Seputar Program Bayi Tabung

Cara Penggunaan Suntik Gonal dan Suntik Cetrotide pada Program Bayi Tabung

Sudah sering mendengar tentang bayi tabung atau IVF (In Vitro Fertilization) kan moms. IVF atau biasa kenal dengan bayi tabung adalah pembuahan yang dilakukan di luar tubuh. For your information, bayi tabung pertama di dunia adalah Louis Joy Bown pada 25 Juli 1978 di Inggris.

Terkait dengan bayi tabung, ada salah satu step yang sangat penting dalam prosesnya yaitu proses suntik Gonal dan suntik Cetrotide. Nah kali ini mommy mau sharing mengenai cara menyuntikkan suntik Gonal dan Cetrotide.

Cara Menggunakan Suntik Gonal

1 botol suntik Gonal dosisnya adalah 75 IU, karena kebetulan mommy dosisnya adalah 150 IU, jadi suntik gonal yang mommy pakai ini 2 kotak. Dan dosis yang mommy gunakan ini sampai 9 hari. Pokoknya untuk masalah dosis ikuti arahan dari dokter ya moms. Ketika kita buka kemasannya, kita akan menemukan suntikan cairan, jarum besar, jarum kecil dan obatnya.

Nah cara menggunakannya itu gampang banget sekarang kita cukup ambil suntikan cairannya, yang perlu kita ketahui suntikan cairan ini bisa digunakan sampai dosis 225 IU. Jadi andai kata kita diberikan dosisnya 75 IU jadi kita tetap pakai suntikan cairan ini dengan 1 obat, kalau misalnya dosis kita 150 IU maka 1 cairan ini bisa dipakai untuk 2 obat.

Pertama-tama kita buka ujung suntikan ini lalu kita ganti dengan jarum besar, caranya gampang banget kita tinggal tusuk lalu putar.

Kemudian cairan ini kita masukkan ke dalam obat yang sudah disiapkan, ini dosisnya 75 IU. Kita masukkan semua cairannya, ketika semua cairan sudah selesai, suntikannya kita keluarkan kemudian kita aduk biar tercampur jadi 1. Soalnya dosis mommy kan 150 IU jadi kita ambil dulu pakai jarum yang besar juga ya, caranya gampang yaitu kita tusukkan aja ke dalam tengah-tengah penutup obat ini kemudian kita tarik tuas suntikannya maka otomatis cairan di dalam obat ini akan terambil semua.

Lalu kita masukkan kembali cairan yang sudah berisi obat dengan dosis 75 IU kita masukkan ke dalam obat ini. Kita aduk, setelah tercampur kita ambil lagi. Jadi deh 150 IU dosisnya.

Nah sebelum kita menyuntikkan obat dengan dosis 150 IU ini kita ganti dulu jarum besar ini dengan jarum kecil, kita ambil dulu jarum besarnya dengan penutup jarum besar yang tadi kita pakai, kalau sudah terambil kita ganti dengan jarum kecilnya.

Obat yang sudah terisi dalam suntikan ini kan banyak anginnya nih di bawah, maka kita harus menyuntikkan ke atas biar anginnya hilang, kita terus tekan ke atas sampai anginnya sudah enggak ada sama sekali dan ada cairan yang keluar.

Kalau sudah kita tinggal suntikkan ke perut kita, caranya ambil atau cubit lemak di perut kita lalu oleskan alkohol dan kita suntikkan obat tersebut.

Cara Menggunakan Suntik Cetrotide

Sekarang kita buka kemasannya, nanti kita akan menemukan suntikan besar, di dalamnya isinya cairan kemudian ada suntikan kecilnya, suntikan besarnya dan obat yang sudah disiapkan.

Cara menggunakannya itu gampang banget sama seperti tadi suntik Gonal. Di dalam suntikan cairan ini kan ada penutup di ujungnya, kita buka dulu. Setelah kita buka, kita ganti di bagian ujung penutup ini dengan jarum besar gunanya untuk menyuntikkan cairan ke dalam obat yang sudah disiapkan.

Sekarang obat Cetrotide kita buka penutup di ujungnya kemudian kita cukup suntikkan di bagian tengah dan masukkan cairan yang sudah disiapkan ke dalam obat ini sama kayak tadi yang suntik Gonal.

Setelah sudah tercampur kita ambil lagi dengan jarum yang besar jangan dengan jarum yang kecil karena itu akan lebih susah mengambilnya dan biasanya kalau kita ambil dengan jarum yang kecil, jarum kecilnya bisa bengkok nanti kalau disuntik ke perut sakit deh. Setelah ini kita ambil ya, caranya gampang ngambilnya kita cukup menarik tuas suntikan ini ke atas. Nah seperti yang tadi kan suntikan obat ini ada anginnya jadi kita harus keluarkan anginnya dulu dari suntikan ini sampai ada cairan yang keluar.

Nah sekarang kita harus mengganti jarum yang besar ini dengan jarum yang kecil. Caranya kita cukup ambil jarum yang besar dengan menggunakan penutup jarum tadi, kita masukkan ke penutup lalu kita putar, keangkat deh. Setelah sudah terambil jarum besarnya saat kita mengganti dengan jarum kecil.

Cara menyuntikkan ke perutnya juga sama seperti yang tadi ya moms saat menyuntikkan suntik Gonal.

Biasanya itu enggak berdarah, cuma kali ini berdarah karena mommy suntik sendiri, biasa disuntikkan sama suami. Caranya itu gampang banget, pas kita mau nyuntik itu kita tarik napas lalu suntik itu enggak akan ada rasa sama sekali, soalnya jarumnya itu enggak sakit. Nah setelah pada saat kita memasukkan obatnya kita napas aja kayak biasa setelah obat semua sudah disuntikkan ke dalam kita cukup tarik napas lalu tarik jarum keluar.

Biasanya mommy itu suntik Gonal sebelah kanan, suntik Cetrotide sebelah kiri jadi sakitnya itu enggak di satu tempat aja. Semoga sharing mommy kali bermanfaat ya untuk moms semua yang mau program bayi tabung.