Uncategorized

Curhatan Profesi Make Up Artist, Pernah Dibohongi Client Sampai Jutaan

Hai moms jadi pada artikel kali ini mommy akan membagikan hasil wawancara mommy dengan MUA yang sering make up in mommy yaitu ci Hera. Yang mommy suka dari ci Hera adalah karena dia orang yang kreatif bahkan bukan hanya bisa MUA namun bisa Hair Do juga lho. Untuk teman-teman yang ingin menjadi MUA bisa simak dulu wawancara ini ya.

Pertama mommy bertanya dalam menjadi MUA lebih banyak happy atau sedihnya? Yang ternyata lebih banyak happynya, pertanyaan selanjutnya

Q : Apa pengalaman paling happy ketika menjadi makeup artist?

A : Merubah orang yang dari kurangnya banyak, yang harus dipermaknya banyak terus tiba-tiba jadi cantik banget

Q : Terus yang lain ci? Jalan-jalan bareng gitu sama teman-teman yang dimakeupin? Bukannya happy juga? Atau capek?

A : Happy sih, cuma kalau kaya prewed itu berbeda. Kalo misalnya make up on the spot maksudnya bukan prewed ya itu setelah make up lalu pulang. Kalo misalnya prewed istilah kata kita jadi “babu”.

Q : Bukannya enak jalan-jalan dan makan gratis?

A : Saya enggak mikir ke situ, karena kalau aku tuh bertanggung jawab untuk moodnya juga, jika mood pasangannya jadi jelek atau kecapean, nanti make up dan hasil fotonya enggak akan bagus. Jadi sebisa mungkin kita bantu mereka supaya jaga mood.

Q : Tadi menyebut jadi babu ya, jadi apa sih yang bikin ci Hera ngerasa kayak gitu kalau ngikut prewed?

A : Aku sih enggak ngerasa jadi babu, cuma kalau orang lain itu mereka kadang ada beberapa MUA yang keberatan yang berkata “ini kan jobdesknya bukan babu”

Q : Tapi kalau misalkan ci Hera sendiri mau bantu bawa-bawa barang?

A : Iya saya bantu karena menurut aku, prewed itu dilakukan sekali dan pasti capek, bawa banyak barang, apalagi harus naik-naik atau manjat-manjat terus bawa-bawa gaun, terus dia sudah capek dan mau foto pasti hancur mukanya.

Q : Nah tadi kan pengalaman happynya, lalu apa sih pengalaman sedih ketika ci Hera menjadi MUA lalu tantangan-tantangan apa saja yang dihadapi?

A : Sedihnya itu, yang paling banyak dikeluh kesahkan oleh MUA adalah ketika kita sudah mau memberikan yang terbaik tapi kita seperti tidak dianggap.

Q : Contohnya seperti apa nih?

A : Ya kayak diremehin, misalnya ini stylenya kita dan budget kita segini, terus tiba-tiba ada orang yang tidak mencukupi budget MUA yang  dia mau dan memaksa kita supaya bisa bikin make up seperti yang MUA dia mau, itu salah satunya.

Q : Lalu ketika ci Hera disuruh begitu disanggupin enggak?

A : Saya sih coba mengedukasi, saya akan berkata “oke saya coba, tapi saya bukan dia” kalau misalkan tetap mau seperti itu coba di portofolio saya bisa memilih suka yang mana? Tipe mata yang mana, pemilihan eye shadow yang mana, dan alis yang mana karena setiap orang berbeda-beda, tidak bisa disamakan.

Masih banyak pertanyaan lain yang saya berikan dan salah satunya adalah pengalaman pahit dibohongi sampai jutaan, untuk lihat Q&A yang selengkapnya bisa cek video di bawah ya teman-teman dan untuk teman-teman yang mau tau MUA ci Hera bisa lihat di IG @heramimi. Semoga bisa menjadi pelajaran untuk kita semua ya teman-teman.