Pregnancy

Tahap Hamil Kembar Trimester Pertama Bulan 1-3

Banyak teman-teman yang ingin tahu perkembangan mommy selama hamil kembar, maka dari itu sekarang mommy mau sharing mengenai tahap perkembangan hamil kembar di trimester 1. Pada tanggal 22 Juli 2020 usia kehamilan mommy sudah full 3 bulan.

Untuk moms yang mungkin belum tahu, mommy akan flashback sedikit. Mommy hamil kembar dengan prosedur bayi tabung, mommy melakukan embrio transfer pada tanggal 27 Mei 2020. Mommy memasukkan 2 telur grade excellent ke rahim mommy dan di tanggal 10 Juni 2020 mommy mendapatkan kabar gembira dari dokter Nando bahwa mommy berhasil hamil kembar.

Dari embrio transfer 3 hari kemudian mommy testpack yaitu tanggal 30 Mei 2020, mommy cek ternyata sudah ada garis samar alias positif. Jadi dari sana mommy sudah merasakan berbagai tanda kehamilan kembar ini. Beda banget sama kehamilan pertama dan kedua mommy.

Apasih bedanya kehamilan kembar dengan kehamilan tunggal?

  1. Mual dan Muntah Terus Menerus
    Jadi yang paling mommy ingat itu di 2 bulan pertama kehamilan, mommy full muntah dan mual enggak berhenti. Biasanya mommy kalau hamil enggak pernah mual dan muntah ya moms, fine aja. Tapi di kehamilan kembar ini mual dan muntah terus, bahkan mommy yang notabene suka banget sama ikan di kehamilan kembar ini bisa benci banget sama ikan. Cukup melihat ikan di depan mata langsung muntah, cium bau ikan langsung mual, jadi benar-benar enggak suka banget sama ikan, mau itu ikan salmon, ikan tuna, ikan apapun mommy benci banget pada saat itu.
  2. Perut Enggak Nyaman
    Mommy juga merasa perut itu enggak enak karena susah makan kan moms, mual, muntah, perut enggak enak, enggak suka sama makanan tertentu, jadi perut bawaannya enggak enak terus. Dan mommy merasakan kram perut itu terus menerus moms. Dari mommy embrio transfer tanggal 27 Mei 2020 mommy kram dan kramnya itu enggak berhenti sampai 2 bulan pertama. Jadi selama 2 bulan pertama usia kehamilan, mommy kram tiap hari. Sehari bisa 10-12x kram. Sekali kram bisa 10-15 menit dan kramnya lumayan moms.
  3. Insomnia
    Di kehamilan kembar ini mommy insomnia. Biasanya kalau ibu hamil tidur enak ya moms. Mommy di hamil pertama dan kedua enak dan panjang banget tidurnya. Tapi di kehamilan kembar ini kram perut, BAB enggak lancar mungkin karena rahimnya terlalu penuh jadi ususnya agak pelan kerjanya yang akhirnya sembelit, kembung, BAB susah, bisa enggak BAB 3 hari. Karena sembelit, kembung, susah BAB dan kram perut itu tadi mommy enggak bisa tidur. Kalau misalnya dihitung dalam seminggu ada 2-3x mommy enggak bisa tidur, benar-benar enggak tidur moms dari malam melek terus sampai pagi. Terus enggak tidur lanjut mommy aktivitas bikin konten dan lain-lain di siang hari. Sering juga mommy sudah tidur kayak tidur ayam jadi tidurnya enggak nyenyak.
  4. Pusing
    Nah kalau di trimester pertama itu kurang lebih 1 bulan pertama, pusingnya parah. Jadi seumpama mommy tiduran berbaring lalu mau bangun untuk buang air kecil, karena pada saat mommy hamil kembar buang air kecilnya itu frekuensinya lebih banyak dibandingkan hamil biasa, itu pas mommy bangun mommy sempat kayak mau pingsan, kepala putar-putar, eneg banget, pusing banget, detak jantung kencang banget. Itu mommy rasain di 1 bulan pertama.

Nah sampai di usia kehamilan 3 bulan untuk mual dan muntah sudah mereda ya moms, bahkan sudah enggak pernah. Cuma paling yang masih mommy rasain adalah insomnia dan susah BAB. Berat badan mommy di trimester 1 naik 3 kg jadi total sekarang sudah 53 kg. Untuk bentuk perut masih oke ya moms, jadi enggak terlalu besar banget cuma kata dokter akan mulai membesar, langsung bengkak di trimester 2 dan 3, jadi nanti kita update lagi.

Ini adalah foto USG pertama kali mommy di 10 Juli 2020 yang dimana mommy dinyatakan berhasil hamil kembar. Ada 2 kantong di rahim.

Lalu ini ada foto USG dan video USG mommy di usia 2 bulan, detak jantung sudah terdengar, kedua baby sehat, berat badan dan tinggi badan sesuai.

Dan di foto dan video USG kedua dokter sempat membocorkan kayaknya salah satu baby boy dan baby girl tapi untuk memastikan akan ditunggu foto dan video USG di trimester kedua kalau sudah kelihatan.

Itu dia tahap perkembangan kehamilan kembar yang mommy rasakan. Semoga sharing kali ini bisa menjawab pertanyaan moms yang penasaran dengan tahap perkembangan kehamilan kembar ya.