Uncategorized

Esensi Perayaan Hari Anak Internasional

Kita sering banget dengar tentang hari ibu dan hari ayah iya enggak moms? Tapi ternyata hari anak itu ada loh moms, dan mommy juga baru tahu karena saudara menanyakan kepada mommy mau pergi kemana saat hari anak. Mommy kaget kok ada hari anak, mommy enggak pernah dengar. Ya kita di Indonesia yang sering heboh itu hari ibu, hari ayah sampai ngepost di sosmed tentang ibu dan ayah. Nah sedangkan untuk hari anak sendiri, mommy enggak pernah tahu.

Terus 1 Juni 2019 ini mommy baru tahu ternyata itu adalah tanggal merah di negara China. Jadi di negara China ini sendiri untuk hari anak itu sudah kayak hari besar. Hari anak adalah hari dimana orangtua membawa anak-anaknya pergi jalan-jalan, beraktivitas di luar. Dan kebetulan saat itu mommy sedang ada di China, jadi mommy bisa menyaksikan besarnya antusias masyarakat menyambut hari anak.

Kenapa bisa muncul hari anak?

Jadi ini pertama kali disahkan di forum Women’s International di Moscow tahun 1949. Kenapa dibuat hari anak? Soalnya kita sebagai orangtua, baik ayah dan ibu pasti mau bekerja memenuhi kebutuhan rumah tangga sehingga sering kali yang namanya waktu untuk anak enggak ada. Nah makanya kenapa ini dibuat 1 hari ini adalaha hari anak. Karena banyak banget ibu dan ayah yang terlalu sibuk kerja, anaknya main gadget, nonton tv, orangtua enggak nemenin, orangtua enggak kasih perhatian lebih kepada anaknya. That’s why kenapa ada hari anak internasional pada 1 Juni.

Nah saat mommy di Fujian bertepatan dengan hari anak pada 1 Juni 2019 itu seru banget. Jadi di hari itu ramai banget yang biasanya Fujian itu sepi banget, mobil jarang, tapi di hari anak itu ramai banget sampai macet total. Di Fuqing tempat mommy tinggal itu ada salah satu destination yaitu mall Wan Da itu cukup terkenal dan cukup besar. Karena untuk Wan Da ini sendiri juga paling famous di Fujian. Jadi rata-rata para moms dan dads akan bawa anaknya pergi wisata Wan Da mall ini. Kebetulan mommy juga pergi ke sana.

Jadi di hari anak itu adik ipar sudah beli tiket untuk nonton doraemon sama anak, pas jamnya nonton doraemon baby Louisse tidur jadi terpaksa mommy sama daddy aja berdua yang nonton. Cuma yang mommy rasakan itu auranya, di sana itu ramai banget anak-anaknya, orangtua semua bawa anaknya pergi jalan-jalan. Jadi para orangtua membawa anak-anaknya untuk beraktivitas, karena biasanya di hari anak itu apalagi di negara China banyak banget kegiatan entah itu lomba, di mall juga banyak promo yang berhubungan dengan anak entah itu baju anak, makanan anak bahkan ada kemarin mommy pas ngantri, bagi orangtua yang bawa 3 anak beli 1 gratis 3. Jadi dimana-mana itu ramai, ngantri karena banyak promo gede-gedean di hari anak.

Selain itu mommy juga lihat banyak banget parade anak, lomba anak-anak, seru sih lucu. Jadi moms untuk moms dan dads yang enggak tahu ada hari anak internasional jadi tahu setelah mommy sharing cerita ini ya. Dan pesan dari mommy adalah memang hari anak ini dibuat dimana 1 hari lah minimal dalam 1 tahun orangtua punya waktu sama anaknya untuk beraktivitas bersama. Nah saran dari mommy adalah kita sebagai orangtua mau sesibuk apapun, coba luangkan waktu pada anak kita mungkin habis kerja 1/2 jam walaupun badan capek kita luangkan pikiran dan perhatian pada anak kita karena sebenarnya anak kita butuh perhatian. Mau lihat keseruan hari anak di China? Yuk klik video berikut ini!