Growth

Tahap Perkembangan Bayi 18 Bulan: si Kecil Sudah Bisa Meniru Kata Perkata

Jadi seperti biasa, mommy akan update kembali tahap perkembangan baby 18 bulan. Nah apa saja perkembangan Uwi di usianya yang ke-18 bulan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Perkembangan bayi usia 18 bulan

1. Berat badan dan tinggi badan

Berat badan Uwi di usia 18 bulan adalah 12,85 kg moms dan tingginya sudah 84 cm.

2. Bawel banget

Dia sudah bisa menirukan kata-kata yang diucapkan loh dan pastinya bertambah bawel juga moms.

3. Iseng

Uwi sekarang itu iseng banget, saking isengnya dia suka jambakin rambut cecenya dan gigitin orang loh moms.

4. Jalan dan berlarinya bagus

Sekarang Uwi jalan dan berlarinya sudah bagus. Dia sudah jarang jatuh bahkan sudah bisa menggunakan sandal dengan benar loh moms antara kanan dan kiri.

5. Bisa memberitahu perasaannya

Jadi kalau Uwi makan dan dia merasa sudah kenyang dia sudah bisa memberitahu mommy untuk stop karena sudah kenyang. Jadi sudah enggak seperti dulu yang apa saja dimasukin moms.

6. Bisa diajak kerjasama

Kalau diajak mengambil foto dan video sekarang dia sudah bisa moms, walaupun memang dia anaknya enggak bisa diam tapi sekarang dia sudah lebih bisa untuk diajak kerjasama.

7. Sudah bisa mengekspresikan kemauannya

Sudah bisa mengekspresikan kemauannya seperti apa. Misalkan ketika Uwi pengen gendong dia akan bilang “dong”. Walaupun memang mengekspresikannya dengan kata-kata yang belum sempurna ya moms, tapi setidaknya sudah ada kemajuan dengan bisa mengekspresikan keinginannya.

8. Memberitahukan bila selesai buang air

Seperti yang mommy tadi sudah katakan bahwa dia sudah bisa mengekspresikan kemauannya, salah satunya adalah ketika dia merasa ingin BAB atau BAK moms, dia sudah bisa mengatakannya dan sudah tahu dimana tempat untuk BAB dan BAK. Jadi dia sudah lebih pintar.

9. Makin aktif

Uwi sekarang tambah aktif banget moms, semakin enggak bisa diam.

Nah itu dia beberapa perkembangan Uwi di usianya yang ke-18 bulan. Penasaran seperti apa Uwi sekarang di usianya yang ke18 bulan? Yuk simak videonya berikut ini.