Fakta-Fakta · Kesehatan

Waspada Memberi Madu pada Bayi!

Hai moms ketemu lagi di #curcolyukmom. Kali ini mommy mau sharing tentang pengetahuan yang mommy tahu setelah membaca sebuah kisah yang pernah viral di dunia maya. Mommy pernah baca artikel di facebook, bahwa seorang ibu memberikan madu pada babynya dan 1 hari kemudian terjadi gejala aneh terhadap baby dia. Mulai baby dia susah bernafas, lama kelamaan organ tubuhnya mulai lumpuh dan akhirnya babynya meninggal dunia. Dan dia menyarankan para ibu-ibu untuk jangan memberikan madu pada babynya. Kejadian ini terjadi di Eropa.

Sebenarnya kasus seperti ini benar tidak sih disebabkan madu?

Nah moms karena rasa penasaran mommy yang cukup mendalam tentang madu, akhirnya mommy mencari tahu tentang madu ini. Kenapa sih madu bisa membuat seorang baby meninggal dunia? Setelah mommy cek ternyata madu itu sangat tidak disarankan untuk diberikan pada baby yang berumur kurang dari 1 tahun karena madu mengandung bakteri clostridium botulinum. Bakteri ini sangat tidak aman dikonsumsi oleh anak berumur kurang dari 1 tahun. Kalau lebih dari 1 tahun gimana? Boleh, aman dan mommy memberikan Louisse madu di umur dia yang ke-13 bulan. Jadi sampai umur dia 1 tahun pertama itu mommy enggak kasih dia gula dan garam pokoknya makanan enggak ada rasa. Memang sih ibu-ibu atau bapak-bapak yang menganggap madu itu sehat kok karena terbuat dari bahan-bahan alami harusnya kalau diberikan kepada baby nanti daya tahan tubuhnya lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Tapi moms yang perlu kita ketahui madu itu tidak aman untuk baby kita di bawah 1 tahun.

Bahaya mengonsumsi madu

1. Keracunan botulisme

Kenapa bayi yang umurnya kurang dari 1 tahun bisa mengalami keracunan botulisme apabila mengonsumsi madu? Karena baby di bawah 1 tahun daya tahan tubuhnya belum sempurna apalagi sistem pencernaannya. Memang untuk kondisi di mana sampai mengancam nyawa baby kita karena mengonsumsi madu itu sedikit persentasenya. Tapi itu bisa terjadi juga, kenapa? Karena bakteri clostridium botulinum bisa menyerang sistem saraf bayi, membuat otot-ototnya menjadi lemah bahkan lumpuh, serta mengancam sistem pernafasannya dan bisa mengancam nyawa si baby.

2. Obesitas

Selain madu bisa mengancam nyawa baby kita, madu juga bisa membuat baby kita obesitas. Kalau misalnya kita memberikan madu terlalu awal pada baby kita yang ada dia jadi kenal manis dan enggak mau makan makanan yang enggak manis. Akhirnya maunya ngemil mulu yang manis-manis.

3. Kerusakan gigi

Sudah obesitas nanti yang ada juga dapat menyebabkan kerusakan gigi. Baby kita kan giginya masih gigi susu, kalau terlalu banyak mengonsumsi yang manis-manis ujungnya giginya rusak.

Gejala-gejala bayi keracunan madu

  • Sulit bernapas
  • Lebih pasif
  • Sistem pernapasan terganggu kayak asma

Nah kalau si Kecil sudah mulai merasakan gejala tersebut segera konsultasikan ke dokter anak, karena ditakutkan mengalami keracunan madu moms.

Jadi sebenernya madu aman enggak sih dikonsumsi baby kita?

Aman, hanya waktunya saja moms. Madu itu aman dan akan memberikan manfaat pada baby kita apabila dikonsumsi di atas umur 1 tahun. Di bawah umur 1 tahun sangat tidak disarankan!

Semoga informasi ini dapat bermanfaat apalagi bagi moms yang sudah berencana untuk memberikan madu ke si Kecil ya.