Baby · Kesehatan · Review Produk

Penyebab Bayi Kolik dan Solusi dari Dr. Brown’s

Pernah enggak sih moms si Kecil nangis terus menerus selama ber jam-jam? Sudah diberi susu tapi tidak mau, ganti pokok dan ganti baju tetap menangis terus. Baby Uwi sempat nangis terus seharian selama 3 sampai 4 jam. Pengalaman mommy dengan baby Louisse dan sharing-sharing dari mami-mami yang lain menyatakan baby Uwi sedang kolik.

Kolik adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan kondisi ketika bayi terus menerus menangis tanpa sebab yang jelas dan sulit dikendalikan. Biasanya baby yang mengalami kolik bisa menangis 3 sampai 4 jam selama 1 hari. Atau dalam 1 minggu bisa 3 hari berturut-turut nangis tanpa henti.

Biasanya kolik terjadi pada baby yang newborn sampai empat bulan. Tapi pertanyaannya adalah kenapa baby aku bisa mengalami kolik? Berikut jawabannya:

  1. Alergi terhadap makanan yang dikonsumsi ibu
  2. Intoleransi laktosa
  3. Sistem pencernaan bayi yang belum sempurna hingga aktivitas pencernaannya bermasalah.
  4. Kembung akibat banyak gas di dalam perut si Kecil.

Kita saja sebagai orang dewasa tidak enak perutnya ketika mengalami kembung, apalagi baby kita. Biasanya indikasi kolik pada baby kita adalah muntah dan kembung pada perut, setelah itu diare.

Lalu bagaimana solusi untuk kolik pada anak?

  1. Lakukan pijat pada bagian perut baby yang kembung agar keluar gas.
  2. Gendong baby dan usap punggungnya.
  3. Mandikan baby dengan air hangat untuk membantu aliran darah lancar.
  4. Gunakan botol susu yang tepat.

Pemilihan botol susu yang tepat sangat penting untuk si Kecil terhindar dari kolik yang dikarenakan perut kembung. Pemilihan botol susu yang tidak tepat akan membuat baby kita minum susu yang disertai oleh udara. Untuk botol susu yang mommy anjurkan adalah botol susu Dr. Brown’s.

Apa sih yang membedakan botol susu Dr. Brown’s dengan botol susu yang lain?

  1. Botol susu anti kolik Dr. Brown’s memiliki internal vent system yang memisahkan antara susu dan udara, sehingga enggak ada tuh moms udara yang ikut terhisap ketika si Kecil minum susu dari botol.
  2. Dot dari botol susu Dr. Brown’s cara kerjanya seperti payudara ibu, yaitu menetes bulir per bulir tanpa dihisap. Sehingga bayi juga tidak akan bingung puting dan moms jadi enggak perlu takut lagi memberikan susu menggunakan botol.
  3. Tidak ada udara yang keluar saat si Kecil menghisap botol.

Nah itu dia moms penyebab dan solusi mengatasi kolik pada bayi. Jadi pintar-pintar memilih botol susu untuk anak ya moms.