Baby · Growth

Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Hai moms flashback lagi yuk tentang tumbuh kembang baby Uwi ketika usianya 6 bulan. Penasaran apa saja perkembangannya? Yuk simak cerita mommy berikut ini.

Perkembangan baby Uwi usia 6 bulan

* Pertumbuhan fisik

Berat badannya sama dengan ketika usianya 5 bulan ya moms yaitu 8,6 kg. Tinggi badannya 65 cm dan lingkar kepalanya 44 cm. Untuk pertumbuhan rambutnya sudah semakin lebat.

* Kepala

Untuk kepalanya sudah bisa tegak, jadi mau diayun bagaimanapun sudah aman moms, Jadi kita enggak perlu pegang kepalanya dari belakang terus menerus. Dia sudah bisa menghadap ke berbagai arah, dan dia sudah bisa bergerak bebas tanpa harus khawatir kepalanya encok atau enggak.

* Penglihatan dan ingatan

Baby Uwi sudah mulai mengenali orang-orang sekitar dia, sepertinya neneknya, mommynya, daddynya, cecenya, bahkan kalau ada orang asing yang menggendong dia dan dia enggak tahu orang tersebut dia pasti akan menangis. Jadi untuk penglihatan baby Uwi dan memori dia mengingat orang-orang dan suara orang-orang sekitar, dia sudah bisa mengenalinya. Untuk ketajaman mata bagus banget di usia 6 bulan ini.

* Pengucapan

Kalau untuk pengucapan katanya memang di usianya yang 6 bulan baby Uwi baru bisa mama dan papa ya moms seperti saat usianya 5 bulan, jadi belum ada penambahan kosakata.

* Tangan dan kaki

Sudah semakin lincah gerakan tangan dan kaki baby Uwi dibandingkan ketika usianya 5 bulan. Makin kuat juga tenaganya.

* Duduk

Di usianya yang 6 bulan dia sudah bisa duduk sendiri tanpa harus dipegangi lagi moms walaupun itu enggak lama paling cuma 10-15 detik saja. Tulang punggungnya belum sempurna banget ya moms jadi walaupun dia sudah bisa duduk sendiri, kita jangan biarkan dia duduk terlalu lama.

* Makan

Di usia 6 bulan ini baby Uwi sudah mulai MPASI jadi dia pertama kali makan oke. Makannya juga lahap dan banyak banget.

* Berdiri

Baby Uwi ini dari usianya 4 atau 5 bulan kemarin saja sudah suka banget untuk berdiri moms, nah di usianya yang ke 6 bulan ini keinginannya untuk berdiri makin besar. Jadi dia sudah bisa berdiri walaupun memang tetap harus ditopang ya moms tapi jangan lama-lama.

* Tengkurap

Dia sudah bisa tengkurap lama dan mulai bisa merangkak satu dua. Selain itu dia juga sudah bisa menggulingkan badannya ke kanan dan ke kiri sendiri tanpa bantuan orang lain.

* Tidur

Di usianya yang 6 bulan ini dia makin jarang tidur. Tapi untuk jarak tidurnya itu lumayan jau. Dia lebih suka main dan dia lebih suka mengeksplor diri dia ke hal-hal yang baru, jadi kalau disuruh tidur dia enggak mau, susah moms.

Nah itu semua adalah tahap perkembangan baby Uwi di usianya yang ke 6 bulan, semoga bermanfaat. See you di next #CurcolYukMom.