Ibu Menyusui

Tips Mencairkan ASI Beku dengan Benar

Bagi ibu menyusui memompa ASI bukan lagi hal yang asing ya moms, karena ini adalah kegiatan rutin yang harus kita lakukan. Maka dari itu mommy mau berbagi tips mencairkan ASI beku yang benar.

Kenapa mommy mau sharing tentang cara menghangatkan ASI yang benar? Soalnya mommy punya pengalaman waktu itu mommy ke Eropa dan meninggalkan baby Louisse saat umurnya 6 bulan. Nah pas mommy meninggalkan baby Louisse mommy baru tahu belakangan, ternyata mama mommy selama 2 minggu berturut-turut selalu memberi ASI ke baby Louisse dengan cara dihangatkan yang salah.

Jadi ASI yang beku, ditaruh di dalam 1 wadah lalu dicairkan dari air mendidih dan itu langsung dikasih ke baby Louisse untuk diminum. Apakah itu salah? Salah besar moms dan mommy sampai sekarang menyesal karena ASI yang diminum baby Luisse kandungan nutrisi dan antibodinya sudah enggak ada. Memang masih layak untuk diminum tapi kandungan gizinya sudah enggak ada sama sekali.

That’s why kenapa mommy merasa penting banget dan ingin sharing ke moms semua agar jangan sampai moms juga melakukan hal yang sama seperti mommy. Seperti apa tipsnya? Yuk simak tipsnya berikut ini

Bagaimana cara untuk menghangatkan ASI yang benar?

1. Ambillah kantong ASI yang sudah lama disimpan

Sebagai ibu menyusui biasanya kita akan menyetok ASI, nah di kantong ASI dari merek apapun biasanya ada nama, tanggal, jam berapa ASI itu masukkan, kantong nomor berapa, dan volumenya berapa. Keterangan itu cukup memudahkan kita untuk memilih mana stok ASI kita yang sudah disimpan lebih lama di freezer.

Nah saat mommy menyusui, ASI mommy itu cukup banyak jadi saking banyaknya kantong ASI mommy penuh di freezer dan yang ada malah numpuk. Pernah 1 hari baby Louisse sudah nangis, mommy pusing cari mana kantong ASI yang sudah lama disimpan di freezer, cari sana sini mana warna kantong ASInya sama semua warnanya, yang ada mommy malah ngambil ASI yang masih awal disimpan, yang sudah lama enggak diambil ujungnya dibuang. Sayang kan moms, padahal ASI itu bisa dipakai atau disumbangkan.

Dari pengalaman itu makanya mommy sekarang menyiapkan 2 kantong ASI berbeda dengan merek berbeda dan pastinya warna berbeda untuk membedakan. Misalnya mommy sekarang abis perah ASI kurang lebih dapat 30 kantong ASI yang berwarna hijau. Kalau dalam 10 hari ke depan 30 kantong ASI berwarna hijau sudah habis, baru lanjut ke kantong warna putih. Jadi kalau mommy mau pergi dan meninggalkan baby, mommy tinggal pesan ke mama atau mertua mommy untuk habiskan yang hijau dulu (yang lama) baru ambil yang putih. Jadinya sekarang efektif moms, kantong ASI yang sudah lama disimpan di freezer sudah keluar semua. Lebih gampang atur dan manage kalau beda warna kantong ASI. Saran mommy beli beberapa warna kantong ASI jangan 1 warna yang sama aja ya moms.

2. Cairkan ASI dari freezer

Biasanya kalau kita tahu kita mau menggunakan ASI dari freezer kita bisa langsung ambil ASI dari freezer lalu kita taruh di kulkas bawah yang no freezer. Dan itu butuh waktu beberapa jam sampai ASI bekunya mencair total. Terus bagaimana nih kalau tiba-tiba baby sudah nangis terus kita lupa untuk mencairkan ASI beku dari freezer? Enggak perlu khawatir moms, itu juga enggak memerlukan waktu yang banyak cukup ambil ASI dan cairkan ASI bisa dengan meletakkannya di bawah air yang mengalir. Dan waktu itu mommy baru mencoba tips tersebut enggak sampai 5 menit ASI beku dari freezer itu semuanya sudah cair, ASI sudah siap dipanaskan.

3. Hangatkan ASI yang sudah dicairkan

Caranya adalah biasanya mommy akan merebus air dulu sampai mendidih, setelah mendidih mommy taruh air di satu wadah, dan biarkan kurang lebih 5-10 menit kemudian mommy ambil ASI beku yang sudah dicairkan, lalu mommy pindahkan ke botol susu anak, setelah dipindahkan mommy taruh ke dalam wadah air mendidih tadi diamkan kurang lebih 10 menit. Setelah 10 menit mommy akan angkat botol ASInya lalu mommy kocok perlahan, biasanya mommy akan coba dulu untuk tahu bahwa ASI tersebut enggak terlalu panas terus apakah ASInya basi atau tidak. Setelah lolos uji coba dari mommy baru mommy kasih ke baby mommy.

ASI yang sudah mommy taruh di kulkas tapi lupa untuk diberikan ke baby apakah masih bisa digunakan? Atau ASInya boleh taruh freezer lagi?

No. ASI yang sudah dicairkan dari freezer tidak boleh ditaruh lagi di freezer atau dibekukan kembali karena ASI yang sudah dicairkan hanya akan bertahan 24 jam paling maksimal di suhu ruangan kulkas. Kalau misal di ruang normal hanya bertahan 4 jam. ASI yang sudah dicairkan dan ditaruh di suhu ruangan lebih dari 1 hari pas mommy kocok banyak putih-putih nempel di kantong ASInya. Dan mommy sudah cek memang ASI itu sudah tidak layak digunakan. ASI juga bisa rusak kalau kita panaskan dalam suhu derajat yang tinggi (di atas 40 derajat). That’s why sangat tidak diperbolehkan untuk merebus ASI.

Nah itu dia tips mencairkan ASI beku moms, semoga bermanfaat moms.