Kesehatan · Pregnancy

Atasi Sakit Pinggang pada Kehamilan Muda atau Tua, Dijamin Berhasil

Hai moms, ketemu lagi di sesi #CurcolYukMom. Jadi pada kesempatan hari ini mommy akan curcol mengenai sakit pinggang pada kehamilan. Sakit pinggang ini adalah keluhan yang sering kita temui pada bumil. Dan faktanya sakit pinggang yang dialami bumil biasanya terjadi di trimester 1-3.

Jadi mommy sendiri belum lama ini hamil kembar mommy mengalami sakit pinggang start di trimester 1 sekitar usia kehamilan 2 bulan. Pada saat mommy usia kehamilan 2 bulan, sakit pinggang moms. Sempat mikir ini enggak salah nih sudah sakit pinggang sekarang baru usia kehamilan 2 bulan.

Tapi ternyata moms sakit pinggang yang mommy rasakan di trimester pertama hanya terjadi sekitar 2-3 hari dan membaik dengan sendirinya tanpa mommy sadari dan sekarang kalau ditanya lagi sakit pinggang lagi enggak? Iya. Jadi mommy saat sudah menuju di awal trimester 3 usia kehamilan mommy sudah merasa sakit pinggang banget. Setiap hari sakit pinggang. Dan memang faktanya sakit pinggang ini akan makin memburuk kalau sampai ada sakit di bagian punggung bawah.

Nah biasanya nih moms sakit pinggang yang diiringi dengan sakit punggung bawah ini akan dialami oleh bumil start di usia kehamilan akhir trimester 2 dan di awal trimester 3. Dan sakit pinggang ini di akhir akan makin meningkat seiring membesarnya rahim.

Enggak mau dong kita sakit pinggang terus, pastinya kita mau sehat-sehat aja selama kehamilan. Nah mommy akan memberikan tips mengatasi sakit pinggang. Tapis sebelum kita ke tips mengatasi sakit pinggang pada bumil, kita kenalan dulu dengan penyebab sakit pinggang pada bumil yuk.

Penyebab Sakit Pinggang pada Bumil

1. Pembesaran Daerah Perut

Jadi moms sakit pinggang yang bumil rasakan itu biasanya terjadi karena pembesaran perut. Sehingga bagian pinggang dan punggung bawah kita menopang berat yang lebih dari biasanya. Kayak mommy sendiri, menuju ke usia kehamilan 7 bulan awal trimester 3 perut mommy membesar, maka pinggang dan punggung belakang jadi nopang berat badan kita that’s why mommy merasakan sakit pinggang dan punggung bawah yang cukup luar biasa.

2. Hormon

Hormon relaxin saat hamil akan meningkat sehingga menyebabkan sendi-sendi di bagian pinggang membesar. Nah sendi di bagian pinggang membesar membuat pinggang kita menjadi lembek dan tidak kokoh untuk menahan berat badan tubuh kita.

3. Tekanan Rahim

Tekanan rahim selama kita hamil itu bisa menjadi salah satu penyebab utama kita bisa merasakan sakit pinggang yang luar biasa saat kehamilan. Kenapa? Karena tekanan rahim itu menekan akar syaraf sehingga membuat otot menjadi tegang dan menimbulkan rasa nyeri bagian pinggang.

Itu lah penyebab kenapa ibu hamil bisa merasakan sakit pinggang yang luar biasa selama kehamilan, tentunya kita bumil pasti pengen mengatasi sakit pinggang kita minimal jangan meningkat rasa sakitnya sampai kita persalinan. Nah berikut adalah cara untuk mengatasi sakit pinggang pada ibu hamil selama kehamilan yang sudah mommy buktikan.

Tips Mengatasi Sakit Pinggang pada Bumil

1. Olahraga

Walaupun kita sedang hamil, bukan menjadikan alasan dan kesempatan untuk kita malas-malasan dan tidak melakukan aktivitas apapun. Olahraga itu penting karena olahraga dapat melenturkan badan kita dan memperkuat otot badan. Carilah olahraga yang bisa memperkuat bagian perut bawah, kaki, tangan, pinggang dan punggung. Lalu carilah olahraga yang ringan ya moms seperti jalan kaki, yoga, berenang itu dapat memperkuat otot pinggang, punggung, perut bawah, kaki dan tangan kita.

Olahraga ringan itu dapat meminimalisir bagian sakit pinggang kita dan mommy sudah merasakan sendiri. Mommy awalnya malas olahraga, takut kontraksi. Tapi nyatanya setelah mommy olahraga ringan seperti yoga di rumah, jalan kaki di sekitar rumah sakit pinggang mommy sudah mulai berkurang yang tadinya parah banget.

2. Hindari Penggunaan High Heels

Namanya wanita kita maunya pakai high heels biar kita kelihatan seksi, jenjang kakinya walaupun hamil tetap mau cantik dong tetap pakai high heels. Tapi nyatanya penggunaan high heels pada saat hamil itu tidak memberikan efek yang baik pada kehamilan kita. Karena ketika kita hamil apalagi sudah mulai akhir trimester 3 dan awal trimester 3 yang sudah mulai muncul sakit pinggang dan punggung bawah, penggunaan high heels cuma bisa memberikan ketegangan, yang dimana berat badan kita bertumpu di kaki kita yang menjalar ke bagian pinggang dan punggung sehingga itu hanya akan membuat bagian sakit pinggang dan punggung bawah kita memburuk. Gunakan sepatu datar jangan gunakan high heels ya moms.

3. Hindari Duduk dan Berdiri yang Terlalu Lama

Jadi mommy merasakan sendiri nih, mommy kan boleh dibilang jarang banget bed rest moms. Mommy dari pagi sampai jam 9 malam pasti duduk atau enggak berdiri, bikin konten, non stop dari usia hamil muda dan yang mommy rasakan terlalu lama duduk dan berdiri hanya membuat sakit pinggang dan punggung bawah mommy makin memburuk, makin sakit. Ketika sudah menuju trimester 3 mommy sudah lebih banyakin duduk sebentar, tiduran miring di sofa. Kalau sudah berdiri agak lama, tiduran lagi.

Jadi minimal itu pinggang kita ada topangan sehingga enggak membuat bagian pinggang dan punggung bawah kita makin sakit. Yang mommy rasakan setelah mommy mencoba mengurangi duduk dan berdiri lama, banyakin tiduran tapi bukan berarti enggak melakukan aktivitas ya moms, cuma dikurangi aja aktivitasnya, sakit pinggang dan punggung bawah mommy sudah sangat teratasi moms.

4. Pijit Kehamilan

Kalau mommy flashback di kehamilan pertama dan kedua mommy, mommy hamil baik-baik aja dan fun fun aja. Enggak pernah merasakan sakit pinggang yang luar biasa. Walaupun memang beda ya moms waktu itu kehamilan baby tunggal sedangkan kehamilan ketiga ini adalah kehamilan baby kembar, cuma pada saat kehamilan pertama dan kedua mommy sering pijit kehamilan, seminggu 2x dan sekarang di hamil ketiga jarang pijit karena pandemi Covid-19 enggak berani manggil tukang pijit dan enggak berani pergi pijit, enggak pernah pijit sama sekali sehingga membuat sakit pinggang mommy itu makin berasa banget.

Jadi moms pijit kehamilan itu penting banget apalagi pijit yang bagian pinggang dan punggung bawah. Dengan kita melakukan pijit kehamilan itu bisa melemaskan otot dan relax. Akhir-akhir ini suami sudah mulai pijitin pinggang dan punggung bawah mommy, mommy sudah enggak merasakan sakit pinggang yang luar biasa. Masih sakit pinggang cuma still oke moms.

5. Kompres Pakai Air Dingin

Selama kehamilan ketiga ini mommy mengalami sakit pinggang yang cukup luar biasa. Sambil mommy tiduran di sofa mommy biasa kompres pakai es batu moms. Dan abis kompres enakan, seharian sudah enggak sakit. Bahkan biasa di malam hari mau tidur sakit pinggangnya berasa banget, habis kompres itu enggak berasa moms dan tidurnya enak. Dengan kita mengompres bagian pinggang kita, itu akan melemaskan otot ssehingga otot enggak tegang, sehingga tidak menyebabkan nyeri pada bagian pinggang dan punggung bawah kita.

6. Jangan Tidur Telentang

Ini harus banget dihindari ya moms. Dari kita kehamilan trimester pertama jangan pernah tidur telentang. Kalau bisa kita sebagai bumil biasakan untuk tidur miring ke kanan atau kiri. Jangan lupa bagian salah satu kaki ditekuk kemudian bagian pinggang dan punggung bawah kita berikan bantal. Jadi minimal pinggang dan punggung bawah kita bisa beristirahat sejenak dengan sandaran bantal tadi sehingga otot bagian pinggang dan punggung bawah relax. Dan otomatis sakit pinggang dan punggung bawah yang kita rasakan akan berkurang seiring berjalannya waktu.

7. Jaga Berat Badan Ideal

Bukan berarti kalau bumil itu adalah kesempatan makan sebanyak mungkin, mau berat badannya tambah kayak gimanapun enggak papa. No, walaupun kita hamil tetap jaga berat badan ideal kita jangan sampai over. Dengan berat badan ideal itu akan mengurangi juga sekaligus sakit pinggang dan punggung bawah kita. Karena pinggang dan punggung bawah kita enggak perlu menopang berat badan yang over. Karena makin berat badan kita otomatis sakit pinggang dan punggung bawah yang kita rasakan akan makin meningkat, sehingga jaga berat badan ideal selama hamil itu penting.

Inilah semua 7 cara untuk mengatasi sakit pinggang pada ibu hamil pada trimester 1-3. Mau hamil muda hingga tua, sakit pinggang bisa teratasi kok moms dan bisa kita kendalikan minimal bisa berkurang jangan makin meningkat. That’s all untuk tips mengatasi sakit pinggang pada bumil, see you di next #CurcolYukMom.