Pregnancy

Tips Hamil Kembar Sehat Sampai Persalinan

Hai moms kembali lagi di sesi #CurcolYukMom. Jadi hari ini mommy khusus membuat video ini untuk menjawab pertanyaan para moms tentang tips tetap sehat selama hamil kembar.

Kalau ditanya hamil kembar happy enggak? Jawabannya jelas happy banget. Hamil 1 anak saja sudah sangat membahagiakan apalagi kalau bisa sampai hamil kembar, bahagianya double ya moms di keluarga kecil kita. Nah tapi moms dibalik kebahagiaan yang mommy dan keluarga rasakan, kehamilan kembar nyatanya adalah kehamilan yang beresiko tinggi. Kenapa? Kehamilan kembar dapat menimbulkan komplikasi kehamilan yang lebih tinggi dibandingkan kehamilan tunggal.

Komplikasinya apa saja?

1. Kelahiran Prematur

Kelahiran prematur ini adalah kelahiran yang terjadi sebelum usia kehamilan lengkap 37 minggu, yang dikarenakan pecahnya air ketuban sebelum 37 minggu ini moms.

2. Berat Badan Bayi Rendah

Jadi berat badan bayi rendah itu biasanya dialami oleh baby-baby yang mengalami kelahiran prematur yang berat badannya itu kurang dari 2,5kg. Sehingga biasanya berat badan bayi yang rendah ini akan mengakibatkan komplikasi pada organ tubuh baby seperti pada pendengaran, penglihatan dan organ tubuh lainnya. Kenapa bisa begitu? Karena organ-organ tubuhnya itu belum berkembang dengan sempurna

3. Fetal Demise

Fetal demise ini adalah kondisi dimana kematian janin secara mendadak di dalam kandungan. Biasanya ini bisa terjadi pada 1 baby atau bayi kembarnya sekaligus.

Cukup bikin kita deg-degan ya moms mendengar adanya kemungkinan komplikasi yang bisa terjadi pada kehamilan bayi kembar. Dan tentunya kira para moms enggak mau dong sampai komplikasi yang tadi disebutkan di atas itu terjadi pada masa kehamilan kembar kita. Berikut ada beberapa tips untuk kehamilan kembar supaya tetap sehat versi mommy :

1. Makanan dan minuman bernutrisi tercukupi

Jadi moms banyak yang bilang kalau hamil kembar itu makannya harus 2x lebih banyak porsinya dari pada hamil tunggal, benar enggak sih? Dari pengalaman mommy sendiri, sempat mommy makan banyak banget, pas habis makan perut enggak enak, begah, susah BAB dan kontraksi sedikit. Karena memang hamil kembar itu mudah sekali mengalami susah BAB, mudah kontraksi dan begah karena perutnya penuh moms.

Nah dari dokter sendiri menyarankan kepada mommy kalau bisa karbohidrat dihindari lebih bagus perbanyak sayur, daging sebagai kalorinya. Jadi ibu hamil kembar biasanya membutuhkan penambahan kalori itu sebanyak 600 kalori dari makanan sehari-harinya. Dan itu sekali makan enggak boleh langsung banyak moms, kita disarankan untuk membagi porsi makan kita 1 hari 6x makan.

Jadi kita makan, sedikit demi sedikit tapi sering, banyakin sayurnya, daging, buah dan sering makan cemilan. Cemilannya juga bukan yang mengandung micin moms tapi yang sehat-sehat aja seperti susu, telur, keju, daging sapi, sayur-sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, pokoknya semua makanan yang kaya akan vitamin dan protein yang bagus untuk ibu hamil dan janin.

Tapi moms ternyata makanan yang bernutrisi aja enggak cukup, minuman enggak kalah pentingnya. Ibu hamil jangan sampai kurang minum karena bisa menyebabkan dehidrasi. Jadi kalau untuk minuman sendiri mommy juga enggak sembarangan pilih ya moms, apalagi air minum yang kita konsumsi setiap hari.

Selama kita hamil volume darah kita meningkat jadi otomatis minuman itu penting banget jangan sampai kita dehidrasi, tapi jangan sampai kita minum minuman yang sembarangan juga. Jadi mommy mempercayakan untuk air yang mommy konsumsi setiap hari adalah air mineral dari Le Minerale.

Kenapa Le Minerale? Jadi moms, air yang berasal dari sumbernya aja itu enggak cukup kalau sampai kemasannya itu enggak terproteksi. Karena Le Minerale itu mommy paling suka sama kemasannya yang terproteksi. Kita bisa lihat dari galon Le Minerale selalu berwarna bening dan tutup ulirnya kedap udara, sehingga mineral pada kandungan Le Minerale itu aman sampai ke tangan kita.

Semua kemasan air mineral Le Minerale itu sudah BPA Free sehingga aman untuk dikonsumsi dan digunakan oleh anak-anak. Untuk botol susu anak saja selalu kita cari yang BPA Free apalagi untuk air mineral yang kita konsumsi setiap hari itu penting loh moms.

2. Jaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal pada saat hamil apalagi hamil kembar itu penting banget. Jangan sampai berat badan kita kekurangan atau kelebihan karena untuk menjaga kesehatan si ibu dan janin agar tetap sehat sampai persalinan. Nah untuk berat badan yang ideal bagi ibu hamil kembar itu kenaikannnya dari 17-25kg. Nah mommy sendiri sekarang sudah usia hamil 6 bulan mommy sudah naik 10kg nih moms.

3. Tetap Bergerak

Mommy akui hamil kembar beda banget sama hamil tunggal. Dari segi kenaikan berat badan lebih cepat naik, lalu perutnya lebih cepat besar, yang ada bawaannya lebih capek, otomatis ibu hamil kembar bawaannya malas gerak. Pengennya tidur aja. Tapi moms, dari dokter mommy sendiri itu selalu menyarankan ibu hamil kembar tidak disarankan untuk bed rest atau berbaring terus menerus jika tidak ada komplikasi.

Bahkan ada riset yang mengatakan ibu hamil kembar yang kerjanya bed rest terus akan membuat kesehatan janin terganggu. Berbeda halnya dengan ibu yang selalu bergerak, jarang bed rest itu akan melahirkan bayi lebih sehat moms.

Nah kalau dari pandangan mommy sendiri selama 6 bulan mommy menjalani kehamilan kembar ini mommy terus aktivitas, mommy terus bikin konten, mommy terus bergerak, buat mommy itu sudah kayak olahraga. Jujur kalau ditanya hamil kembar itu berat banget, menyiksa banget memang moms. Tapi dengan mommy terus bergerak, mommy kerjanya enggak bed rest terus, mommy merasa kehamilan kembar ini jadi happy moms. Jadi yang awalnya menyiksa jadi happy. Enggak terasa mommy sendiri sudah mau jalan ke usia 7 bulan.

4. Jangan Stres

Stres itu akan memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan ibu dan janin. Stres dapat membuat sistem kekebalan tubuh seorang ibu jadi lemah dan yang ada mudah sakit. Bayangin deh moms kita stres, sudah ibu hamil kembar susah tidur, stres, makin susah tidur yang ada kita enggak tidur, daya imun kita melemah, mudah terserang kuman penyakit dan jadinya sakit. Kita enggak mau seperti itu kan moms? Otomatis stres akan membuat dampak buruk untuk kesehatan janin dan ibunya nih moms.

Jadi usahakan walaupun kita sedang hamil mau itu hamil tunggal maupun hamil kembar jangan pernah stres. Bawanya enjoy aja, happy aja, keep positive thinking. Memang moms mommy akui, bicara itu mudah tapi moms percaya kata-kata itu doa, dengan kita terus mengatakan kita harus keep positive thinking mengeluarkan kata-kata yang positif, otomatis pikiran kita akan terpenuhi dengan hal-hal yang positif dan nanti bawaannya jadi happy moms. Dan tentunya kita juga membutuhkan dukungan dari orang-orang sekitar kita, terutama suami dan keluarga kita.

5. Periksa Kehamilan Secara Rutin

Rutin untuk ke dokter dan mematuhi nasihat dokter itu penting ya moms. Karena dengan begitu kita bisa mendeteksi apabila ada masalah selama masa kehamilan kita dan kita bisa mencari solusi dan mengobatinya.

Nah itu 5 tips dari mommy untuk para ibu hamil kembar, untuk bisa sehat-sehat saja menjalani kehamilan kembar sampai masa persalinan. Semoga bermanfaat!