dari mereka. Dan pastikan kita juga harus tidur yang cukup, punya me time cukup dan kita happy.