Baby · Kesehatan · Review Produk

Skincare untuk Anak dengan Kulit Sensitif, Alergi Dermatitis Atopik

Hai moms pernah enggak sih terlintas di pikiran kalian ketika kulit baby kita lagi eksim, gatal-gatal, alergi, badan dia semua merah-merah, belum lagi kalau ada luka, kenapa sih kulit baby saya bisa kayak gini? Itu terjadi sama mommy, setiap lihat kulit baby Loewy terluka, semua merah, sudah kayak sisik ikan, kering banget terus luka-luka kayak luka gosong gitu, mommy cuma mikir kenapa harus baby Loewy kenapa kulit baby Loewy enggak kayak kulit baby Louisse, enggak kayak kulit baby tetangga?

Setelah mommy galau begitu lama untuk masalah kulit baby Loewy terutama yang parah banget, akhirnya mommy mendapatkan jawaban. Jadi memang semua bayi enggak cuma baby Loewy, mereka kan biasanya di dalam rahim kita dalam keadaan steril ya moms. Nah setelah 9 bulan dikandung akhirnya dia dilahirkan ke dunia dia harus beradaptasi dengan lingkungan di dunia baru yang cenderung lebih kering, belum lagi kaya akan mikrobakteri sedangkan untuk semua organ tubuhnya itu belum bisa berfungsi dengan sempurna termasuk kelenjar keringat, otomatis kulit baby kita kebanyakan cenderung lebih kering. Nah kulit baby kita kering lalu kita enggak maintance dan kita biarkan begitu aja, yang ada makin kering, kegesek lalu luka. Jadinya lama kelamaan 1 badan dia luka-luka, bersisik, kering dan mungkin kalau misal sampai lebih parah kayak baby Loewy itu eksim, dermatitis atopik.

Oleh karena itu untuk memaintance kulitnya baby Loewy atau baby yang lain yang tipenya cenderung kering sangat perlu moms. Enggak usah mengobati deh minimal kita membuat kulit baby kita keringnya enggak makin parah, yang dimana bisa menimbulkan gesekan luka dan sebagainya dan bikin dia jadi enggak nyaman maka dari itu kita butuh skincare.

Memang skincare itu diperlukan untuk memaintance kulit baby kita, yang dimana penggunaan skincare dapat membuat kulit lebih lembab. Semakin banyaknya permintaan soal skincare otomatis pabrik di pasaran banyak mengeluarkan merek, tipe skincare baby dan selalu menjual yang hypoallergenic, non alcohol, bahan alami dan lain sebagainya. Apakah itu baik? Yes, baik kalau memang skincare yang dikeluarkan pabrik tersebut efeknya sesuai dengan iklannya ya moms.

Jadi skincare baby kita ini, enggak cuma baby sebenarnya, orang dewasa juga cuma kita bahas ke baby aja ya, itu dibagi menjadi 3, yaitu :

1. Body Lotion

Jadi body lotion tipenya itu biasanya langsung meresap ke kulit kita dengan cepat, untuk kandungan airnya lebih banyak, dan untuk kandungan minyaknya lebih sedikit dan bisa dipakai di seluruh tubuh.

2. Cream

Dia sama dengan body lotion cuma bedanya adalah dia ini bentuknya lebih kental kalau tadi body lotion itu lebih encer. Jadi kalau untuk kekentalannya lebih kental yang cream. Dari warnanya aja juga cream itu lebih pekat kemudian untuk kandungan airnya lebih sedikit untuk cream jadi ketika kita oleskan ke badan biasanya lebih susah meresap. Kalau cream ini enggak mengandung minyak, airnya juga lebih sedikit dan fungsinya bisa untuk menghambat kulit kita lebih kering lagi sampai ke arah eksim atau yang lebih parahnya lagi.

3. Baby Oil

Kandungannya itu minyaknya lebih banyak, memang lebih ke minyak dan mineral sebenarnya dan biasanya kalau baby kita habis dipakaikan baby oil lalu pakai baju yang ada biasanya baby itu akan gelisah ya, enggak usah baby, kita aja orang dewasa pakai baby oil seluruh badan, rasanya gerah enggak sih, lengket dan enggak nyaman karena baby oil itu fungsinya untuk dioleskan di kulit luar kita dan dia enggak menyerap langsung. Yang punya kategori eksim atau yang kering itu yang ada kayak mommy nih eksim dioleskan baby oil malah makin gatal. Soalnya kan dia lengket terus kegesek-gesek sama baju jadi makin gatal jadi kita garuk dan malah makin banyak eksimnya dan makin kering yang ada kan. Belum lagi di Jakarta itu kan terkenal dengan panasnya yang luar biasa, pakai baby oil lagi baby kita makin gerah.

Nah setelah kita sudah mengenal lebih lanjut tentang skincare untuk baby yaitu baby oil, cream dan body lotion. Sebenarnya kalau misalnya baby kita itu lebih ke tipe kulit kering bahkan ke arah eksim paling cocok pakai apa sih? Nah yang paling cocok adalah kita mencari lotion yang memang hypoallergenic, terbuat dari bahan alami, pakai cream baby. Biasanya kalau anak kita lebih ke kering itu dibutuhkan yang bentuknya cream entah itu body lotionnya, entah itu body washnya, entah itu diaper creamnya pokoknya semuanya lebih ke arah cream yang dimana cream itu tujuannya bisa menghambat kekeringan lebih lanjut pada kulit kita, bahkan kalau bisa menyembuhkan kekeringan itu dan menjadikannya lebih lembab bahkan mengobati alergi yang ada pada si baby.

Setelah kita memilih jenis cream, kita juga harus memilih yang Ph nya sesuai dengan baby kita. Jadi si Kecil ini lahir ke dunia memiliki PH normal kurang lebih 6.5 – 7.5 Ph. Tapi itu yang tipe kulit normal, kalau babynya prematur, kalau babynya punya tipe kulit kering dan alergi biasanya Phnya makin menurun, otomatis kita harus cari lotion yang bukan untuk tipe normal, yang memang tipenya itu untuk kulit baby yang alergi atau yang kering dan Ph yang cocok itu biasanya Ph 5.5 untuk baby kering.

Setelah mommy sudah cari tahu skincare apa saja yang cocok dengan baby Loewy, jadi ini bukan endorse tapi ini pengalaman mommy setelah pakai banyak banget lotion yang selalu dikirim ke baby Loewy dan baby Louisse. Kalau untuk sabun dan shamponya mommy pilih Sebamed. Ini Phnya 5.5 kemudian mommy juga memilih Aveeno ini bisa untuk body wash dan juga untuk shampo. Yang mommy suka dari keduanya adalah:

Sebamed

Untuk Sebamed sendiri menurut mommy dia punya wangi-wangian itu enggak menyengat, memang masih ada wangi sedikit. Karena mommy pernah punya pengalaman, ada skincare sabun atau shampo itu bau banget, karena moms inget ya yang baunya menyengat itu biasanya ke arah parfum dan bau yang menyengat itu biasanya enggak bagus buat baby kita. Usahakan untuk mencari skincare baby yang tipe kulitnya alergi jangan yang menyengat, cari yang aman aja kalau enggak ada bau juga enggak papa.

Phnya normal untuk Sebamed 5.5, kemudian dia juga khusus untuk anak yang tipe kulitnya eksim, alergi dan lain sebagainya. Buat mommy, after cobain ke baby Loewy yang lagi eksim aman banget. Memang eksimnya enggak hilang, masih ada tapi eksimnya begitu aja karena mommy pernah punya pengalaman pakai sabun lain yang menurut mommy itu terjual hypoallergenic tapi pas mommy pakai eksimnya malah makin banyak sedangkan Sebamed ini eksimnya baby Loewy bertahan begitu aja dan enggak nambah. Dan menurut mommy cukup oke karena scalp nya baby Loewy banyak banget, jadi hilang pas pakai shampo yang Sebamed.

Aveeno

Yang paling mommy suka sabunnya itu bentuknya cream. Jadi kalau yang biasa nih kayak Sebamed nih kayak lebih ke air gitu lebih bening, sedangkan kalau Aveeno kayak body lotion gitu, nah ini yang mommy suka. Jadi pas dipakai ke baby Loewy halus, namanya juga kulit baby Loewy kering ya moms, kalau mommy pakaikan yang bentuk cream gitu jadinya lembut enggak bikin gesekan yang bisa bikin kulit keringnya itu jadi luka atau bikin lukanya itu makin parah lagi. Lalu dia juga hypoallergenic, non alcohol kemudian dia juga enggak ada bau apa-apa.

After baby Loewy mandi, mommy memaintance lagi setelah sabun shamponya sudah oke nih yang cocok sama dia, mommy memaintance untuk soal lotionnya. Lotion yang mommy pilih juga yang bentuknya cream. Mommy pilih dari Aveeno yang memang setiap hari dipakai, dia bentuknya beda sama body lotionnya, cuma dia lembut banget dan kandungan airnya lebih sedikit seperti yang sudah mommy bahas tadi.

Kalau untuk pengalaman mommy pakai lotion creamnya Aveeno mommy cukup suka karena baby Loewy yang tadinya eksimnya parah dia makin lama itu makin berkurang dan pas yang baby Loewy sudah normal kulitnya dimaintance sama Aveeno cream ini boleh dibilang sekarang itu jarang banget eksim, pas yang dulu mommy masih bingung kan kaget baby Loewy eksimnya parah banget jadi mommy masih ganti-ganti body lotionnya, hampir setiap hari eksim.

Nah setelah mommy sudah memaintance untuk body lotionnya boleh langsung pakaikan creamnya. Creamnya kalau mommya ada 2 ya moms, dari Sebamed dan Sanosan. Kalau Sebamed bentuknya kayak cream, yang mommy suka adalah Sebamed ini creamnya kental jadi pas sama yang dibutuhkan oleh kulit kering baby Loewy. Ini bisa membantu banget, jadi baby Loewy itu yang biasanya bagian pantatnya merah banget pakai ini sudah enggak pernah merah. Jadi cukup oke.

Kalau buat mommy sebenarnya skincare apa saja yang mau kalian pilih itu sama aja, yang penting jangan termakan dengan iklan tapi buktikan sendiri dengan pengalaman kalian ini benar enggak bisa memaintance kulit baby kita kalau bisa mengobati. Kalau sampai kita sudah pakai skincare itu tapi malah bikin kulit baby kita makin parah, stop, buang jangan lagi dipakai. Kalau skincare itu bau menyengat jangan dipakai karena itu sudah pasti enggak bagus, dan jangan lupa untuk cari skincare yang hypoallergenic yang memang gunanya untuk tipe kulit baby yang kering.