Baby · Kesehatan

Pentingnya Imunisasi untuk si Kecil

Hari ini mommy mau sharing sedikit tentang pentingnya imunisasi dan apa saja imunisasi yang wajib diberikan kepada anak kita. Tapi sebelum mommy beritahu imunisasi apa saja yang wajib diberikan kepada anak kita, kita kenalan dulu dengan imunisasi yuk.

Imunisasi itu apa?

Imunisasi sendiri merupakan kegiatan menyuntikkan virus yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh anak kita sehingga tubuh anak kita akan membentuk yang namanya antibodi. Jadi apabila suatu ketika anak kita terserang virus, antibodi di dalam tubuh anak kita sudah kenal jenis virus yang menyerang dia dan bisa melawan, otomatis anak kita tidak mudah tertular penyakit menular moms. Pasca persalinan kita akan mendapat buku untuk konsultasi ke dokter. Di dalam buku tersebut biasanya akan ada beberapa daftar imunisasi, dan waktu disuntiknya kapan saja, biasanya buku ini akan diisi oleh dokter.

Kenapa imunisasi itu penting?

Imunisasi itu penting sebab bertujuan untuk mencegah agar bayi kita tidak mudah terserang penyakit menular, karena antibodinya sudah kuat. Dibandingkan anak-anak yang tidak pernah imunisasi atau imunisasinya jarang, biasanya dia akan lebih gampang terkena penyakit menular sehingga risiko untuk mengalami kecacatan hingga kematian itu persentasenya lebih tinggi.

Lalu kenapa kalau sudah imunisasi kok masih sakit ya?

Walaupun imunisasi ini sudah dilakukan dan biasanya efektif hingga 100%, namanya penyakit kan kita enggak tahu ya moms. Tapi kalau misalnya anak kita sampai terserang penyakit itu biasanya kapasitas penyakit yang diderita anak kita gejalanya ringan. Jadi enggak berat dan lebih cepat sembuhnya karena sudah diimunisasi berbeda dengan yang tidak atau jarang diimunisasi moms.

Dimana sih imunisasi bisa didapatkan?

Biasanya kalau mommy sendiri mommy akan pergi ke rumah sakit dan langganan mommy itu di RSIA Grand Family.

Yang perlu kita ketahui imunisasi-imunisasi apa saja yang wajib diperoleh oleh baby kita?

Ada 5 macam imunisasi yang wajib disuntikkan kepada baby kita

1. Hepatitis B

Imunisasi Hepatitis B biasa akan diberikan sebanyak 3x, yang pertama kali diberikan pada baby ketika dia baru lahir, paling lambat itu biasanya 12 jam setelah lahiran. Kenapa diberikan kepada baby baru lahir? Imunisasi Hepatitis B diberikan kepada baby kita yang baru lahir untuk mencegah penularan Hepatitis B dari ibu ke anak. Nah imunisasi yang kedua setelah baby kita berumur 1 bulan. Suntikan yang ketiga biasanya ketika umur baby kita 3-6 bulan. Kalau misalnya baby kita tidak mendapatkan imunisasi Hepatitis B hingga umur 5 tahun, tenang saja moms karena masih bisa mengikuti imunisasi susulan sebanyak 3x.

2. Polio

Polio dikenal dengan istilah lumpuh layu. Kenapa? Karena penyakit ini disebabkan virus dari pencernaan dan tenggorokan. Yang mana apabila seorang anak terserang virus Polio ini, bisa menyebabkan kelumpuhan pada kaki, tangan, hingga otot pernafasannya. Kalau sampai otot pernafasan lumpuh, maka dapat mempengaruhi sistem kinerja organ tubuh kita dan otomatis dapat menyebabkan kematian. Nah biasanya imunisasi Polio ini akan diberikan sebanyak 3x. Yang pertama kali akan diberikan kepada baby kita sebelum dia berusia 6 bulan, yang kedua biasa akan diberikan pada baby kita berusia 18 bulan, suntikan ketiga akan diberikan kepada baby kita ketika berumur 5 tahun.

3. BCG (Bacillus Calmette-Guerin)

Imunisasi ini digunakan agar anak kita tidak terkena bakteri yang menyebabkan tuberkulosis (TB). Yang dimana bakteri penyebab tuberkulosis ini dapat menyerang paru-paru dan selaput otak anak, yang dapat menyebabkan kecacatan dan kematian. Biasanya vaksin BCG akan diberikan pada baby kita ketika berusia 2 bulan.

4. Campak

Biasanya imunisasi Campak ini akan diberikan sebanyak 2x kepada baby kita ketika dia berusia 9 bulan dan 24 bulan. Tapi kalau misalnya baby kita sudah mendapatkan vaksin MMR (Measles Mumps Rubela) pada usia 15 bulan otomatis untuk vaksin campak sudah tidak dibutuhkan lagi. Gunanya imunisasi campak adalah untuk mencegah agar baby kita tidak terserang campak yang gejalanya berat, yang dapat menyebabkan radang paru, diare hingga menyerang otak.

5. Pentavalen

Terdiri dari DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus), HB (Hepatitis B) dan HiB (Haemophilus Influenzae type B) yang mana ketika kita melakukan imunisasi Pentavalen dapat mencegah beberapa penyakit yang menyerang selaput lendir, radang otak dan lain sebagainya. Biasanya imunisasi Pentavalen ini diberikan sebanyak 4x di umur 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan dan 18 bulan.

Nah itu adalah 5 jenis imunisasi yang wajib diberikan kepada anak kita. Dan biasanya 5 imunisasi tersebut akan dilakukan sebelum genap 1 tahun. Setelah 1 tahun biasa akan ada vaksin yang harus dilakukan ulang, seperti polio, campak dan DPT karena antibodi kita akan menurun setelah setahun dan khusus untuk vaksin BCG itu cukup sekali aja. Itulah alasan kenapa kita penting untuk melakukan imunisasi pada anak kita dan 5 imunisasi wajib yang diberikan pada anak kita jangan sampai kita enggak diberikan, karena kita enggak mau kan anak kita gampang banget terserang penyakit menular, apalagi sampai mengalami kecacatan hingga kematian? So moms jangan sampai terlambat ya melakukan imunisasi!