Baby · MPASI

6 Tanda Bayi Siap MPASI

Memasuki masa MPASI dapat membuat kita sebagai mommy menjadi excited! Tapi sebelum terburu-buru ingin menyuapi si Kecil, kita cari tahu dulu yuk moms, ciri-ciri yang ada pada mereka, apakah mereka memang sudah siap menerima MPASI atau belum?

  1. Bayi Sudah Menegakkan Kepala

Apa sih moms kira – kira hubungannya menegakkan kepala dengan MPASI? Bayi yang sudah mampu menegakkan kepala, berarti kondisi lehernya juga sudah lurus ya moms. Sehingga dengan kondisi tersebut bayi sudah mampu menerima makanan masuk melalui mulut dan tenggorokan kemudian masuk ke pencernaan. Berbeda dengan bayi yang belum menegakkan kepala akan memungkinkan terjadinya tersedak karena kondisi leher bayi belum lurus, melainkan masih tertunduk.

  1. Bayi Sudah Bisa Duduk di High Chair

Ciri – ciri yang kedua ini pasti mommy sudah bisa lihat di keseharian mereka ya moms. Seperti halnya baby Uwi yang dari 4 bulan sudah excited untuk duduk, mommy akhirnya membiasakan baby Uwi untuk duduk di High Chair ketika ingin makan, sekaligus melatih postur tubuh baby Uwi agar tetap tegak dan ia menjadi paham bahwa duduk di High Chair adalah waktunya untuk makan. So, jika si Kecil sudah bisa duduk di High Chair, congratulations moms! Ia sudah siap MPASI!

  1. Bayi Sudah Bisa Buka Mulut Lebar – lebar

Nah, ciri – ciri yang ketiga ini bisa moms perhatikan ketika si Kecil melihat orang sekitar sedang makan bersama, ia akan sangat reaktif dan excited melihat orang lain makan dengan menggunakan sendok dan alat makan lainnya. Dan secara refleks, ia akan membuka mulut lebar – lebar menandakan bahwa ia siap untuk makan. Hal ini merupakan ciri – ciri si Kecil sudah siap MPASI lho moms!

  1. Tertarik dengan Apa yang Kita Makan

Sudah tidak perlu diragukan lagi, jika moms melihat ciri – ciri bayi yang tertarik dengan makanan apapun yang kita makan, bahkan cranky karena menginginkan makanan yang sama, jangan khawatir, itu berarti si Kecil sudah ready untuk MPASI.

  1. Hobi Memasukkan Barang ke Mulut

Ciri yang kelima ini sering kali ditemui oleh para mommy ya, moms. Bagi mommy – mommy yang belum tahu, sebenarnya ciri – ciri ini merupakan tanda lainnya bahwa si Kecil sudah siap MPASI lho moms. Jadi, jika moms menemukan kondisi ini, segera coba berikan menu MPASI untuk si Kecil ya moms!

  1. Perubahan Pola Tidur dan Pola Makan

Kita ketahui bahwa seiring bertambahnya usia si Kecil, maka berubah juga pola tidur dan pola makan si Kecil ya moms. Dengan berubahnya kedua pola tersebut maka, asupan makanan pendamping untuk si Kecil juga sangat diperlukan untuk melengkapi nutrisi ASI atau susu formula. Jadi, ketika si Kecil sudah mengalami perubahan pada pola tidur dan pola makan, bersiaplah untuk mengolah menu MPASI moms!

Itulah keenam tanda bayi siap untuk MPASI moms! Dengan melihat 6 tanda ini, semoga mommy – mommy sudah aware akan perubahan yang ada dan terjadi pada si Kecil ya, moms! Enjoy the video!