Uncategorized

Legend of Mooncake Festival

13 September 2019 kemarin mommy mengadakan Mooncake Festival bersama keluarga. Jadi kita makan bersama pada malam hari, setelah selesai makan kita duduk di depan halaman kita makan kue bulan sambil menikmati terangnya sinar bulan pada malam kemarin itu, dan itu nice banget.

Untuk Mooncake Festival ini biasanya diadakan pada saat tanggal 15 Bulan 8 sesuai penanggalan Imlek. Nah selain dengan legenda yang dikenal sangat nice banget kue bulannya itu juga enak banget. Makanya kenapa Mooncake Festival ini paling ditunggu-tunggu loh moms. Sebenarnya apa sih legenda dibalik Mooncake Festival dan dibalik keenakan kue bulan ini?

Kue Bulan

Jadi, dulu pada masa pemerintahan kaisar Yao pada tahun 2000 sebelum masehi, saat itu bumi dikelilingi 10 matahari. Pada saat itu 10 matahari ini berganti-gantian menyinari bumi. Lalu pada suatu hari bumi itu dikelilingi oleh 10 matahari langsung, jadi enggak ganti-gantian langsung 10 matahari. Bayangin moms, 1 matahari aja panas banget bagaimana kalau 10 matahari. Otomatis seluruh rakyat enggak tahan, lama kelamaan sakit dan berakhir meninggal.

Lalu kaisar Yao mencari solusi, lalu dia ingat terhadap Hou Yi (后羿. Dia ini adalah seorang pemanah yang sangat handal. Kaisar Yao meminta Hou Yi untuk memanah 9 matahari ini, dan menyisakan 1 matahari aja. Karena kalau tetap 10 matahari menyinari bumi lama kelamaan kita akan musnah. Akhirnya Hou Yi si pemanah pergi memanah 9 matahari dan menyisakan 1 matahari. Hou Yi berhasil melakukan titah kaisar maka kaisar Yao memberikan pil keabadian kepada Hou Yi sebagai imbalan.

Pil keabadian itu kalau kita minum bisa awet muda, enggak akan meninggal dunia, dan akan hidup terus. Karena Hou Yi sudah memiliki seorang istri yang bernama Chang Er (嫦娥), dia memutuskan untuk tidak meminum pil keabadian karena dia ingin hidup terus bersama istrinya. Akhirnya pil keabadian tersebut disimpan oleh istrinya.

Isu mengenai Hou Yi mendapatkan pil keabadian dan tidak diminum akhirnya menyebar ke seluruh rakyat termasuk salah satunya murid Hou Yi, Feng Meng (逢蒙). Pada saat itu Hou Yi sedang pergi berburu dan Chang Er di rumah. Feng Meng ini tahu dan punya niat buruk terhadap pil keabadian. Dia akhirnya datang ke rumah Hou Yi, pada saat dia datang dia beradu mulut dengan istrinya Hou Yi untuk minta pil keabadian. Chang Er tahu Feng Meng punya niat buruk terhadap pil keabadian, kalau sampai pil kebadian ada di tangan yang salah maka akan berakibat fatal. Akhirnya, demi menyelamatkan pil keabadian tersebut Chang Er minum pil keabadian itu dan tiba-tiba tubuh Chang Er terbang sampai ke bulan.

Nah untuk menghargai pengorbanan Chang Er menyelamatkan pil kebadian dari tangan yang salah akhirnya dibuatlah Mooncake Festival ini. Dan Chang Er dikenal sampai sekarang sebagai dewi bulan, dimana dia adalah simbol dari perdamaian dunia.

Kalau buat mommy sendiri untuk Mooncake Festival mommy suka banget, karena itu hari dimana seluruh anggota keluarga harus berkumpul bersama. Jadi memang namanya kita seharian mencari uang pasti kita sibuk 1 sama lain, kadang untuk makan bersama aja sudah enggak ada waktu. Nah di hari itu kita semua berkumpul di rumah mama dan papa, 1 keluarga besar kita makan malam, saling sharing, lalu kita menikmati kue bulan di bawah sinar bulan yang sangat terang, bulat banget, indah banget dan happy kita melaluinya.

Buat mommy itu nice banget, selain legendanya yang bagus, kue bulannya juga enak banget. Kue bulan sendiri dibuat dari pasta teratai loh moms dicampur dengan 1 atau 2 telur bebek kemudian dicampur dengan berbagai rasa, tepung terigu dan enak banget. Pokoknya setiap menikmati kue bulan di hari Mooncake Festival entah kenapa itu kue bulan enak banget. Kalian begitu juga enggak?