Seputar Program Bayi Tabung

Faktor Keberhasilan Bayi Tabung

Hai moms, kembali lagi di #CurcolYukMom, kali ini yang akan mommy bahas adalah bayi tabung. Jadi setelah mommy menjelaskan tentang prosedur bayi tabung, alasan kenapa memilih program bayi tabung serta biaya bayi tabung, dan setelah pernah mengikuti seminar tentang faktor keberhasilan bayi tabung di Summarecon Mall Serpong bersama Popmama, mommy merasa penting banget untuk membagi faktor-faktor apa saja yang membuat tingkat keberhasilan bayi tabung lebih besar. Inilah 5 faktor keberhasilan bayi tabung :

1. Keep Happy

Ini adalah faktor terpenting yang harus diperhatikan, karena menurut penelitian, level stress kita sangat berhubungan dengan tingkat kesuburan, baik pria maupun wanita.

Sedikit pengalaman pribadi mommy ketika mengikuti program bayi tabung pertama, banyak dari teman, keluarga, dan dokter yang mengatakan tidak boleh stress. Tapi karena baru pertama kali melakukan program bayi tabung ini, mommy merasa banyak tekanan dan menjadi stress, yang pada akhirnya saat proses embrio transfer, mommy hanya mendapatkan 3 telur. Tapi untungnya mommy bisa mendapatkan buah hati baby Louisse Scarlett. Berbeda dengan proses bayi tabung ke 2 yang lebih enjoy dan santai dan setelah embrio transfer mendapatkan 17 telur dengan grade 11 excellent dan 6 good. Itulah pentingnya pikiran tingkat happy kita.

2. Jalani sesuai prosedur dari dokter

Setelah kita merasa senang, kita juga harus mengikuti semua prosedur dari dokter. Semua check up dan anjuran dokter harus kita jalankan dengan disiplin karena banyak sekali prosedur bayi tabung yang harus kita ikuti.

3. Olahraga bersama pasangan

Pasangan suami istri harus olahraga bersama agar sama-sama sehat. Jadi bukan hanya istri yang sehat namun suami juga harus sehat agar kualitas sperma juga bagus.

4. Makan makanan sehat

Harus makan sehat ya moms, yang memenuhi gizi dan nutrisi. Ingat ya moms no junkfood. Dan suami istri diharuskan makan telur kampung bagian putihnya saja sebanyak 10 buah dan dimakan 1 bulan sebelum program sampai embrio transfer.

5. Semangat dan Positive Thinking

Jadi kata dokter program ini 50% tingkat keberhasilannya sisanya tergantung Tuhan. Kita harus mengetahui resikonya jadi jika terjadi kasus yang tidak kita inginkan kita sudah bisa menerima dengan lapang dada. Yang penting kita harus terus positive thinking ya moms.

Kalau ditanya poin mana yang paling penting, tentu saja yang pertama. Jika kita happy pasti mempengaruhi banyak hal termasuk tingkat kesuburan kita. That’s all soal bayi tabung, see you di next #CurcolYukMom!