Kesehatan

Penyebab si Kecil Sakit Mata dan Mengobatinya

Hai moms kembali lagi di #CurcolYukMom. Kali ini mommy mau menceritakan pengalaman ketika cece Louisse sakit mata dan bagaimana cara mengobatinya. Jadi awal mulanya, kelopak mata Louisse merah tapi garis-garis saja dan enggak terlalu banyak. Kenapa Louisse bisa sakit mata? Karena saat itu keponakan mommy sakit mata dan menular ke Louisse.

Apa penyebab sakit mata pada anak?

Sakit mata ini biasanya disebabkan karena alergi atau infeksi. Biasanya lebih karena kotoran ya moms, namanya anak-anak sering banget main macam-macam, setelah main enggak cuci tangan langsung kucek-kucek mata. Akhirnya semua kotoran yang ada di tangan lari ke mata, padahal bagian mata itu bagian tubuh yang paling sensitif dan paling mudah terinfeksi. Biasanya juga bisa disebabkan karena virus ya moms.

Kondisi seperti apa bisa disebut dengan sakit mata?

Suatu kondisi yang bisa kita sebut sakit mata adalah ketika mata anak memerah, gatal, kelopak matanya membengkak, kondisi ini biasa disebut dengan konjungtivitis atau mata merah. Jadi ada 3 kondisi bagaimana anak kita bisa terserang infeksi, bakteri atau virus yang mengakibatkan konjungtivitis ini. 3 kondisi ini adalah :

  • Alergi terhadap kotoran atau debu
    Namanya kota-kota sibuk seperti Jakarta ya moms, pasti polusi dimana-mana dan sulit untuk kita hindarkan. Misalkan kita keluar rumah saat jalanan banyak polusi dan debunya makan akan semakin memudahkan mata anak terinfeksi debu moms.
  • Terlalu banyak terpapar radiasi alat-alat elektronik
    Terlalu sering menonton HP dan televisi juga bisa menyebabkan anak mengalami konjungtivitis loh moms. Kita sebagai orang dewasa saja jika terlalu sering terkena radiasi dari peralatan elektronik matanya mudah lelah dan mudah iritasi, sama halnya dengan anak kita moms.
  • Terkena bakteri atau virus
    Ini seperti yang tadi mommy sudah sebutkan, kalau anak kita main dan lupa cuci tangan tapi mengucek mata maka anak bisa mengalami konjungtivitis juga moms.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Kalau mommy sendiri akan memijit secara perlahan area mata yang iritasi. Lalu boleh juga dipakaikan krim ya moms, tapi ingat pakaikan krim ketika anak kita sedang tidur, agar mata anak tidak dikucek-kucek. Selain itu moms juga bisa tambahkan asupan makanan anak yang mengandung vitamin yang bagus untuk mata anak seperti vitamin A, agar cepat sembuh. Ingat moms, penyakit mata ini bisa menular tidak hanya pada orang dewasa tetapi pada anak juga bisa menular.

Biasa sakit mata ini akan berlangsung 2-3 hari moms kalau tidak berat tapi kalau kondisi mata merah ini berlangsung lebih dari 1 minggu bahkan sampai belekan dan berair, moms harus segera membawa si Kecil ke dokter karena itu sudah masuk dalam gejala sakit mata yang berat. Takutnya akan menimbulkan sakit mata yang lebih parah lagi.