Kesehatan

Apa Itu Eczema? Penyakit Gatal Kulit pada Bayi dan Dewasa

Hari ini mommy mau sharing tentang penyakit yang pernah mommy derita. Jadi mommy mengalami eksim, mommy mengalami eksim dari mommy kecil sampai akhirnya mommy sudah punya 2 anak. Jadi kalau dulu kita eksim itu kita enggak tahu, kita cuma tahunya gatal atau alergi makan, alergi debu dan lain sebagainya. Terus kita tahunya kalau gatal ya kita garuk terus, ternyata makin digaruk makin gatal, makin nyebar, makin perih dan banyak darahnya.

Sampai akhirnya mommy punya 2 baby dan kebetulan baby Louisse dan baby Loewy punya jenis kulit yang sama dengan mommy, punya eksim. Jadi Louisse dan Loewy awalnya kayak merah-merah 1 badan cuma mommy pikir paling alergi susu, mungkin mommy salah makan atau gimana. Ternyata mereka memang punya eksim ini bakat dari mommy. Jadi sempat baby Loewy yang paling parah eksimnya, dia itu sampai 1 badan, sudah gitu kan dia suka garuk-garuk karena gatal enggak tahan terus jadi berdarah, bernanah alhasil akibatnya sering banget kayak koreng dan kayak bekas knalpot gitu, jadi benar-benar parah banget.

Semua kulit dia kayak sisik ikan, benar-benar kasar banget ditambah dengan merah-merah kayak darah keringnya itu. Kalau baby Louisse itu eksimnya enggak terlalu parah, paling cuma eksim kering jadi enggak ada darah kayak cuma benjol dikit aja dan itu enggak terlalu nonjol kurang lebih 2-3 hari pakai cream sudah hilang.

Nah semenjak itu mommy akhirnya cari tahu apa sih itu eksim. Eksim itu adalah penyakit kelainan kulit dimana kondisi ruam kemerahan yang gatal biasa disebut dermatitis. Eksim ini biasanya akan buat kulit kita gatal, ruam, bengkak dan radang. Eksim itu banyak banget tipenya, cuma yang mommy bahas kali ini adalah eksim yang mommy derita. Eksim yang mommy derita adalah dermatitis atopik, itu adalah eksim yang paling umum dan paling sering dialami oleh masyarakat. Biasanya 15-30% menjangkit anak kecil dan 1-3% itu orang dewasa dan yang perlu kita ketahui eksim itu tidak menular.

Eksim enggak menular sama sekali hanya saja eksim ini bisa diwariskan ke keturunan. Good newsnya semakin kita beranjak dewasa, eksim ini akan semakin sedikit efek yang kita lihat. Kayak misalnya baby Loewy, pas dia newborn setiap hari eksim enggak hilang-hilang, pakai cream kambuh terus tapi sekarang sudah better, 1 bulan sekali mungkin ada eksim. Kalau untuk mommy sendiri dulu pas kecil badan mommy itu hancur semuanya, jadi 1 badan itu semuanya eksim total itu banyak kayak kutil di dalamnya ada cairan nanah gitu kalau kita garuk keluar nanahnya terus berdarah juga. Setiap malam digaruk semuanya jadi berbekas, nanah kayak koreng gitu lama kelamaan kalau kronis jadi menghitam. Waktu itu 1 badan mommy kayak kutilan gitu, semua pada bilang kulit mommy jelek banget, parah banget, hitam-hitam semua.

Nah tapi setelah mommy beranjak dewasa mulus kok, tapi memang waktu itu ada historinya. Mommy sempat transfusi darah karena operasi besar, dari semenjak transfusi darah itu semua bekas-bekas hitam yang dari eksim hilang total, tapi enggak tahu ini benar atau enggak. Cuma kalau menurut penelitian adalah semakin kita besar, tubuh kita akan membentuk sistem imun, lama kelamaan eksim ini jarang sekali muncul.

Dermatitis atopik ini biasanya yang lebih sering terjadi di bagian selangkangan. Kayak mommy sekarang baru-baru ini di bagian lipatan lengan tangan, bagian leher dan lipatan antara paha dan betis. Biasanya kalau sampai 1 badan itu juga ada cuma jarang, seringnya di selangkangan. Kalau mommy dan baby Loewy itu tipenya bisa yang sampai 1 badan, cuma kali ini karena memang mommy sudah mulai agak kebal jadi eksimnya cuma muncul di bagian yang mommy sebutkan tadi. Dan ini sudah hampir 1 tahun baru mulai eksim.

Kalau yang mommy rasakan selama 2 minggu ini pertama itu gatal banget, karena memang eksim itu menimbulkan rasa gatal otomatis mommy garuk dong. Makin digaruk kan makin parah, makin nyebar kemana-mana biasa eksimnya. Walaupun mommy itu sudah bersikeras untuk enggak garuk sampai potong kuku tapi tetap aja malam-malam kita enggak tahu kita tetap garuk-garuk dan akhirnya bernanah. Kalau sudah begitu kan cairannya kayak lendir pada keluar terus jadinya kayak kuning-kuning lengket di bagian eksim terus berdarah. Dan pastinya kalau kena air dan lotion makin perih, bersisik juga jadi kulitnya kasar dan kering banget. Jadi yang pas pertama kali mommy eksim, mommy itu sudah biarin terus mommy garuk-garuk dan benar eksimnya makin parah.

Terus setelah mommy sudah mulai agak parah mommy pakai lotion. Mommy pakai lotion biasa aja. Nah mommy pakai lotion di bagian eksim mommy dan hasilnya makin parah, karena lotion ini bukan yang hypoallergenic dan mommy sengaja coba dan terbukti makin perih, parah dan makin nyebar eksimnya, enggak cocok. Nah kemudian mommy pakai minyak yang kita buat sendiri. Ini minyaknya minyak mayo bisa dibeli di Hongkong dan Jepang, kalau ini kita buat sendiri di China dan mommy biasanya ngolesin ke bagian eksim dan benar percaya deh ini baru olesin 2x ini sudah mulai hilang. Yang tadinya gerombolan kutil, pecah, berdarah, bernanah, merah-merah, lendir kuning, jadi berubah sudah mulai hilang bahkan enggak berbekas sama sekali.

Untuk maintancenya kalau lotion, bath and body wash ini mommy menyarankan untuk cari yang hypoallergenic. Ini salah satu merek yang cukup mommy rekomen bisa digunakan untuk baby juga yaitu Sebamed dan Aveeno. Pokoknya yang hypoallergenic yang PH nya 5.5 itu yang terbaik menurut mommy. Nah selain pakai lotion, body washnya, shamponya juga sama karena itu penting loh. Badan kita itu dilindungi kulit jadi sebenarnya perawatan untuk kulit kita itu penting banget. Untuk body wash, skincare, apapun itu harus hati-hati dalam pemilihannya apalagi kalau kita punya kategori kulit sensitif.

Selain itu buat mommy untuk pakaian juga penting kayak misalnya pas mommy lagi eksim mommy pakai gaun-gaun yang menutupi bagian lengan mommy yang ada eksim itu gatal banget. Kegesek malah berdarah makin sakit, gatal, dan banyak. Jadi kalau misalnya kita lagi eksim begini apalagi yang kulitnya sensitif, usahakan cari pakaian yang gampang menyerap keringat kayak bahan katun. Untuk mommy juga mandi air hangat 5-10 menit aja jangan terlalu lama karena kalau terlalu lama bisa bikin kulit kita kering. Semoga penjelasan dari mommy ini dan juga pengalaman mommy bisa bermanfaat ya.