Motherhood

Tips Mengajarkan Rasa Nasionalisme kepada Anak Sejak Dini

Hari ini mommy pengen banget sharing bagaimana cara kita untuk mengajarkan rasa nasionalisme pada anak sejak dini.

Jadi pada tanggal 17 Agustus 2019 lalu di sekolah baby Louisse mengadakan berbagai lomba, nah baby Louisse ikut serta dalam lomba. Baby Louisse ikut lomba makan kerupuk, juga ada main-main bendera, dikasih balon merah putih. Dan ibu-ibunya juga ada lomba yaitu masukin pensil ke dalam botol dan lain sebagainya.

Memang acaranya simple ala lomba 17an pada umumnya tapi yang mommy rasain adalah bahwa sekolah menjadi salah satu perantara yang mengajarkan bagaimana anak kita untuk bisa mencintai bangsa kita sendiri yaitu bangsa Indonesia lewat memperingati hari kemerdekaan dengan mengadakan lomba seperti ini moms.

Nah berangkat dari cerita di atas mommy mau membagikan 4 cara bagaimana menanamkan rasa nasionalisme pada anak sejak dini :

1. Mengajarkan Anak Bersikap Positif dan Selalu Optimis

Salah satu contohnya, banyak banget kan kayak sekolah-sekolah atau kita bahkan di rumah kalau misalkan anak kita takut akan sesuatu terkadang kita suka banget menyalahkan dan membandingkan dengan anak-anak yang lain. Nah jadi kita seharusnya jadi orangtua yang menjadi salah satu orang yang paling penting untuk memberikan support kepada anak kita dalam memberikan bagaimana anak kita untuk tetap bersikap positif walaupun memang itu hal yang menakutkan buat dia, tetapi kita mengajarkan bahwa itu tidak apa-apa, tidak ada yang perlu ditakutkan bukannya malah membandingkan yang akhirnya menimbulkan pikiran yang negatif pada anak. Pelan-pelan kita setiap hari memberitahu kepada anak kita hal positif tersebut agar anak menjadi tidak penakut dan optimis. Jadi mengajarkan untuk selalu bersikap optimis itu penting ya moms.

2. Menghargai Perbedaan

Walaupun teman-teman di sekolah si Kecil berbeda-beda entah dari bahasanya, warna kulitnya dan lain sebagainya kita tetap harus saling menghargai. Salah satunya mommy sering lihat di sekolah ada anak yang pintar ada anak yang kurang pintar, yang kurang pintar itu sering banget dibilang bodoh dan dibandingkan. Nah hal tersebut juga harus kita hindari moms, walaupun si anak itu kurang pintar dalam satu hal mungkin dia pintar dalam hal lainnya, jadi it’s okay semua orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita tetap mengajarkan pada anak kita untuk enggak perlu membeda-bedakan.

3. Menyanyi Lagu Kebangsaan

Jadi kita mengajarkan anak kita untuk menyanyikan lagu-lagu kebangsaan Indonesia seperti lagu Indonesia Raya, Maju Tak Gentar dan masih banyak lagi. Dan satu lagi kalau untuk mommy ya moms walaupun baby Louisse bisa berbicara bahasa mandarin, untuk anak seusianya sudah lancar, mommy tetap tidak lupa untuk mengajarkan dia berbicara dalam bahasa Indonesia moms.

4. Mencintai Produk Dalam Negeri

Nah kalau keluarga mommy sendiri cukup suka sama batik, karena batik itu adalah salah satu ciri khas dari bangsa Indonesia dan tentunya kalau misalnya ada produk import tetapi ada produk lokal dalam negeri yang lebih baik kenapa kita enggak lebih pilih yang dalam negeri saja apalagi lebih murah juga.

Nah itu dia 4 tips bagaimana mengajarkan rasa nasionalisme pada anak sejak dini dari mommy, semoga bermanfaat.