Baby · Fakta-Fakta

Umur Berapa Anak Wajib Stop Susu Formula

Hai moms kembali lagi bersama mommy di sesi #CurcolYukMom. Hari ini mommy mau bahas tentang sebenarnya di umur berapa sih anak kita harus stop sufor? Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang di umur berapa anak kita harus berhenti sufor, kita harus tahu dulu bahwa anak kita dari newborn sampai usia 1 tahun itu direkomendasikan untuk diberikan ASI. Kenapa? Karena ASI adalah yang paling cocok dengan pencernaan anak kita, yang mana anak kita bisa mencerna ASI itu dengan sangat baik dibandingkan sufor. Tapi memang tidak jarang kita temui orangtua yang mungkin ASInya kurang, ASInya enggak ada, payudaranya masuk ke dalam jadi enggak bisa mengASIhi, jadi mau enggak mau mereka memilih alternatif sufor dibandingkan anaknya mesti kelaparan nantinya.

Sama dengan kasus mommy, mommy memberi ASI kepada baby Louisse sampai usia 8 bulan kalau Loewy rencana di 6 bulan stop. Kenapa mommy milih stop ASI di umur sebelum 1 tahun? Karena ASI mommy sempat kurang, jadi baby Loewy minumnya cukup banyak, jadi mommy mikir daripada mommy maksa untuk ASI terus, baby Loewy minum ASI yang sangat sedikit tapi yang dia butuhkan lebih banyak, jadi sufor aja. Dengan kata lain sufor itu sangat diperbolehkan dari baby newborn kalau memang dalam keadaan yang terpaksa, tinggal anak kita yang harus menyesuaikan minum sufor. Karena ada beberapa kasus anak yang gampang alergi karena sufor sehingga diharuskan ASI, jadi itu tergantung dari anaknya lagi.

Nah kembali lagi ke topik awal, sebaiknya di umur berata kita stop tuntas berikan sufor ini pada si Kecil?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ini adalah susu Meiji yang mommy beli dari Jepang dan sudah dikonsumsi baby Louisse dari usia dia 8 bulan. Kenapa mommy memilih susu ini? Karena kandungan gulanya enggak terlalu banyak, jadi enggak terlalu manis jika dibandingkan dengan merek yang beredar di Indonesia. Soalnya takut diabetes atau apa kan, jadi mommy sedari kecil sudah membiasakan baby Louisse untuk makan dan minum enggak terlalu manis.

Jadi susu Meiji ini untuk usia 1-3 tahun bukan sampai yang 5 tahun. Dan susu ini untuk umur 3 tahun udah yang paling tinggi. Standar yang bisa kita lihat di Jepang adalah mereka menstandarkan anak stop minum sufor di umur 3 tahun karena sebenarnya menurut Women’s and Children’s Health itu anak umur 1 tahun ke atas, susu itu cuma sebagai pendamping. Jadi susu ini bukan sebagai makanan utama untuk anak lagi beda ketika dia newborn hingga 6 bulan pertama.

Seperti baby Louisse setelah sudah mulai MPASI di umur 6 bulan, dia sudah mulai start minum susu 2x sehari jadi pagi dia makan bubur gitu yang sudah dihaluskan sesuai umur dia, lalu siang masih makan bubur nasi, sorenya minum susu, malam sebelum tidur minum susu. Setelah sudah mulai MPASI baby Louisse mommy biasakan untuk lebih banyak makan makanan padat. Jadi nutrisi, protein, karbohidrat, semua vitamin yang dibutuhkan anak kita makin lebih banyak dan itu semua kita dapatkan dari makanan padat bukan dari susu, susu cuma pendamping dari usia anak 6 bulan.

Nah mommy pernah punya pengalaman, sempat baby Louisse malas makan makanan padat karena mungkin seiring berjalannya waktu dia merasa malas ngunyah terus dia mikir untuk minum susu aja biar langsung kenyang tanpa ngunyah. Jadi ada seharian baby Louisse dalam seminggu full maunya susu enggak mau makan nasi. Yang mommy lakukan adalah mommy sengaja untuk bikin baby Louisse lapar. Setiap mommy kasih dia nasi dia enggak mau, ya sudah mommy enggak kasih dia susu. Siang enggak mau juga, begitupun sore dan malam. Akhirnya Karena lapar dan enggak data susu dia makan sedikit walaupun enggak terlalu banyak. Jadi mommy dan daddy komitmen untuk membiasakan baby Louisse jadi kelaparan, terus nanti dikasih nasi nanti mau enggak mau dia akan makan. Dan akhirnya di hari ketiga dia makan nasi mulai banyak.

Jadi baby Louisse di umur dia 1 tahun sampai sekarang minum susu cuma malam aja. Sempat bahkan pas dia umur 2 tahun enggak minum susu sama sekali, cuma karena persediaan sufor masih banyak jadi mommy berlanjut lagi sampai habis.

Kenapa mommy strict banget untuk stop susu ke baby Louisse, kan anaknya masih kecil wajar minum susu. Banyak kok anak lain minum susu sampai umur 5 tahun?

1. Nutrisi dalam Susu Tidak dapat Mencukupi Kebutuhan Anak Lagi

Jadi yang mommy lihat efek samping dari susu adalah ini tentang makanan, nutrisi, vitamin, AHA, DHA yang sebenarnya dia butuhkan start di umur 6 bulan itu sudah lebih banyak dan dia enggak bisa dapatkan semua itu di susu moms.

2. Malas Makan

Seiring berjalannya waktu dia cuma minum susu dia jadi malas makan, ini yang sering ditemukan kasus kenapa anak kita malah malas makan. Karena mereka merasa daripada dia ngunyah capek mending dia minum susu aja sudah kenyang.

3. Vitamin dan nutrisi tidak cukup hanya melalui susu

Terlalu sering minum susu terus menerus tanpa ada makanan padat sama sekali yang ada nanti anak kita kurang gizi.

Dan mommy sempat baca artikel, karena terlalu banyak anak kita minum susu dari umur 6 bulan, sempat ada 1 anak kena infeksi bagian paru-paru dan kena radang otak sampai koma. Karena susu mau sebagus dan semahal apapun tetap enggak bagus karena ini adalah fermentasi dan ada kandungan bakterinya beda kalau ASI.

Lalu sebenarnya di umur berapa sih anak kita boleh stop sufor?

Anak kita boleh stop sufor di umur 2 tahun. Di umur 2 tahun dia itu sudah makan makanan padatnya sudah cukup, dia sudah dapat protein, karbohidrat, vitamin, lemak, nutrisi dan lain-lain dari makanan padat maka sudah boleh stop karena susu kan sebenarnya cuma pendamping.

Kalau 2 tahun sudah bisa stop sudah baik, sampai maksimal umur 3 tahun sudah stop sufor kalau dari standar di Jepang. Jadi mau enggak mau kita harus biasakan moms. Intinya adalah biasakan anak kita untuk mendapatkan kandungan nutrisi, energi semua dari makanan padat bukan bergantung pada supor.