Baby · Growth

Tahap Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan

Hai moms kembali lagi di sesi #CurcolYukMom. Kali ini mommy mau membagikan informasi mengenai tumbuh kembang baby Uwi ketika usianya 7 bulan. Apa saja perkembangan baby Uwi?

Perkembangan baby Uwi usia 7 bulan

Berat badan baby Uwi 9,1 kg dan tinggi badannya sudah 68 cm. Untuk mata, hidung, mulut dan telinga semuanya bekerja sebagai mana mestinya. Dan menurut mommy untuk tahap 7 bulan ini semua perkembangan dari mata, hidung, mulut dan telinga sudah mantap banget. Kepalanya juga sudah kuat banget. Kenapa mommy bilang kuat? Karena ketika baby Uwi marah terutama dia pasti menghentakkan kepalanya ke belakang, dan karena kuatnya baby Uwi kalau lagi berontak seperti itu sampai kita enggak kuat gendong dia. Apalagi memang tenaga baby Uwi itu kuat banget ya moms.

Untuk kaki, badan dan tangannya juga sudah semakin kuat, soalnya setiap dia tendang-tendang mommy, mommy itu sudah enggak kuat karena saking kuat tendangannya, mungkin karena faktor anak cowok juga ya moms. Nah itu untuk perkembangan organ-organ tubuh baby Uwi yang di luar. Sedangkan untuk motoriknya itu luar biasa berbeda dari di usia dia yang baru 6 bulan kemarin moms.

Jadi saat umur 6 bulan baby Uwi baru mulai MPASI ya moms, di 7 bulan ini dia sudah MPASI full dari pagi hingga malam, minum susunya cuma sekali pas dia mau tidur sekitar 200 ml. Dan untuk makannya itu lahap banget. Teksturnya makanannya sudah mulai agak padat, kalau di usia 6 bulan MPASI dia lebih cair karena diblender dan lebih banyak airnya, kali ini di umur dia yang sudah 7 bulan dia sudah enggak mau tekstur yang lembek seperti itu, jadi mommy sudah ubah teksturnya dengan kandungan airnya lebih sedikit dan lebih padat dan baby Uwi suka banget. Dia juga sudah makan buah-buahan.

Giginya sampai di usia 7 bulan baru 2 ya moms. Tapi karena pertumbuhan giginya ini jadi dia makin banyak air liurnya juga. Jadi memang di umur dia 7 bulan ini adalah masa dimana ia sedang tumbuh gigi walaupun anak kita banyak liurnya itu enggak papa moms dan bukan suatu hal yang berbahaya. Karena dalam masa pertumbuhan gigi juga, mungkin gigi atau gusi baby Uwi jadi enggak enak ya moms makanya sekarang dia juga lagi suka pakai teether.

Jam tidur baby Uwi di usianya yang ke-7 bulan adalah dari malam sekitar jam 11 dan bangunnya jam 6 pagi. Di umur 7 bulan ini dia sudah stabil tidurnya. Kemudian untuk tidur siangnya memang suka masih cranky dan seringnya malah dia enggak tidur. Di tahap umur 7 bulan ini dia lebih suka eksplor sesuatu, dia lebih suka main jadi kebanyakan dari pagi mungkin bisa sampai jam 7 malam atau 8 malam main terus. Dan kebanyakan dia sukanya digendong sekarang.

Baby Uwi di umur 7 bulan ini dia sudah bisa mengenali orang, dia tahu mama papanya dan dia juga tahu mana orang asing yang jarang ketemu dia, jadi kalau mau digendong orang yang dia enggak kenal dia akan memalingkan mukanya karena enggak mau.

Di umur ke 7 bulan ini dia juga sudah bisa memainkan ekspresi ya moms. Sudah bisa diajak main juga.

Umur 7 bulan ini dia sudah mulai lancar merangkak, dia bergerak aktif banget moms. Dia sudah bisa merangkak dari ujung kasur ke ujung kasur lainnya. Lebih suka berdiri juga, karena kakinya sudah mulai kokoh juga maka mommy sekali-kali ajak dia melangkah, 1 langkah 2 langkah gitu moms. Mommy juga sudah taruh dia di baby walker. Di baby walker itu dia sudah bisa jalan maju mundur.

Yang paling mommy excited soal perkembangan baby Uwi yang ke 7 bulan adalah ketika dia usianya 6 bulan dia kan suka sekali meraih sesuatu tapi suka enggak dapat kan karena belum fokus, tapi di usianya yang ke 7 bulan dia sudah bisa cepat tangkap. Respon tangannya juga sudah semakin bagus.

Nah itu dia perkembangan baby Uwi di usianya yang ke 7 bulan moms, see you di next #CurcolYukMom.