Pregnancy

Fakta-fakta Operasi Caesar

Siapa yang pernah berpikiran bahwa melahirkan normal itu akan sakit sekali sedangkan melahirkan secara caesar itu lebih enak karena kita tinggal dibius, selama 15 menit saja anak kita sudah lahir ke dunia dan kita sebagai ibu tidak perlu merasakan sakit? Mommy sendiri punya teman bahkan saudara-saudara mommy ketika sudah mendekati waktu melahirkan dan ditanya tentang cara melahirkan pasti memilih caesar, karena ya berpikiran seperti itu ya moms.

Kalau mommy sendiri dari dulu sebenarnya ingin melahirkan secara normal, cuma karena baby mommy itu besar, Louisse saat newborn sudah 4kg dan Loewy 4,5kg otomatis sangat tidak disarankan oleh dokter untuk melahirkan secara normal, takutnya di tengah proses melahirkan si baby tidak bisa keluar-keluar dan harus dioperasi caesar malah nambah biaya persalinan lagi jadinya diputuskan untuk caesar saja sekalian.

Lalu apakah benar kalau caesar lebih enak daripada melahirkan secara normal? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut yuk simak beberapa fakta tentang operasi caesar berikut ini :

1. Tetap Melibatkan Vagina

Jadi yang bilang ketika operasi caesar hanya perut saja yang dibedah dan tidak melibatkan vagina, itu salah besar. Mommy 2x operasi caesar, dan ketika mommy sudah masuk ke ruang operasi dan siap untuk ditindak, bagian vagina akan dibersihkan dengan cairan pembersih dan biasanya akan diberikan Betadine. Selain itu rambut bagian kemaluan akan dibotakin habis tujuannya untuk mensterilkan bagian tersebut. Kenapa? Karena biasanya nanti setelah persalinan akan ada darah yang keluar dari vagina tersebut. Dan di bagian saluran kencing kita akan dipasangi kateter moms, walaupun memang enggak sakit ya moms karena kita sudah dibius waktu itu.

2. Perut Berasa Seperti Ditarik

Jadi kebetulan waktu itu mommy operasi caesar dengan anestesi epidural. Anestesi epidural ini di bagian tulang belakang mommy disuntik. Setelah disuntik bagian dada ke bawah mati rasa, walaupun mati rasa ketika dokter sedang melakukan tindakan yaitu membelah perut mommy, mommy bisa merasakan. Apalagi saat proses pengambilan anak, itu berasa banget moms walaupun kita sudah dibius.

3. Seluruh Tubuh Berasa Gemetar

2x operasi 2x juga mommy merasakan gemetaran. Pas masuk ruang operasi, baju kita sudah dibuka kan moms paling hanya sisa kain untuk menutupi bagian atas kita saja, atau dengan kata lain kita sudah setengah telanjang. Dan dalam keadaan seperti itu, ruangan operasi dingin banget moms. Mommy sampai minta agar AC di ruangan dibuat tidak terlalu dingin, tapi suster bilang tidak bisa karena memang itu sudah standar ruangan harus dalam kondisi seperti itu, karena kalau diubah itu akan menyebabkan ruangan jadi tidak steril.

4. Merasa Kedinginan

Walaupun di ruangan operasi sudah diberikan semacam penghangat untuk kita, tetap moms mommy kedinginan. Saking dinginnya seperti mati rasa, mau ngomong susah karena gemetaran.

5. Diberikan Pelunak Feses

Bagian pantat kita akan diberikan pelunak feses karena orang habis operasi caesar, 1 hari kemudian kan sudah boleh bangun tapi untuk bisa BAB itu susah banget. Karena kita tahu sendiri ya moms, kita kan habis operasi, luka operasi masih baru banget, jadi saat kita mau BAB itu susah banget apalagi kalau sampai kita mengejan, itu berasa banget. That’s why nanti setelah kita operasi kita akan dikasih pil untuk dimasukkan ke pantat agar kita mudah BAB nya, dan itu rasanya enggak enak banget apalagi itu dimasukkan oleh suster.

6. Batuk, Bersin dan Tertawa Bisa Menyakitkan Perut

Karena yang namanya abis operasi moms, kan pasti teman, saudara pada datang ya moms pasti ada yang ngajak ketawa dan lain-lain untuk buat kita happy. Pas kita mau ketawa rasanya di bagian perut itu masih nyeri. Jadi kalau dibilang operasi caesar sakitnya hanya pada saat dioperasi itu saja terus selesai, salah banget ya moms. Mommy setelah operasi caesar apalagi yang kedua, itu lumayan berasa ya sakitnya di bagian jahitannya itu moms. Jadi pada saat mau ngomong juga harus hati-hati enggak bisa terlalu besar suaranya, terus kalau ketawa juga enggak bisa seenak biasanya.

7. Vagina Akan Terus Menerus Mengeluarkan Darah

Ini terjadi karena dinding rahim kita sedang menyembuhkan dinding rahim ini sendiri setelah plasenta itu keluar, apalagi ada penurun pada hormon that’s why akan adanya darah keluar dari vagina dan biasanya ini akan berlangsung hingga 1 bulan. Kalau mommy lumayan lama hampir 2 bulan terus ada pendarahan, tapi enggak sebanyak pas operasi jadi sedikit aja. Jadi selama 2 bulan mommy selalu pakai pembalut.

8. Tetap Olahraga

Kata siapa habis operasi caesar boleh tidur-tiduran? No. Habis operasi caesar kita harus bangun, 1 hari setelah operasi kita bangun, berdiri, jalan sana jalan sini. Kenapa? Karena setelah operasi biasanya kateter akan dilepas itu akan membuat kita harus BAK sendiri dan BAB. Dan untuk BAK setelah keteter itu dilepas agak sulit moms. Jadi sangat dibutuhkan kita untuk jalan, olahraga sedikit agar bisa mendorong saluran air kecil kita bisa keluar. Karena kalau misalnya kayak mommy kemarin tidur-tiduran sempat loh 2 hari enggak bisa BAK sendiri. Sekalinya bisa BAK hanya sedikit banget, setelah olahraga baru bisa.

9. Tetap Meninggalkan Luka

Jadi yang namanya operasi caesar walaupun sayatannya enggak terlalu besar tetap akan ada bekas. Jadi itu mungkin bisa hilang setelah bertahun-tahun kemudian ya. Jadi kalau pakai baju you can see agak-agak enggak PD moms.

10. Tetap Skin to Skin dengan Baby

Kita harus tetap berdekatan dengan baby kita agar ASI kita bisa keluar. Namanya sudah operasi caesar itu sudah lumayan capek, dan kita juga harus sudah jalan sana jalan sini untuk olahraga tapi kita juga harus bangun untuk mendekatkan anak bayi kita agar dia bisa menyusu, untuk memacu hormon agar ASI kita bisa segera keluar, karena kalau enggak keluar-keluar kita juga stres.

Nah itu dia fakta-fakta tentang operasi caesar, bukan untuk menakut-nakuti ya moms tapi namanya seorang ibu yang mau melahirkan anak, mau itu secara normal maupun caesar sama-sama sakit kok. Semoga sharing kali ini berguna ya untuk moms semua, sampai jumpa di #CurcolYukMom selanjutnya.