Ibu Menyusui

4 Ciri-Ciri ASI Perah Sudah Basi dan Tidak Layak Bagi Bayi

Hai moms ketemu lagi dengan mommy di #CurcolYukMom. Jadi pada kesempatan hari ini mommy mau sharing tentang ciri-ciri ASI yang sudah basi. Karena memang ya moms ya kita sebagai seorang ibu memang tiada taranya, kenapa? Apalagi ketika kita sedang mengASIhi anak kita, setiap tetes ASI yang bisa dikeluarkan dari payudara kita itu berharga banget walaupun cuma 5ml, 10ml, 20ml pasti kita simpan mau seberapa lama bisa disimpan dan masih bisa digunakan pasti kita pakai apalagi ASI itu adalah tanda cinta dari ibu kepada anaknya yang sangat tulus. Tapi jangan sampai tanda cinta kita, ASI yang kita berikan kepada anak kita malah basi yang ada nanti bisa mengganggu saluran pencernaan anak kita, mencret dan belum lagi kalau sampai kena penyakit.

Nah berikut adalah 4 ciri-ciri ASI yang sudah basi menurut pengalaman mommy :

  1. ASI Sudah Diletakkan di Kulkas / Pendingin Lebih dari 3-5 hari

Nah moms kalau buat kalian moms mungkin punya pengalaman pada saat kita sudah taruh ASI kita di freezer, pada saat kita mau pakai nih taunya anak kita lagi enggak mau langsung minum dari yang pendingin maunya direct breastfeeding dari kita dan ujungnya ASI kita taruh di pendingin sudah lebih dari 3-5 hari. Kalau biasanya ASI sudah ditaruh lebih dari 3-5 hari itu biasanya ASInya sudah tidak fresh bahkan memungkinkan ASI itu sudah basi. Ini adalah salah satu ASI yang sudah mommy taruh lebih dari 5 hari. Ini bisa dilihat nih moms ASI yang sudah mommy taruh di pendingin yang sudah mommy keluarin dari freezer lebih dari 5 hari keadaannya seperti ini.

Keadaan ASI : > 5 hari

Yang kita lihat banyak lemak jenuh di atas apakah ini tanda basi? Jadi keadaan ASI yang di pendingin yang ketika lemak jenuhnya di atas yang bagian encernya di bawah belum tentu basi moms. Gimana nih cara membedakannya? Cara membedakannya adalah dengan cara tanda yang kedua di bawah ini.

  1. ASI Basi Tidak Larut ketika Diaduk / Dikocok

Nah kita coba aja nih ini yang baru mommy keluarin dari pendingin, tadinya lemak jenuhnya di atas cuma dikarenakan sudah taruhnya lebih lama ini ASInya sudah balik lagi. Jadi lemak jenuh dan yang encernya sudah bercampur dan tidak ada gumpalan, yang paling penting itu enggak ada gumpalan moms. Biasa gumpalannya itu di dinding botol susu. Ini tanda ASI ini masih layak diminum anak kita. Sedangkan yang sudah mommy simpan selama lebih dari 5 hari tadi yang perlu dilihat di sini kelihatan nih sudah kecampur semua tapi banyak gumpalan walaupun enggak besar di atas, yang dimana gumpalan ini tidak larut dalam ASI sehingga ini dinyatakan ASI ini sudah tidak layak untuk diminum anak kita alias basi.

  1. ASI Bisa Basi Kalau Tidak Ditutup dengan Rapat

Biasanya kalau ASI kita kan pasti kita pakai storage atau pakai botol ya moms disimpannya. Tapi terkadang namanya ibu abis mompa capek ya kan, belum lagi begadang suka lupa ketutup atau enggak nih. Nah kalau misalnya sudah tidak tertutup rapat lalu kita simpan biasanya ASI ini sudah tidak layak digunakan karena bakteri sudah masuk ke dalam.

  1. ASI Bau Kecut

Ini yang masih fresh enggak ada wangi apapun ya moms biasa aja normal sedangkan kalau yang sudah mommy simpan lebih dari 5 hari ini kecut banget dan asem banget. Ini kayak bau susu yang biasa kita minum, susu sapi yang sudah basi. Dan biasanya kalau kalian masih mau coba mommy sih enggak mau ini bakal asem banget dan kalau memang mau dicoba lagi boleh kasih ke babynya dipanasin lebih dulu biasa dia akan menolak karena ASI ini sudah basi.

Nah ini adalah 4 tanda ASI menurut pengalaman mommy semoga ini bisa membantu. Menurut mommy yang paling penting adalah kita berikan ASI ke anak kita yang paling fresh aja kalau memang pada saat itu memungkinkan kita untuk direct breastfeeding yaudah langsung aja, tapi kalau tidak memungkinkan kalau bisa kita berikan ASI itu yang biasanya yang masih agak fresh yang biasanya dalam jangka waktu lama kalau lagi mendesak aja. Terus sempat pas baby Louisse sudah enggak pengen minum ASI lagi kalau namanya ASI kan terus di pendingin biasa lebih agak kecut baunya lebih enggak fresh dibandingkan yang langsung biasanya dan baby Louisse sudah enggak mau dan waktu itu sempat mommy ASI beku mommy yang sudah mommy simpan 4-5 bulan mommy buang semua.