Kesehatan

Kenali Tanda Mabuk Kafein karena Minum Kopi & Teh

Jadi beberapa hari yang lalu mommy sempat mabuk kafein. Jadi mabuk kafein ini mommy rasakan setelah mommy review salah satu tempat kopi yang cukup hits di Jakarta dan enggak lama kemudian mommy merasa mabuk kafein. Jadi kita tahu sendiri jaman now itu enggak cuma teh campur susu tapi sekarang ada kopi campur susu, macam-macam lah variannya. Itu lah yang mendorong mommy dari yang dulunya enggak suka kopi sekarang kayaknya kalau pagi-pagi enggak minum kopi susah ya.

Jadi yang perlu kita ketahui, ternyata mabuk itu enggak cuma dari alkohol aja, kafein juga bisa bikin kita mabuk loh moms. Beberapa hari yang lalu mommy itu mabuk kafeinnya begini, setelah mommy minum kopi dan teh itu mommy 10 menit kemudian merasa mulai agak pusing, mual, mommy merasa mungkin karena terlalu banyak minum ya secara mommy minum 8 gelas. 4 gelas kopi dan 4 gelas teh, memang enggak habis semua cuma lumayan kan ya moms.

Nah sudah 10 menit berlalu sampai mommy jemput baby Louisse pulang sekolah, mommy naik mobil mommy enggak bisa gerak sama sekali, pusing, mual, keringat dingin terus, kepala berat. Terus kayak enggak bisa ngapa-ngapain, ngantuk tapi enggak bisa tidur. Jadi mommy sempat ngecek mommy ini kenapa, tadi sih minum kopi dan teh pas mommy cek hasilnya adalah mommy mabuk kafein.

Masa iya ada mabuk kafein? Jadi dikatakan seseorang bisa overdosis kafein apalagi kalau meminum kopi dan teh secara bersamaan. Dan itu yang mommy lakukan. Jadi mommy mereview tempat kopi itu ada 4 kopi dan mommy enggak tahu kan namanya kita review ya kita langsung aja minum, abis itu kopi selesai ya langsung minum teh dan jaraknya paling cuma beberapa menit dan itu yang membuat mommy overdosis atau mabuk kafein.

Apa efek dari meminum kopi dan teh?

Jadi ada beberapa penelitian mengatakan memang teh dan kopi ini diminum secara bersamaan memiliki efek yang bagus dan negatifnya. Efek yang bagusnya apa? Jadi teh itu mengandung kafein juga, kopi juga mengandung kafein. Kafein itu ada di teh, kopi, coklat, minuman energi dan sebagainya. Nah teh ini sendiri juga memiliki antioksidan yang gunanya untuk mencegah peradangan, mencegah penyakit kronis, menyembuhkan luka, melebarkan pembuluh darah jadi itu ada juga efek positifnya dan kafein efek bagusnya juga untuk meningkatkan kewaspadaan, mengurangi rasa ngantuk dan banyak yang bilang minum yang mengandung kafein dapat membuat kita mengingat, enggak gampang lupa pas tuanya.

Nah bagaimana kalau teh dan kopi ini dicampur menjadi satu?

Jadi mommy itu selain pusing, mual, kepala berat, susah makan dan minum, keringat dingin terus rasanya ngantuk tapi enggak bisa tidur. Tangan dan kaki gemetar kayak kesemutan gitu. Jantungnya juga berdebar-debar terus. Mommy juga merasa penglihatan mommy rada blur. Jadi setelah mommy cek lagi ternyata selain efek yang mommy rasakan kemarin itu adalah efek jangka pendek, efek yang langsung dirasakan oleh para peminumnya. Efek jangka panjangnya dapat merusak sistem syaraf kita.

Minum teh dan kopi itu enggak bagus?

No. Asalkan kita bisa meracik teh dan kopi, kafein yang ada dalam gelas itu cuma 120mg aman, tapi apakah kita bisa menakarnya? Sedangkan untuk mengonsumsi kafein, orang dewasa sehari paling maksimal 400mg itu yang paling aman tapi kita juga sering kan melihat banyak teman-teman kita kalau minum kopi kalau enggak kental enggak bisa. Ingat kafein itu ada efek bagusnya tapi kalau sesuatu yang kita konsumsi secara berlebihan juga akan mengakibatkan hal yang tidak bagus. Kafein itu bisa meningkatkan ketergantungan kita loh moms.

Inti dari sharing mommy adalah janganlah kalian mencoba minum teh dan kopi secara bersamaan, itu pengalaman paling buruk yang mommy rasakan. Mabuk alkohol sama mabuk kafein mommy lebih pilih mabuk alkohol sedangkan mabuk kafein yang mommy rasakan itu enggak enak banget, enggak bisa ngapa-ngapain. Buat kalian yang baca artikel ini jangan pernah penasaran, jangan pernah mau eksperimen untuk teh dan kopi ini karena mabuk kafein itu enggak enak, kecuali kalian sudah siap menerima akibatnya ya.