Review Produk

Mau Jalan-jalan ke Sydney? Wajib Punya Opal Card untuk Transportasi Publik

Hari ini mommy mau sharing yang menurut mommy cukup useful apalagi buat kalian yang pertama kalinya ingin merencanakan wisata di Sydney, Australia.

Jadi enggak cuma di Sydney aja, kalau yang namanya kita transportasi di luar negeri itu rata-rata menggunakan yang namanya trem, bus, train, ferry dan lain sebagainya pokoknya public transportation yang di negara tersebut. Dan kebetulan di negara Australia dan di Sydney City untuk public transportation ada train, trem, bus dan ferry. Jadi untuk jaman now, dari pemerintah kebijakannya untuk kita di sana transportasi umumnya harus memiliki yang namanya Opal Card.

Opal Card ini adalah your travel buddy card. Jadi kalian mau naik yang namanya bus, trem, train, ferry sekalipun semua pakai ini karena di sana tidak menerima cash. Jadi untuk di Australia, semuanya itu sudah pakai Opal Card enggak ada yang cash. Jadi buat kalian yang baru pertama kali ingin pergi ke Australia, pertama kali yang harus kalian lakukan ketika sudah sampai di negara Australia kalian langsung ke supermarket untuk beli Opal Card.

Cara untuk mendapatkan Opal Card itu gampang banget, kalian tinggal ke supermarket yang ada di sepanjang jalan. Dan untuk perjalanan mommy sendiri, mommy beli Opal Card pada saat mommy tiba di Sydney langsung cari supermarket. Saat sampai di supermarket kita bilang kita mau beli Opal Card untuk public transportation dan it’s free untuk kartunya sendiri. Nah soal top up nya setelah beli kartunya kalian langsung bilang saja mau top up kalau mommy kemarin top up AUD 30 ke kasirnya langsung diisiin deh saldonya dan itu cuma butuh waktu less than 2 minutes dan siap untuk digunakan.

Bagaimana cara menggunakannya?

Jadi pada saat kita mau naik bus biasanya di bus itu, saat kita masuk bus di samping kiri ada mesin untuk tap kartunya, nah kita tinggal tap kartunya di mesin tersebut. Pada saat kita turun dari bus, ada mesin yang sama juga dan kita harus tap di mesin itu juga. Kalau di train kita akan lewati gate untuk masuk ke stasiun dan keluar dari stasiun dengan tap kartu Opal kita.

Sedangkan untuk trem itu biasanya tap on dan tap off nya itu dekat di perhentiannya aja, jadi enggak di dalam tremnya. Jadi pada saat kita menunggu trem kita tap kartunya, pada saat kita turun trem kita tap lagi. Kalau untuk kapal ferry itu juga ada gatenya untuk tap kartunya.

Ingat selalu untuk tap kartu kita saat naik dan turun kendaraan karena kalau sampai kita lupa, pada saat kita mau naik kendaraan yang lain kita akan dikenakan denda dengan pemotongannya yang lumayan yaitu sekitar AUD 3,5.

Bagaimana perhitungan transportasi umum untuk Opal Card ini?

Karena mommy sudah pengalaman 4x ke Australia, jadi mommy perhatikan dan mommy sudah tanya ke teman mommy, untuk setiap kita naik bus mau jarak dekat atau jauh pemotongannya itu sama jadi pas mommy naik bus mau jaraknya dekat atau jauh ketika kita tap on dan tap off kita akan dikenakan biaya AUD 2,7. Kalau untuk trem, train dan ferry juga sama yaitu AUD 2,7.

Pemerintah Aussie menerapkan sistem untuk turis atau penduduk lokal. Dalam kurun 1 minggu apabila kita menggunakan Opal Card ini sebanyak 8x tap, jadi 8 x AUD 2,7. Itu nanti selanjutnya kita bisa mendapatkan potongan setengah harga untuk next perjalanan ke-9 menggunakan Opal Card. Jadi di perjalanan ke-9 kita cuma dikenai biaya AUD 1.35 per sekali tap dan di hari minggu apabila kita sudah menggunakan Opal Card dan sudah menggunakan saldo AUD 2.7 1x, perjalanan selanjutnya akan free.

Ini sangat berguna banget ya moms kebijakannya apalagi untuk para turis yang setiap hari mau jalan-jalan terus. Mommy selama 16 hari menghabiskan AUD 50 kalau boleh dibilang ini enggak terlalu mahal, kalau di Swiss mahal loh moms, mommy bisa menghabiskan 5jt-an hanya untuk transportasi 17 hari.

Jangan lupa beli Opal Card kalau kalian mau ke Australia. Opal Card ini juga ada aplikasinya, kalian bisa download juga untuk kalian bisa melihat waktu kedatangan kendaraan yang ingin kalian naiki dan juga bisa untuk top up Opal Card.