Fakta-Fakta

15 Fakta tentang Sydney Australia

Hari ini mommy mau bahas 15 fakta yang harus kalian ketahui sebelum kalian ke Sydney Australia. Jadi seperti yang kalian tahu mommy sempat berlibur ke Sydney Australia selama 16 hari dan ini adalah kunjungan ke-4 mommy ke Australia. Nah fakta apa saja sih yang harus kita ketahui sebelum kita ke Sydney Australia?

1. Sydney Memiliki 4 Musim

Musim semi, panas, gugur dan dingin. But musim di Sydney itu bertolak belakang dengan benua Eropa. Kalau di Eropa bulan Desember akan winter, di Sydney lagi panas-panasnya. Kalau di Sydney di bulan Juni-Agustus lagi dingin, di Eropa lagi panas-panasnya. So, buat kalian yang mau liburan ke Sydney jangan sampai salah kostum ya.

2. Pejalan Kaki Menyebrang Harus Memencet Tombol

Jadi di Sydney para pejalan kakinya sebelum menyebrang biasanya akan mencet tombol dan itu ada lampu merah, hijau untuk pejalan kaki. Kalau kita mau nyebrang kita pencet dulu tombolnya sampai lampu merahnya berubah jadi hijau kita baru jalan. Yang perlu kita ketahui pejalan kaki di Sydney pada taat aturan loh moms, jangan sampai kita orang Indonesia enggak taat aturan ya kalau di sana.

3. Opal is Your Traveling Card

Jadi kalau kalian sampai di Sydney, kalian mau naik transportasi umum enggak bisa yang namanya pakai cash. Kalian harus punya yang namanya Opal Card. Cara untuk mendapatkannya tinggal beli di supermarket, apapun supermarketnya. Opal card itu free, jadi kalian enggak perlu bayar biaya untuk opal cardnya sendiri. Kalian cukup top up minimal AUD 10.

4. Check In Apartemen Menggunakan Sistem Self Service

Jadi mommy sebelum ke Sydney, mommy memesan apartemen via Airbnb dan itu banyak banget yang disewa dengan berbagai macam harga. Setelah mommy memesan via Airbnb biasanya akan langsung ada instruksi selanjutnya. Menurut mommy seru sih moms.

5. Jangan Bawa Barang Aneh

Jadi mommy punya pengalaman waktu kunjungan mommy ke Sydney ke-2 bersama teman-teman mommy, jadi mama temannya mommy bawa sambal mentah sama terasi. Terus di custom Sydney di airportnya kita enggak boleh lewat. Di kopernya diperiksa karena ada terasi. Yang ada ujungnya kita harus bayar denda sebesar AUD 100. So, jangan bawa barang aneh, mentah dan cepat basi itu sangat dilarang di Sydney.

6. Kurs Dollar Australia Rp. 10.000

Buat kalian yang mau prepare untuk traveling ke Sydney ingat kurs AUD nya ya.

7. Makanan Start from AUD 12

Walaupun dengan harga yang segitu mahal tapi porsinya besar banget dan dijamin pasti kenyang. Biasanya kalau mau mau hemat, mommy dulu di kunjungan pertama dan kedua mommy sharing dibagi 2 sama teman mommy dan itu kenyang kok karena porsinya besar. Apalagi buat kalian para wanita yang mau kurus, sekalian hemat ya.

8. Waktu Sydney – Jakarta Lebih Cepat 3 Jam

Buat kalian yang mau traveling ke Sydney harus sudah mulai prepare. Jadi kalau di Jakarta itu jam 6 di Sydney sudah jam 9 pagi, jadi lebih cepat 3 jam di Sydney.

9. Tax Refund 10%

Tax Refund – Australia – wooden letters with keyboard, money and calculator

Kalian yang mau traveling ke Sydney, kalian bisa beli barang apapun entah itu handphone, kosmetik, oleh-oleh dan yang lainnya itu ada tax refund 10%. Kalau misalnya kalian beli kosmetik atau souvenir dengan kalian belanja minimal AUD 300 kalian bisa mendapatkan tax refund 10%. Dan untuk urus tax refund ini pada saat kalian mau pulang ke Indonesia kalian pergi ke bagian custom untuk mendapatkan tax refund kembali.

10. Transportasi Umum Sydney Banyak Banget

Di Sydney ada 5 transportasi umum yang pertama bus, trem, train, ferry dan bus yang mirip dengan bus Hop On Hop Off. Untuk menaiki transportasi ini kalian cukup menggunakan opal card dan tap on and tap off.

11. Mall di Sydney Tutup Jam 5/6 Sore

Beda banget sama di Indonesia, kalau di Indonesia misal ada clearance day aja bisa tutup sampai jam 12 malam ya atau biasa jam 9 malam juga baru tutup. Tapi kalau di Sydney jam 5/6 sore sudah tutup. Kalau sudah semakin malam yang hidup memang yang di pinggiran ya moms kayak ruko-rukonya, tepi-tepi jalan, kalau untuk di mallnya tutup. Kenapa ja 5/6 sore sudah tutup? Karena biaya karyawan mahal, dan yang ke mall malam-malam juga sedikit. Jadi untuk meminimalisir biaya, mall tutup jam 5/6 sore.

12. Toilet Umum Free dan Bersih

Buat kalian yang pernah ke Swiss, kalau kalian mau ke toilet publik atau yang di mall, kalian harus bayar $1 kalau di Sydney, dekat trem, bus pemberhentian trem banyak banget toilet free dan bersih semua. Dan yang paling penting tisu selalu disediakan.

13. Listrik dan Air di Australia Mahal

Kemarin sempat ngobrol dengan teman di Sydney, mereka itu kalau musim panas bahkan enggak buka AC dan musim dingin enggak buka heater karena listrik mahal, sebulan bisa 10jt. Jadi that’s why mereka hemat banget listrik, kalau air ya mahal tapi enggak semahal listrik.

14. Langit di Sydney Biru

Buat kalian yang di Indonesia kalau lihat ke atas selalu abu-abu jarang banget yang namanya biru, di Sydney cantik banget langitnya. Kalian mau foto dimanapun kece banget.

15. Banyak Orang Indonesia

Banyak banget orang Indonesia yang sekolah dan kerja di Sydney, jadi kalian enggak usah heran kalau di restoran, mall bahasa Indonesia dimana-mana.

Sekian dari mommy tentang 15 fakta yang harus diketahui, semoga bermanfaat.