Uncategorized

Cara Menghilangkan Kutu di Rambut

Hari ini mommy mau curcol tentang bagaimana cara mengatasi kutu di kepala. Jujur ini pertama kalinya mommy merasakan mommy punya kutu. Jadi beberapa hari ini mommy merasa kepala mommy gatal banget, enggak enak.

Kutu itu biasa bagaimana sih? Biasa kutu itu bikin kepala gatal-gatal, enggak enak karena merasa kayak ada yang jalan. Terus mommy minta tolong ke salah satu mbak yang sudah expert nyari kutu di rumah mommy di PIk saat mommy ke sana untuk nyariin kutu. Jadi intinya kita semua itu kutuan karena penyebaran dari 1 orang. Kutu itu adalah parasit yang suka banget tinggal di kulit kepala manusia dan penularannya ini cuma dari manusia ke manusia. Jadi misalnya mommy kena kutu nih, nah itu bisa nyebar ke baby Louisse, kena lagi ke anak kecil. Dan ini untuk penularan ke anak kecil itu mungkin aja kalau mereka 1 rumah atau berdekatan karena kutu itu tinggal terbang dari 1 kepala ke kepala lain.

Dan kutu itu hebat banget, misalkan ini cuma ada 1 kutu nih nempel di kepala mommy nanti beberapa hari setelah dia menghisap darah dan keringat mommy dia bertelur. Bertelurnya itu banyak banget dan menghasilkan banyak anak-anak kutu. Dan mommy merasa kutu di mommy banyak banget kenapa? Karena banyak banget bekas-bekas lukanya. Lukanya itu enggak cuma 1 tapi banyak banget moms. Jadi kutu itu bentuknya kayak biji wijen, kakinya ada 6.

Nah tentunya kita pasti merasa enggak nyaman ya moms apalagi kalau sampai kejadiannya kayak mommy banyak bekas lukanya. Bekas lukanya itu disebabkan oleh air liur dari si kutu tersebut yang menyebabkan alergi atau reaksi alergi terhadap kulit kepala kita, jadinya gatal-gatal. Tentunya kita pasti enggak nyaman dong kalau kutuan sebentar-sebentar garuk-garuk kepala terus. Nah berikut adalah solusi yang baru mommy pelajari untuk menangani kutu pada rambut. Hilang secara alami dan permanen :

1. Gunakan Sisir Serit

Cara pertama untuk mengatasi kutu di rambut kita adalah menggunakan sisir serit. Ini sisir bisa dibeli di pasar atau di tempat kosmetik. Jarak antara gigi sisir itu cuma 0.2 mm. Jadi biasa kita gunakan ketika rambut kita sedang basah, habis cuci rambut kita sisir rambut kita menggunakan sisir serit. Lakukan ini 4x dalam sehari untuk mengusir kutu-kutu yang ada di rambut kita. Setelah disisir biasanya nanti ada kutu yang akan jatuh dari rambut kita.

2. Gunakan Mouthwash

Caranya gampang, kalian tuangkan sedikit demi sedikit mouthwash di telapak tangan kalian kemudian usapkan ke bagian rambut kalian sambil dipijit-pijit. Lakukan secara menyeluruh ke bagian kulit kepala, lalu diamkan selama 2 jam setelah itu dikeramas.

3. Gunakan Minyak Zaitun

Ini minyak zaitun yang mommy buat sendiri. Caranya gampang kalian cukup keramas dulu, bersihkan rambutnya lalu oleskan sedikit demi sedikit minyak zaitun ke bagian kulit kepala kita secara menyeluruh kemudian pakai shower cap kurang lebih 1-2 jam. Setelah itu shower cap kita buka dan kita bawa buat tidur, besok paginya langsung keramas.

4. Gunakan Asam Cuka

Ini asam cuma yang biasa buat masak ya moms. Ini kita bisa taruh di dalam wadah atau telapak tangan, jadi kita tuangkan sedikit dan dicampur minyak kelapa lalu kita oleskan ke kulit kepala kita secara menyeluruh lalu kita pakai shower cap. Diamkan 1-2 jam lalu kita buka, dan kita langsung bawa tidur lalu besok paginya kita keramas deh.

5. Gunakan Minyak Kelapa

Terserah moms mau pakai minyak kelapa merek apa saja boleh, kita langsung tuang minyak kelapa ke telapak tangan lalu oleskan ke seluruh kulit kepala kita karena minyak kelapa selain bisa mengusir kutu ini juga memiliki vitamin E yang dapat melembabkan dan menyehatkan rambut kita. Setelah kita selesai oleskan, kita pakai shower cap diamkan 1-2 jam lalu buka dan bawa untuk tidur besoknya baru keramas.

6. Gunakan Shampo

Sering-sering shampo, sering-sering keramas itu bisa bikin kutu enggak betah lama-lama di rambut kita. Kalau kita makin malas keramas, yang ada rambut kita kan lepek keluar banyak keringat, nah itu kutu makin suka. Kita enggak mau dong kutunya makin betah dan berkembang biak di kepala kita? Jadi sering-seringlah keramas biar kutunya enggak betah dan kabur.

7. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Kutu pasti kepanasan dan dia enggak akan betah sama panasnya sinar matahari ini. Selain untuk mengusir kutu berjemur ini juga sehat untuk badan kita asal jangan siang bolong jam 12 berjemurnya ya moms lebih baik pada pagi hari atau sore hari.

8. Gunakan Bawang Putih

Jadi caranya 10 siung bawang putih dikupas lalu diblender hingga halus, campurkan jeruk nipis ke dalamnya lalu aduk kemudian oleskan ke kulit kepala kalian secara merata. Kemudian pakai shower cap dan diamkan selama 30 menit setelah itu keramas rambutnya.

Ini adalah sharing mommy tentang bagaimana cara mengatasi rambut yang kutuan, semoga sharing ini bermanfaat. Yang kutuan silahkan diikuti cara dari mommy ini dijamin langsung hilang kutunya karena mommy pun sekarang sudah tidak kutuan lagi setelah melakukan cara di atas.