Fakta-Fakta

Fakta di Balik Perayaan Halloween hingga Jadi Fenomena

31 Oktober selalu diperingati sebagai hari Halloween di berbagai negara, dan biasanya pada perayaan Halloween banyak orang-orang yang memakai kostum seram, merias wajah mereka menyerupai monster dan hantu, dan pastinya berkumpul bersama teman-teman. Tapi tahukah moms beberapa fakta mengenai perayaan Halloween? Kali ini mommy akan berbagi informasi tentang apa saja sih fakta-fakta dibalik perayaan Halloween.

Fakta-fakta perayaan Halloween

  1. Arti Halloween

Halloween atau Hallowe’en, punya banyak nama lain moms seperti Allhalloween, All Hallows’ Eve, atau All Saints’ Eve. Halloween adalah suatu perayaan yang dapat dijumpai di sejumlah negara pada tanggal 31 Oktober, yaitu malam Hari Raya Semua Orang Kudus di Kekristenan Barat. Jadi ada yang merayakan dengan berpakaian horor dan ada juga yang merayakannya di gereja dan berdoa.

  1. Jack-O-Lantern

Salah satu simbol Halloween adalah labu yang dibentuk dengan wajah menyeramkan yang biasa disebut dengan Jack O’ Lantern. Jack adalah seorang petani yang cerdas namun malas. Jack berhasil menipu sang setan dengan salib sehingga setan berjanji untuk tidak memasukkan Jack ke neraka.

Ketika Jack meninggal, Jack tidak boleh masuk surga karena telah banyak berbuat dosa. Tapi ia juga tidak diizinkan masuk ke dalam neraka, karena setan tak menyukai Jack. Jack kemudian membuat lentera dari lobak besar lalu mengisinya dengan bara api dari neraka. Labu itu ia gunakan sebagai penerang. Ia pun bisa melihat jalan pulang kembali ke dunia manusia, berkat lenteranya. Wah Jack cerdas ya.

Budaya Jack O’ Lattern dalam perayaan halloween ini berasal dari Amerika Utara yang memang merupakan area penghasil labu.

  1. Trick or Treat

Ini adalah permainan yang paling disukai oleh anak-anak. Biasanya anak-anak akan menghampiri rumah teman atau tetangganya dan meminta permen. Dengan menggunakan kostum menyeramkan sambil berkeliling membawa labu menyeramkan menuju rumah tetangga meminta permen sambil teriak “Trick or Treat”.

Trick or Treat pada awalnya hanya dilakukan oleh anak kurang mampu, dan ia akan mendoakan setiap orang yang memberikannya makanan atau permen. Namun saat ini hampir seluruh anak-anak menggunakan trick ini.

  1. Kostum yang aneh dan menyeramkan

Ini adalah satu hal yang tidak akan lepas dari perayaan Hallowen, mommy juga pernah merayakan Halloween ini dengan menjadi Harley Queen. Mommy merayakan bersama keluarga dan mommy mengabadikan dengan foto bersama keluarga. Dan konon katanya dengan menggunakan kostum seram kita akan dilindungi dari gangguan makhluk halus.

  1. Festival yang paling meriah

Di festival ini banyak orang yang berkumpul menjadi satu dan menggenakan pakaian seram dan unik, lalu party, main-main bersama teman-teman. Festival ini adalah salah satu festival yang mommy tunggu karena banyak hal yang bisa dilakukan bersama teman dan keluarga, salah satunya nonton film horor karena mommy penggemar film horor.

Nah bagaimana moms? Sekarang sudah tahu kan moms apa saja fakta-fakta dibalik munculnya perayaan Halloween. Jadi siapa saja yang kemarin sempat merayakan Halloween nih?