Ibu Menyusui

Cara Selamatkan ASI Perah Saat Mati Lampu

Hai para pejuang ASI, apa kabarnya? Nah moms seperti yang kita ketahui Jakarta pernah menjadi salah satu trending topic dunia karena mati lampu. Se Jabotabek semuanya mati lampu, selain sudah mati lampu kita juga no sinyal sama sekali, benar-benar kita enggak bisa akses internet, enggak bisa hubungi siapapun. Jadi kita berasa kayak di jaman batu lagi, jaman dimana kita belum memiliki listrik, tidak memiliki penerangan dan tidak memiliki alat komunikasi untuk berkomunikasi dengan satu sama lain, enggak bisa main sosial media, ibu-ibu juga susah mau masaknya pokoknya ribet moms.

Lalu bagaimana dengan para pejuang ASI?

Ini menjadi salah satu trending topic juga untuk para ibu menyusui terutama. Lalu ketika mati lampu pikiran kita cuma 1 yaitu ASI ku bagaimana? Nanti ASInya mencair semua dan enggak bisa diberikan ke baby lagi dong karena stok ASI menipis. Jadi itu adalah kekhawatiran ibu menyusui di seluruh dunia terutama bagi mereka yang daerahnya mati lampu seperti di Jakarta.

Bagaimana caranya untuk kita bisa tahu ASI kita masih layak diberikan ke si Kecil atau tidak?

Seperti yang sudah mommy bahas sebelumnya tentang penyimpanan ASI, ASI di dalam suhu ruangan tidak di dalam kulkas dan lain-lain ya moms dengan suhu 23 °C dapat bertahan 4-5 jam. Jadi kalau kita habis memerah ASI dan kita taruh di ruangan 4-5 jam itu masih oke. Lalu kalau misalnya ASI yang kita taruh di dalam kulkas itu biasanya akan bertahan 4-5 hari dan penyimpanan di freezer biasanya akan bertahan 3-6 bulan kalau tidak mati lampu ya moms.

Jadi ketika mati lampu apa yang harus kita lakukan agar ASI kita tetap bisa bertahan lama dan masih tetap bisa digunakan?

1. Jangan terlalu sering membuka kulkas

Kalau misalnya mati lampu kita para pejuang ASI pasti worry ASI kita sudah mencair atau belum ya. Jadi kerjaannya apa? Buka-buka kulkas terus. Stop. Jangan lakukan itu demi ASI dapat bertahan lebih lama, karena kalau kita buka-tutup kulkas terus entar yang ada suhu di dalam ruang freezer atau kulkas itu keluar dan itu malah akan mempercepat proses mencairnya ASI kita.

Seperti waktu itu, kejadian mati lampu 12 jam, mommy punya stok ASI di Cengkareng sama di PIK. 12 jam berlalu mommy enggak buka-buka itu freezer terus pas nyala lampunya mommy baru buka freezer. Pas mommy lihat, ASI mommy itu memang sudah mencair tapi apakah itu sudah enggak bisa digunakan dan harus dibuang? No. ASI kita yang tadinya beku ini sudah ada yang mencair kan pasti moms, tapi kita harus lihat di bagian ASI yang mencair itu apakah masih ada yang beku.

Jadi yang bekunya juga bukan sedikit tapi masih lumayan banyak, nah itu masih bisa dibekukan lagi, masih bisa ditaruh di freezer lagi, bisa disimpan 3-6 bulan dan bisa digunakan kembali moms. Kalau misalnya ASI yang di freezer itu sudah mencair semua itu bagaimana? Jadi ASI yang sudah mencair semua di dalam freezer itu harus kita gunakan dalam jangka waktu 24 jam sudah harus dikonsumsi, kalau lewat dari 24 jam itu sudah harus dibuang alias ASI itu sudah basi enggak layak lagi diberikan ke baby.

2. Manfaatkan Ice Gel

Ice Gel itu biasanya dapat membuat suhu di dalam ruangan kulkas yang dingin bertahan lebih lama. Jadi yang harus kita lakukan adalah kita taruh ice gel di sekeliling ASI yang kita simpan di freezer, maka itu dapat membantu memperlambat proses mencairnya ASI.

Terus kalau mommy sendiri sih kemarin ASI mommy sudah ada yang mencair cuma masih ada bagian yang bekunya, jadi mommy taruh lagi di freezer. Tapi setelah mommy pikir, mommy masih bisa stok ASI lagi yang baru, dan stok ASI yang baru mommy taruh lagi di freezer sedangkan ASI yang di freezer mommy keluarkan dan langsung kasih ke baby Loewy sebelum 24 jam.

Walaupun memang sebenarnya masih bisa digunakan dan ditaruh freezer kembali cuma kalau memang kita masih bisa memberikan baby kita yang lebih fresh kenapa enggak. Jadi yang di freezer yang memang sudah mencair kita kasih aja ke baby kita, toh kita masih bisa stok.

Lain halnya dengan ibu-ibu yang sedang bepergian ke luar negeri atau ke luar kota yang sudah capek-capek stok ASI nya, itu enggak ada masalah sama sekali yang penting ASI itu masih ada yang beku, masih bisa digunakan lagi. So don’t worry, intinya jangan buka-buka kulkas, biarin aja. Nanti kalau listrik sudah nyala baru deh buka untuk liat ASI nya itu cair atau enggak. Kalau memang sudah cair semua yaudah kan masih ada waktu 1 hari untuk kasih ke baby kita.

Nah itu dia tips dari mommy bagaimana cara menyelamatkan ASI ketika mati lampu, semoga bermanfaat.