Uncategorized

Pengalaman Naik Kereta Super Cepat di China

Hai moms, kali ini mommy mau flashback dan bahas tentang kereta cepat di China. Saat itu mommy punya kesempatan naik kereta super cepat di China, kereta yang katanya adalah kereta terbaik di dunia loh moms.

Untuk jalur kereta express di Fujing China ini belum lama dibuka sekitar 4 tahun yang lalu. Mommy kebetulan punya kesempatan untuk coba kereta express dari Fujing ke Shenzhen dengan lama perjalanan 5 jam.

Gampang enggak sih untuk naik kereta ini?

Yes. Gampang banget sama kayak di negera yang lain. Pertama-tama kita biasanya harus cek dulu rute yang diinginkan, jam berapa keberangkatannya. Cara ceknya moms bisa download aplikasi CTRIP atau aplikasi China Train Booking. Setelah kita download, kita buka aplikasinya dan tulis nama kota terus kota tujuannya nanti akan keluar jam berapa keberangkatannya. Kalau di Fujing ini memang kota kecil, jadi rute untuk perjalanannya itu paling cuma 2x pagi dan sore jadi untuk jaga-jaga kalian mungkin enggak sempat cek di website dan mau pergi keluar kota, kalian tinggal pagi-pagi ke stasiunn aja, di sana paling nunggu 1 atau 2 jam bisa langsung jalan karena itu rutenya pagi dan sore.

Kebetulan kemarin ini mommy beli yang sore jam 4:55 sampai di Shenzhen jam 10 malam. Kalau untuk biayanya sendiri dia punya 2 kelas, kelas 1 dan kelas 2 seperti kereta di negara lain pada umumnya. Kalau kelas 2 untuk perjalanan Fujing – Shenzhen selama 5 jam harganya RMB 200 (sekitar Rp. 400.000 an). Sedangkan untuk kelas 1 seharga RMB 400 (sekitar Rp. 800.000 an). Jika pemesanan dilakukan lewat website maka akan ada biaya tambahan lagi sebesar RMB 40 per tiketnya. Kebetulan mommy kemarin beli yang kelas 1 dan langsung di stasiun jadi tidak dikenakan tambahan biaya sebesar RMB 40 lagi. Jadi sangat direkomendasikan, setelah kita cek rute di aplikasi kita langsung pergi ke stasiun dan beli tiket di sana saja.

Oh iya moms, untuk anak-anak dengan ketinggian di bawah 1,5 meter masih belum dikenakan biaya, kalau sudah di atas 1,5 meter sudah harus dibelikan tiket sendiri.

Bagaimana keretanya?

Keretanya enak banget, apalagi kelas 1. Kelas 1 itu rasanya seperti di pesawat yang kelas bisnis. Karena spacenya besar moms, lega banget. Tapi jangan salah, kelas 2 walaupun memang agak sempit sedikit karena bangkunya 3 – 3 tetap masih enak karena waktu itu mommy dan daddy juga pernah pergi ke Xiamen naik yang kelas 2.

Untuk bangkunya empuk, nyaman terus pelayanannya juga seperti pesawat ada pramugarinya yang lalu lalang membawa makanan dan minuman. Makanannya enak banget walaupun memang mahal yaitu RMB 80 (sekitar Rp. 160.000 an), tapi worth it, enak, masih panas, banyak lauk pauknya juga. Kalau untuk air mineralnya itu seharga RMB 10 (sekitar Rp. 20.000 an). Tapi tetap disarankan kalau kita mau pergi apalagi untuk waktu yang cukup lama mungkin bisa bawa air minum atau makanan sendiri agar lebih hemat.

Keberangkatan keretanya sendiri itu on time. Jamnya berangkat ya langsung berangkat enggak bakal telat. Terus kalau untuk kepadatan penumpangnya, untuk di Fujing sendiri enggak dempet-dempetan, mereka juga mau antri di line dan pelan-pelan masuk, jadi enggak berebutan dan desak-desakan waktu mau masuk keretanya. Dan juga orang yang akan turun didahulukan.

Soal toiletnya mommy enggak menemukan kue coklat di sana. Tapi enggak ada tissue, jadi kita disarankan untuk bawa tissue sendiri. Apalagi kita nih yang enggak pernah bawa tissue, harus bawa tissue sendiri kalau sudah di negara China terutama.

Kalau untuk keadaan di dalam keretanya, di kelas 1 sama sekali enggak berisik ya, tenang. Kalau di kelas 2 mommy sempat mampir dan memang lebih agak berisik, karena banyak ibu-ibu yang mengobrol, mungkin bosan juga di perjalanan lama.

Pokoknya untuk semuanya mommy suka sih, pemandangannya juga indah banget karena jendelanya besar banget di kereta jadi kita bisa leluasa melihat pemandangan di luar kereta. Selain itu untuk penunjuk arahnya juga gampang banget, memudahkan untuk kita walaupun baru pertama kali naik kereta express ini.

Nah itu adalah pengalaman mommy soal kereta lokal express di China. Bagi kalian yang sudah merencanakan liburan setelah pandemi Covid-19 ini selesai, enggak ada salahnya memasukkan kereta super cepat China ini sebagai salah satu alat transportasi yang akan mengantarkan kalian ke destinasi wisata kalian moms.