Fakta-Fakta · Review Tempat

Wajib Tahu Fakta Menarik ini, Sebelum Ke Museum MACAN

Apa yang pertama kali muncul di pikiran kalian ketika mendengar tentang Museum MACAN? Apakah sebuah museum yang terdapat banyak macan dan raungan macan dimana-mana? Bukan ya moms, Museum MACAN adalah sebuah tempat seni yang tenang sekali dan damai sentosa. Penasaran seperti apa Museum MACAN ini? Tapi sebelum pergi ke sana yuk kita bahas fakta-fakta menarik yang harus kalian ketahui sebelum pergi ke sana.

  1. Apa itu Museum MACAN?

Museum macan bukan museum yang penuh macan tetapi singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara.

  1. Hanya Ada Karya Seni

Jadi di Museum MACAN ini tidak ada macan dan atraksi-atraksi macan sama sekali, melainkan hanya ada karya seni saja berupa lukisan dan patung mulai dari negara Indonesia sampai international. Beberapa karya seni yang mommy lihat mulai dari lukisan sampai puntung rokok yang bisa dibuat sebagai karya seni yang tinggi, sampai bisa melihat ruang kerja seniman yang penuh dengan warna-warni.

  1. Dimiliki oleh Pengusaha Indonesia

Museum MACAN ini didirikan dan dibiayai oleh pengusaha Haryanto Adikoesoemo. Bukan hanya sebagai pendiri, namun dia juga menampilkan beberapa karya seninya di Museum MACAM. Kita perlu bangga menjadi warga negara Indonesia karena pengusaha Indonesia bisa menampilkan karya seni yang luar biasa indahnya.

  1. Ada 90 Jenis Karya Seni

Karya seni yang ditampilkan di Museum MACAN ada 90 Jenis dari lokal sampai international, keren banget ya Museum MACAN.

  1. Tempat-tempat Favorite di Museum MACAN

Ada beberapa tempat yang favorite di Musem MACAM yaitu Infinity Room yang terinspirasi dari karya seniman Jepang, Yayoi Kusama’s. Kita hanya diperbolehkan selama 1 menit di ruangan tersebut karena begitu ramainya orang yang ingin ke sana dan demi keamanan orang yang memiliki vertigo. Satu tempat lagi adalah tempat karya seni untuk anak-anak dan tentunya bisa dinikmati juga oleh orangtua di sana dengan bersama-sama mewarnai dengan anak kita.

  1. Instagramable

Jadi di sana kalian bisa mendapatkan tempat spot-spot yang bagus untuk dipajang di media sosial kalian jadi siapkan outfit dan pose terbaik kalian ya jika ingin pergi ke sana.

  1. Harga Tiket

Untuk harga tiket Rp. 100.000/Orang (Dewasa) – Rp. 90.000/Orang (Pelajar) – Rp. 80.000/Orang (Anak-anak) dan untuk anak di bawah 3 tahun itu free. Lokasinya juga dekat dan strategis yaitu di Wisma AKR, Jalan Panjang No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

  1. Review dari mommy

Mommy sendiri suka foto-foto dan mommy juga menyukai beberapa spot yaitu infinity room dan bagian karya seni anak. Untuk mommy yang pernah pergi ke Eropa dan melihat-lihat museum di sana mommy bisa mengatakan museum MACAN tidak kalah bagusnya seperti museum-museum di luar negeri. Dan di sana tidak boleh menggunakan kamera jadi mommy sedih ketika kamera mommy diambil, berbeda di luar negeri yang diperbolehkan menggunakan kamera dan video.

Kita juga tidak diperbolehkan mambawa makanan dan minuman selama kita di dalam museum ya moms. Di sana kalian tidak perlu takut nyasar karena tempatnya juga tidak terlalu luas. Untuk kalian yang mau datang mommy rekomendasikan jika kalian mencari spot-spot tempat foto yang bagus dan tentunya bisa membuat anak-anak kalian happy di sana. Pastinya saat masa pandemi ini jangan lupa jaga jarak, pakai masker dan selalu jaga kebersihan ya moms.