Kesehatan

Mengenal Penyakit Tendinitis, Berbahayakah?

Hai moms kembali di #curcolyukmom. Nah moms semenjak mommy lahiran baby Loewy tangan mommy sakit, yang sakit kedua telapak tangan mommy terutama bagian penghubung jari dengan telapak tangan. Awalnya mommy pikir ini paling hanya keseleo atau mungkin ada yang salah saat menidurkan Loewy jadi mommy pikir kram biasa. Tapi seiring berjalannya waktu mommy terus diamkan, makin lama makin sakit. Dari yang sakitnya sebelah kiri aja, kok jadi sebelah kanan juga ikut sakit.

Jadi setelah sharing-sharing tentang pengalaman melahirkan dan menyusui anak dengan teman mommy, mommy baru tahu kalau sakit di telapak tangan itu namanya tendinitis.

Apa itu tendinitis?

Tendinitis adalah peradangan atau iritasi pada tendon. Tendon itu adalah jaringan yang menghubungkan otot ke tulang yang membantu dalam pergerakan.

Apa penyebab tendinitis?

Ini biasanya dialami oleh ibu setelah melahirkan. Biasanya telapak tangan kita gunakan untuk mengetik, atau memegang barang yang ringan dan itu aktivitasnya enggak setiap hari. Setelah kita melahirkan, kerjaan kita memandikan, menggendong, menyusui baby yang mana semua itu dilakukan dengan menggunakan telapak tangan kita. Otomatis telapak tangan kita bekerja over setiap hari non stop. Nah ini yang membuat terjadinya tendinitis ini.

Tapi kok pas baby Louisse mommy enggak mengalami tendinitis ini?

Soalnya waktu itu Louisse enggak berat, dia lahir 4 kg tapi setelah umur dia 1 bulan dia malah tetap 4 kg enggak naik dan beratnya masih wajar. Nah sedangkan saat baby Loewy, setelah mommy melahirkan mommy baru mulai mengalami tendinitis ini. Kenapa mommy alami tendinitis ini di baby Loewy, soalnya baby Loewy lahirnya 4,5 kg pas baby Loewy 1 bulan sudah 5,5 kg, 2 bulan beratnya 6,5 kg, mau 3 bulan beratnya naik lagi jadi 7,5 kg moms. Beda banget kan moms berat badannya. Sedangkan saat newborn kepala baby harus dijaga banget, mau melakukan apapun kepala harus sangat dijaga, jadi fokus mommy pegang kepalanya terus dan kerja telapak tangan mommy dipastikan semakin berat, maka dari itu mommy mengalami tendinitis.

Bagaimana cara mengatasinya?

Yang perlu moms ketahui mommy ini menderita tendinitis de quervain. Tendinitis de quervain itu adalah tendinitis pada pergelangan tangan, tepatnya di pangkal ibu jari yang umumnya terjadi karena gerakan menggenggam atau mencubit. Ini biasa dialami oleh ibu pasca melahirkan dan ibu menyusui. Kalau kita biarkan terlalu lama, makin sakit, makin kram dan susah untuk gerak bahkan teman mommy sampai tangannya ini sama sekali enggak bisa bergerak, sakit, kram dan saat mau menggendong babynya malah jatuh.

Lalu cara mengatasinya yang paling mudah adalah kita ke dokter dan dokter akan menyuntikkan obat ke telapak tangan kita. Nah kalau yang belum parah bisa diatasi sendiri dengan olahraga telapak tangan, moms bisa simak video di bawah ya untuk mengetahui bagaimana gerakannya. Kalau moms sudah selesai olahraga telapak tangan, moms bisa rendam tangan di air panas dengan garam.

Tendinitis ini enggak bisa kita hindari kalau kita masih menggunakan telapak tangan kita untuk mengurus baby kita sampai dia bisa menahan kepalanya sendiri untuk tegak dan tidak menumpukan semua berat badannya ke telapak tangan kita, nanti tendinitis yang kita alami juga bisa menghilang dengan sendirinya.