Baby · Growth

Mengenal Perkembangan Baby 13 Bulan

Sesuai dengan highlight judulnya, perkembangan baby berusia 13 bulan atau 1 tahun 1 bulan akan semakin pesat, jika dibandingkan dengan perkembangan si baby ketika masih di usia 12 bulan ya moms.

Begitu juga dengan baby Uwi yang sudah menginjak usia 1 tahun 1 bulan, mommy akan sharing tahap perkembangan baby Uwi di usianya yang sudah 13 bulan ini.

  1. Baby Uwi sudah bisa berjalan
    Jadi, di usia 13 bulan ini baby Uwi sudah mampu berjalan selama kurang lebih 10 langkah lho moms. Tetapi, karena baby Uwi pernah jatuh maka ia menjadi mudah takut jatuh moms. Padahal postur bediri baby Uwi juga sudah semakin lebih kuat dibandingkan usia 12 bulan atau 1 tahun.
  2. Suka Bereksplorasi
    Di usia ini, baby Uwi semakin aktif ingin jalan-jalan sendiri, duduk sendiri dan tidak suka digendong. Selain itu, saat menginjak 13 bulan ini, baby Uwi mulai tidak betah duduk di baby chair , jadi ketika makanannya sudah habis dan baby Uwi sudah mulai bosan, ia akan berdiri dan ingin keluar dari baby chair nya, moms.
  3. Makan Berkurang
    Kebanyakan orangtua berasumsi bahwa ketika usia baby bertambah dan mulai berjalan, maka porsi makan mereka akan berkurang. Begitu juga dengan porsi makan baby Uwi ya moms. Tetapi, berkurangnya porsi makan baby Uwi masih dalam batas wajar dan dibantu dengan tambahan frekuensi ngemil, hanya saja ketika baby Uwi sudah kenyang, ia sudah bisa dan mampu menolak untuk tidak mau makan.
  4. Mau Makan Sendiri
    Sejak usia 1 tahun, baby Uwi sudah menunjukkan sikap bahwa ia memang mau makan dan minum sendiri ya moms. Hingga sering kali kalau mommy suapin, baby Uwi tidak sabar ingin menggunakan alat makannya sendiri untuk makan.
  5. Mengerti Kebersihan
    Nah, ketika baby Uwi melakukan apapun sendiri seperti makan dan minum yang berujung dengan berantakan dan kotor, baby Uwi sudah mengerti lho moms kalau itu adalah kotor. Akhirnya ia sudah bisa minta tissue kepada orang terdekat untuk membersihkan baby chair, dan wajahnya sendiri moms.
  6. Suka Meludah
  7. Suka Menggosok Gigi
    Di usia 13 bulan ini, baby Uwi sudah terbiasa melakukan gosok gigi. Berbeda dengan baby Louisse yang suka memakan pasta gigi, baby Uwi malah suka menyembur pasta gigi. Tetapi, tentunya kegiatan gosok gigi ini tetap berjalan efektif ya moms.
  8. Suka Nge – DJ / Musik Beat
    Hal yang unik adalah, sejak usia 8 bulan hingga 13 bulan ini, baby Uwi sangat suka dengan musik dengan beat tinggi seperti musik DJ lho moms.
  9. Berjiwa Ekstrim
    Baby Uwi memiliki jiwa pemberani yang tinggi ya moms. Di usianya yang sekarang, baby Uwi menyukai permainan-permainan yang bisa dikatakan ekstrim untuk anak seusianya, seperti main mobil-mobilan atau sepeda dengan lepas tangan, dan masih banyak lagi.
  10. Tahu Tempat Persembunyian Makanan
    Jadi moms, baby Uwi paling tahu dimana mommy menyembunyikan makanan, baik di laci makanan maupun di kulkas. Sehingga tempat-tempat makanan menjadi tempat yang sering baby Uwi buka lho moms.
  11. Gigi Sudah Ada Delapan
    Di usia 1 tahun 1 bulan, gigi baby Uwi sudah semakin banyak yaitu menjadi 8 ya moms. Sering kali mommy sendiri juga digigit oleh baby Uwi, semakin diminta untuk berhenti, baby malah semakin menggigit dengan keras moms.
  12. Berantem
    Nah, kalau ini sering banget ya dialami sama mommy-mommy lain. Begitu juga dengan baby Uwi di usia 13 bulan ini sudah bisa berantem dengan cecenya, baby Louisse. Seperti rebutan makanan, menonton TV, bermain yang berujung berantem, dan banyak hal lain moms.

Selain 12 pokok perkembangan baby Uwi di atas, baby Uwi juga suka memainkan setruman nyamuk dan gemar manjat-manjat loh moms. Ia juga sudah pandai menentukan pilihan lagu atau film yang ia inginkan.

Kemudian, frekuensi tidur dan makan baby Uwi juga sudah semakin bagus moms. Tidak ketinggalan, masih ada fun fact mengenai baby Uwi yang takut sama ayam lho moms. Ingin tahu bagaimana keseruan fun fact dari baby Uwi? Click video bawah ini ya moms!