Fakta-Fakta

Fakta Negara China : Mulai dari Teknologi Canggih tanpa Uang Cash sampai Mobil Listrik!

Setelah mommy pulang kampung dari China tepatnya di Fuqing selama 3 minggu akhirnya mommy bisa merangkum beberapa fakta tentang China. Nah ini adalah beberapa fakta yang perlu kita ketahui sebelum kita pergi ke China :

1. China Memiliki 4 Musim

Seperti yang kita ketahui ya moms 4 musim tersebut adalah musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Tapi ada beberapa daerah seperti Guangzhou dan Shenzhen yang mommy ketahui setelah mommy pergi ke sana, bahwa Guangzhou dan Shenzen saat kota lain di China sedang musim dingin yang biasanya akan berlangsung 3-4 bulan, di Guangzhou dan Shenzhen biasanya akan merasakan musim dingin lebih sebentar tiba yaitu sekitar 1 bulan. Selanjutnya akan tetap dingin tapi tidak terlalu dingin dan lama kelamaan akan panas.

Kalau misalnya musim panas sudah tiba, khusus untuk daerah Guangzhou dan Shenzhen itu panasnya luar biasa. Bisa sampai 45 °C. Sedangkan untuk musim dingin ada beberapa daerah di China kalau sudah tiba musim dingin itu akan dingin banget salah satunya di Harbin dengan suhu bisa mencapai -30 °C.

2. Orang-orangnya

Kalau kita tahu selama ini orang-orang China itu sombong, tapi sebenarnya orang-orang China ini ya seperti orang-orang lain di seluruh dunia, ada orang baik, ada yang kurang baik, ada yang sombong, ada yang ramah. Jadi sama, kalau kita ketemu di China sama orang yang sedikit sombong ya sombong kalau kita ketemu sama orang yang ramah ya ramah banget. Jadi enggak bisa kita ngejudge bahwa orang yang punya uang itu yang sombong. Itu salah ya moms. Jujur mommy itu malah terharu, karena mommy punya teman beberapa yang memang berduit di China tapi mereka ramah banget. Jadi intinya adalah tergantung dari orangnya lagi.

3. Makanan

Kalau untuk makanannya jangan takut, kita itu enggak perlu takut makanan di sana itu enggak enak karena kalau kita orang Indonesia kita rata-rata pasti suka chinese food ya moms. Bagaimana untuk makanan halalnya? Memang itu agak sedikit susah nyarinya karena memang di China itu makanan utamanya adalah pork, that’s why permintaan untuk daging pork itu banyak banget dan daging pork tersedia sangat banyak dan sangat murah.

Jadi jangan kaget, kalau misalnya mommy ke Fujian China itu makan 1 mangkok pangsit isi pork cuma RMB 5 atau sekitar Rp. 10.000 doang. Murah banget kan? Ya sama lah kayak di Indonesia, rata-rata pada makannya chicken jadi apapun yang berhubungan dengan chicken biasanya murah-murah. Di China makanannya juga enggak semuanya enggak pedas kok moms. Jadi orang China itu sendiri ada beberapa daerah yang mengonsumsi makanan pedas salah satunya Sichuan dan Fuqing jadi cocok banget untuk lidah orang Indonesia.

4. Tourism

Di China itu besar banget dan memang untuk soal wisata China itu paling menang dengan pemandangannya seperti gunung, lautan, pokoknya apapun yang berbau dengan alam. So far mommy benar-benar suka banget sih ke China karena ada beberapa daerah yang mommy kunjungi kayak kemarin itu Putian di China yang sudah pernah mommy share ceritanya juga, itu lucu banget, bunganya banyak banget sudah kayak di Jepang, sudah enggak perlu pergi jauh-jauh lagi ke Jepang. Kalau soal gunung di China juga punya loh, seperti gunung Everest di Tibet. Pokoknya kalau untuk tourism enggak perlu takut enggak ada tempat main di China, apapun bisa jadi tempat main. Dan kebanyakan tourismnya yang membuat kita relax.

5. Pusat Perdagangan Dunia

Jadi buat kalian yang mungkin mau coba-coba cari pekerjaan, coba awal-awal usaha, import barang dari China biasanya orang-orang akan langsung pergi ke China untuk cari-cari pabrik, karena di China itu seperti kita ketahui sendiri, hampir semua barang yang kita gunakan made from China. Apapun dari China itu biasanya harganya murah-murah tergantung dari permintaan customer. Di China itu pabriknya banyak banget apapun yang kita mau dengan kualitas apapun yang kita mau dan harga berapapun yang kita mau itu kita bisa dapat. Jadi untuk orang-orang yang baru mau mulai usaha biasanya akan langsung ke China dan cari-cari ide dan siapa tahu bisa dapat lapangan pekerjaan baru.

6. Udara yang Cukup Kotor

Karena pabrik di China sangat banyak maka dari itu polusi udara di China juga sangat tinggi. Salah satu daerah dengan tingkat polusi udaranya tinggi adalah Shenzhen, udaranya benar-benar kotor banget. Terbukti saat mommy ke sana waktu itu, hidung mommy itu rasanya sudah enggak enak, apalagi baby Loewy kulitnya udah iritasi, merah-merah. Terus untuk polusi airnya juga tinggi ya moms, katanya di Guangzhou dan Shenzhen airnya itu sudah kuning banget, saking kotornya.

7. Kendaraan Listrik

Tapi yang perlu kita ketahui walaupun pemerintah China sudah tahu udara di beberapa daerah itu kotor banget pemerintah China juga pinter banget. Kenapa? Soalnya mereka akan memperbaikinya dengan menggunakan apapun yang ramah lingkungan. Jadi pemerintah China mulai mengeluarkan peraturan baru untuk menggunakan kendaraan listrik, jadi enggak pakai lagi bensin maupun solar.

Bahkan mobil listrik di China itu juga disupport oleh pemerintah China. Mobil listrik yang mereka gunakan itu adalah buatan China sendiri, harganya juga murah-murah banget kayak model Alphard aja dan malah lebih besar itu cuma 300jt doang di China. Dan untuk isi charger mobil juga murah banget di China. Kalau bensin solar kan biasa sudah mahal banget kalau di China. Dibandingkan di Indonesia, China lebih mahal. Tapi dengan adanya support dari pemerintah untuk mengeluarkan kendaraan listrik itu untuk cas mobil listrik biayanya cuma 250 perak per kilometer.

8. Uang Digital

Dan yang paling nice nya lagi di China itu ternyata mata uang China yang fisik sudah enggak kepakai lagi, apa-apa sudah serba digital. Bahkan mereka hanya perlu scan muka doang. Itu sama, untuk pengemis, tukang parkir itu semua pakai digital. Jadi mereka di sana sudah enggak pakai uang cash lagi.

9. Ekonomi dan Teknologi

Untuk soal ekonomi dan teknologi, China the best. Salah satu teknologi yang terbaru adalah handphone Huawei, mereka bahkan mengklaim bahwa Huawei itu akan mengalahkan Iphone. Karena Huawei aja untuk soal kameranya aja bisa memotret sesuatu dari jarak 50x zoom tapi dengan sangat jelas hasilnya. Dan mommy sudah membuktikan antara Iphone dengan Huawei. Kalau mau beli apapun juga murah di China.

That’s why kalau pulang dari China bawaannya pasti banyak banget karena murah-murah barangnya dan unik-unik. Cuma tetap harus hati-hati ya moms karena katanya banyak produk yang palsu untuk makanannya. Jadi kalau untuk makanannya kurang rekomen beli di China.

Segitu dulu fakta-fakta tentang China yang bisa mommy share hari ini. Semoga dapat menambah pengetahuan moms semua.