Baby

Cara Membersihkan dan Mensterilkan Botol Susu Anak

Kali ini mommy mau bahas tentang bagaimana pentingnya kita untuk membersihkan botol susu baby kita terhadap bakteri-bakteri terutama yang bisa menyebabkan infeksi pencernaan seperti diare. Nah di sesi kali ini mommy akan membahas cara bagaimana untuk mensterilkan botol susu baby kita agar terbebas dari bakteri dan mommy akan mulai dari cara yang paling mudah, paling gampang dan tidak perlu mengeluarkan biaya yaitu :

1. Merebus Botol

Cara mensterilkan botol susu baby kita yang pertama adalah dengan merebus botol susu. Yang perlu kita siapkan adalah panci yang berukuran cukup untuk dimasukkan botol, lalu botol susu yang mau direbus, pencapit kemudian handuk. Sebelum itu kita cuci dulu botol susu yang baru aja digunakan baby kita untuk minum susu. Jadi sebelum kita mensterilkan botol susu baby kita, kita harus cuci dulu sampai bersih. Dan yang perlu kita ingat moms usahakan botol susu yang digunakan baby kita, 2 jam setelah minum sufor harus sudah dicuci dan 4 jam setelah minum ASIP harus sudah dicuci. Kalau lebih dari itu sebelum dicuci itu disterilkan dahulu dengan air panas agar bakteri yang tertinggal dari susu basi itu enggak tertinggal di botol yang mana dapat menyebabkan infeksi pada anak kita.

Nah biasanya mommy akan menggunakan sikat botol yang dari karet dan sabun khusus untuk mencuci peralatan baby. Biasanya untuk bagian dot, mommy akan copot dulu dotnya dan dotnya juga disikat menggunakan sikat yang kecil ya moms.

sikat dot

Setelah botol susunya sudah bersih biasanya mommy akan masukkan ke panci lalu tambahkan air. Kita isi dengan air sampai botol susunya tertutup dengan air, lalu rebus botol susu selama 10-15 menit sampai airnya sudah mendidih. Setelah air mendidih, sebelum mengangkat botol susunya pencapit botol tadi ujungnya dimasukkan ke air mendidih gunanya untuk mensterilkan capitannya, lalu angkat deh botol susunya.

Handuk yang telah disiapkan tadi dibuka lebar lalu letakkan botol susu yang sudah diangkat tadi ke atas handuk yang sudah dibentangkan. Dan biarkan sampai kering total baru kita simpan atau gunakan kembali untuk memberikan susu ke baby kita. Cara konvensional ini memang tidak mengeluarkan biaya mahal ya moms, cuma air dan gas kan tetap harus bayar belum lagi harus wasting time.

2. Menggunakan UV Sterilizer

Nah setelah kita sudah coba cara konvensional, kali ini mommy akan bahas cara modern untuk mensterilkan botol susu bayi.

Cara mensterilkan botol susu secara modern ini akan mommy lakukan dengan menggunakan UV Sterilizer. Jadi ini adalah UV Sterilizer Spectra yang waktu itu mommy beli kurang lebih 3.5 juta. Nah apa sih bedanya dengan menggunakan cara modern ini?

Sama dengan tadi cara konvensional, kita harus bersihkan dulu botol susu yang sudah digunakan. Setelah botol susunya bersih, kita masukkan botol susu ke dalam UV Sterilizer. Pisahkan antara botol dengan dotnya lalu tutup UV Sterilizer dan klik tombol Auto.

Jadi tombol Auto ini mencakup dry, setelah dia kering dia akan langsung mensterilisasi dengan sinar UV. Sinar UV ini gunanya untuk mensterilkan botol susu yang ada di dalam dari bakteri dan 99.9% bakteri akan mati. Dan ini enggak perlu kita tunggu ya moms, kalau sudah steril dia akan otomatis mati sendiri. Bahkan dia akan langsung pindah ke mode storage, storage ini gunanya agar menjaga udara-udara di dalam UV Sterilizer ini tetap steril.

Nah ini adalah 2 cara mensterilkan peralatan baby dengan cara konvensional dan modern agar steril, terbebas dari infeksi kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pencernaan bahkan diare versi mommy. Kalau kalian lebih pilih yang mana? Kalau mommy, memang lebih mahal cara modern harus beli alatnya mahal, tapi kita cukup beli mesin ini aja dan kita masih tetap bisa pakai untuk baby-baby kita selanjutnya. Selain untuk baby kita, bisa juga untuk mensterilkan barang-barang kita loh moms misalnya handphone. Selain itu ini juga praktis ya moms, apalagi untuk mommy itu adalah workaholic jadi mommy itu mau sterilkan peralatan anak mommy maunya mudah dan enggak ribet dan menurut mommy ini jawabannya. Kalau misalnya enggak mau mengeluarkan biaya banyak ya cara konvensional juga bisa cuma ya repot banget ya moms.