Fakta-Fakta · Kesehatan

Dilarang Keramas Setelah Melahirkan : Mitos atau Fakta?

Mommy itu seminggu setelah lahiran sudah langsung mandi dan keramas. Di kehamilan pertama dan kedua sama-sama 1 mingguan setelah lahiran langsung mandi dan keramas, enggak pakai lama. Kata mama dan mertua kalau bisa tahan 40 hari jangan mandi dan keramas, setelah lewat 40 hari baru mandi dan keramas, biar enggak kena penyakit apalagi pas tuanya nanti rematik.

Sebenarnya banyak sekali pro dan kontra soal mandi dan keramas setelah melahirkan. Kalau misalnya yang masih mengikuti tradisi dulu apalagi yang orangtuanya masih kental banget tradisinya, pasti kita dilarang mandi dan keramas setelah lahiran selama 40 hari. Sebenarnya ini mitos atau fakta sih moms mandi dan keramas belum genap 40 hari setelah melahirkan dapat menyebabkan sakit? Jawabannya adalah mitos.

Kalau dibilang sudah tua jadi sakit-sakitan gara-gara kita keramas atau mandi sebelum 40 hari setelah melahirkan itu salah. Mommy pun sudah ngecek karena mommy di jaman yang serba modern saat ini jamannya dimana butuh bukti. Banyak sekali tradisi-tradisi jaman dulu yang melarang kita beberapa hal termasuk melarang kita untuk mandi dan keramas sebelum 40 hari setelah melahirkan. Itu sampai hari ini enggak ada bukti konkretnya dan faktor pendukung untuk soal itu, that’s why para ahli kedokteran bahkan dokter sendiri mengatakan bahwa itu salah.

Jadi kalau dari dokter sendiri, untuk ibu yang melahirkan secara normal itu harus menunggu luka di bagian vaginanya mengering baru boleh mandi, itu biasanya butuh waktu 1-2 minggu setelah melahirkan. Nah kalau untuk kasus operasi sesar, kita diperbolehkan mandi biasanya dari dokter 48 jam atau 2 hari setelah kita melahirkan. Kalau misalnya baru saja selesai operasi sesar atau melahirkan secara normal boleh enggak mandi? Enggak ya moms.

Kenapa? Ya namanya kita baru selesai operasi moms, baru lahiran, itu semua luka masih baru banget, luka jahitan juga masih basah banget dan masih belum kencang banget moms. Dan kita sendiri aja belum diperbolehkan untuk berdiri moms, masih harus baring-baring. Baring-baring aja perut masih sakit, apalagi mandi. Jadi sangat-sangat tidak diperbolehkan setelah baru saja selesai melahirkan kita langsung mandi. Biasanya untuk kasus operasi sesar seperti mommy, mommy pagi operasi sampai 2 hari setelahnya baru mulai mandi kalau di rumah sakit.

Jadi biasanya pasien yang normal dengan kondisi yang sehat, tidak ada catatan komplikasi, diperbolehkan besoknya mandi. Tapi kalau misalnya pasien-pasien yang memiliki komplikasi, biasanya akan dilarang oleh dokter dan menunggu instruksi dokter selanjutnya.

Untuk mommy sendiri, memang mommy diperbolehkan untuk 2 hari kemudian mommy mandi setelah melahirkan, cuma mommy mikir yaudahlah kalaupun mommy enggak sanggup nunggu 40 hari, minimal lebih lama sedikit jangan 2 hari setelah operasi langsung mandi, maka dari itu mommy tahan sampai 9 hari. 9 hari mommy full enggak mandi dan keramas. Padahal mommy itu tipenya lepekan, bayangin dong moms itu rambut sudah kayak pakai minyak rambut, jorok banget. Dan akhirnya 9 hari kemudian mommy mandi dan keramas.

Cici ipar mommy yang masih keturunan China asli, mereka masih kental banget dengan tradisi ini, mereka benar-benar enggak mandi dan keramas selama 40 hari, alhasil rambutnya banyak banget ketombe, dan setelah sudah dikeramas setelah 40 hari rontoknya luar biasa. Badannya sih enggak begitu bau ya moms soalnya masih pakai washlap di lap, cuma untuk soal rambut enggak banget moms. Mommy aja yang 9 hari baru mandi dan keramas rontoknya juga banyak apalagi ini yang 40 hari.

Kalau kita lihat dari sisi kesehatan rambut aja ya moms, kalau kita diamkan terlalu lama apalagi yang tipe rambutnya minyakan dan ketombean yang ada nantinya kita membuat sarang penyakit. Bayangkan deh moms kita pegang baby newborn kita, kita menyusui, entar ketombe jatuh, kuman jatuh dari rambut, baby kita terinfeksi dong.

Nah makanya dari dokter sendiri juga menyarankan kepada pasien harus menjaga kebersihan badan, rambut dan seluruh tubuh karena kan nanti kita sebagai new mommy apalagi yang baru punya newborn baby, kita kerjaannya nempel terus ke si Kecil kalau misalnya kitanya kotor, baby kita gampang terinfeksi dong moms, that’s why kebersihan seorang ibu yang memiliki newborn baby sangat penting dan soal untuk mandi dan keramas ini juga sangat dianjurkan oleh dokter.

Saat mandi dan keramas ini, ingat jangan pakai air dingin ya moms tapi pakai air hangat pas, terus usahakan bagian luka bekas operasi kita jangan terkena air. Kalaupun sampai terkena air dan perban kita jadi basah langsung buru-buru ke rumah sakit untuk minta diganti perbannya yang baru biar nanti enggak jadi infeksi di bagian lukanya.

Kalau keramas ya seperti biasa aja moms, ingat jangan pakai air dingin tapi air hangat saja. Semoga ini bisa membantu para new mommy. Dan ingat kebersihan seorang ibu itu juga sangat penting apalagi kita harus dekat-dekat dengan newborn baby kita.