Baby · Growth

Tumbuh Kembang Bayi Usia 2 Bulan

Hai moms, ketemu lagi nih sama mommy di #curcolyukmom. Nah kali ini mommy akan flashback dan menceritakan tentang perkembangan bayi saat usia 2 bulan, tepatnya ketika Uwi baru berusia 2 bulan. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Perkembangan bayi 2 bulan

Di usianya yang kedua bulan, mommy akan bagi menjadi 4 tahap perkembangannya baby Uwi ya moms.

1. Berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala

Di usia 1 bulan baby Uwi naik 1 kg dari 4,5 kg saat newborn menjadi 5,5 kg. Di umur 2 bulan baby Uwi naik lagi dan menjadi 6,1 kg. Jadi, rata-rata kenaikan berat badan baby Uwi hampir 1 kg setiap bulannya, dan untuk kenaikan 1 kg setiap bulannya dinyatakan sehat. Tinggi badannya sudah mencapai 61 cm dan lingkar kepala sudah mencapai 40 cm.

2. Penglihatan

Saat baby Uwi baru umur 1 bulan mommy melihat jelas bahwa penglihatan baby Uwi itu belum terlalu jelas. Di umur 2 bulan sudah lebih jelas, loh mommy bagaimana bisa mengetahui? Karena mommy kalau mendekatkan wajah mommy ke wajah baby Uwi, mata dia bisa melihat mata mommy, mommy ke kiri arah pandangan dia mengikuti ke arah kiri begitupun sebaliknya. Dia bisa melihat apa saja yang mommy lakukan seperti ketika mommy senyum lebar dia juga ikut senyum lebar. Kalau misalnya ada mainan mommy taruh di atas dia, dia bisa main sendiri walaupun belum bisa menggapai tapi tangan dan kakinya bisa gerak, matanya sudah kayak excited banget lihat mainan itu. Jadi kelihatan banget soal penglihatan baby Uwi itu sudah mulai jelas di usianya yang 2 bulan.

3. Pendengaran

Kalau untuk pendengarannya memang lebih jelas lagi ya moms, itu sudah pasti karena kan namanya baby kita berkembang dari bulan ke bulan itu tahap perkembangannya terlihat banget dan drastis dibandingkan dia newborn atau 1 bulan. Pendengarannya makin tajam. Kenapa mommy merasa seperti itu? Soalnya mommy kalau dari jauh teriak manggil nama Uwi, dia gelagatnya seperti mencari-cari sumber suara moms walaupun memang kepalanya enggak langsung aktif tengok ke sana tengok ke sini ya moms moms. Kalau mommy bercanda ke dia dengan sepatah 2 patah kata dia akan mengikuti walaupun memang tidak jelas, karena baby kita di umur yang ke 2 bulan juga sudah bisa mengeluarkan suara selain menangis.

4. Gerakan-gerakan halus dan jam tidur

Di umur dia yang 2 bulan, dia sudah bisa mengekspresikan tangan dan kaki dia terutama. Mommy melihat itu saat mau gunting kuku baby Uwi. Setiap mommy mau gunting kuku baby Uwi saat dia umur 1 bulan pasrah, diam aja moms tapi di umur 2 bulan ini dia sudah bisa menghindar dengan cara kakinya ditendang-tendang, tangannya dihempaskan, jadi dia sudah bisa berontak.

Selain itu juga baby Uwi sudah bisa mengangkat kepalanya. Di umur dia yang belum 1 bulan saja dia sudah terus-terusan mencoba mengangkat kepalanya sekitar kurang lebih 45 °C, sekarang sudah makin tinggi aja moms sekitar 60 °C. Makin bisa menahan kepalanya lebih lama sekitar 10-15 detik.

Dia juga sudah bisa mulai duduk, memang kata orang enggak boleh sih ya moms kita mendudukkan baby ketika dia belum umur 4 atau 5 bulan, tapi baby Uwi lebih senang kalau duduk, digendong aja dia enggak suka digendong yang tiduran sukanya yang tegak. That’s why dia suka banget duduk. Kadang dia duduk bersender di perut mommy. Jadi mommy sudah mengajarkan dia duduk sambil menyender moms tapi enggak terlalu lama.

Lalu mommy juga sudah mulai menengkurapkan baby Uwi. Jadi ketika dia tengkurap dia sudah mulai bisa menahan kepalanya moms walaupun langsung jatuh lagi. Di umur 1 bulan memang pernah mommy tengkurapin, apalagi saat dijemur di matahari, yang terjadi malah dia jatuh dan hidungnya kegencet, karena dia belum bisa nahan kepala, belum bisa miring kiri dan kanan. Sedangkan ketika umur 2 bulan dia sudah bisa nahan kepala, miring kiri dan kanan, tangannya juga lebih kuat untuk menahan badannya.

Untuk jam tidurnya, di umur 1 bulan setiap 1 jam sekali baby Uwi bangun tapi di umur 2 bulan bisa 4-5 jam dia tidur lalu bangun untuk minum ASI. Kalau untuk kesehariannya, dia minum ASI bisa tahan 2 jam sekali. Sedangkan malam hari durasinya lebih panjang yaitu 4-5 jam sekali minta ASI, jadi mommy sudah enggak terlalu begadang lagi.

Di umur 2 bulan, baby kita sudah enak diajak main dan enak diajak ngobrol loh moms. Walaupun baby kita enggak ngerti apa yang kita bicarakan, tapi mengajak ngobrol baby seru banget moms.

Nah itu dia perkembangan baby Uwi ketika berusia 2 bulan. Sampai jumpa di next #curcolyukmom.