Pregnancy

Tahap Hamil Kembar Trimester 2 Bulan 4-6

Hai moms kembali lagi di sesi #CurcolYukMom bareng momms. Jadi hari ini mommy mau update untuk perkembangan hamil kembar di trimester kedua. Di trimester 2 ini mommy mau update saat usia kehamilan 4 bulan. Yang mommy rasakan sudah mulai berat di bagian perut tapi kalau untuk mual dan muntah sudah agak berkurang bahkan hampir enggak ada, makan juga sudah lumayan. Dan di 4 bulan kehamilan BB mommy naik sampai 6kg.

Saat di USG di usia 4 bulan baby mommy yang pertama itu panjangnya 2.35 cm dan BB nya 188 gr. Sedangkan baby kedua panjangnya 2.15 cm dan BB nya 215 gr. Di usia ini mommy sempat ada problem. Jadi setelah mommy cek darah, zat besi mommy jelek banget that’s why dokter menyarankan untuk melakukan infus venofer atau infus untuk menambah zat besi di rumah sakit Bunda Menteng untuk memperbaiki zat besi yang ada di dalam tubuh mommy.

Tapi mommy masih aktivitas non stop cuma memang lebih agak berasa pas malam-malam kadang kencang banget perutnya, di bagian perut atas dekat dada mommy sudah mulai ngerasain kakinya jadi suka berasa sakit, perut mommy juga sudah gede banget.

Perkembangan usia di 5 bulan kehamilan, mommy berat badannya sudah 58 kg yang mana mommy sudah naik 8 kg. Hamil kembar ini hampir setiap hari mommy merasakan kontraksi yang cukup lumayan yang bikin enggak bisa tidur, jadi untuk gangguan insomnia masih ada aja karena kontraksi dan kram perut yang enggak berhenti. Dan mommy juga sudah mulai pakai maternity belt untuk menjaga biar janinnya enggak turun karena memang ini sudah kayak usia 8 bulan hamil. Kemudian yang bagian deket dada ini sudah berasa banget tulang kaki babynya ditendang-tendang jadi setiap kali duduk tegak, kalau duduk kelamaan di bagian bawah dada sakit banget.

Lalu di usia 5 bulan ini mommy sudah infus venofer sebanyak 2x untuk menambah zat besi mommy dan kalau untuk BB baby pertama mommy sudah 411 gr dan baby kedua sudah 480 gr. Sudah kelihatan mukanya juga moms saat di USG. Nanti di usia kehamilan 6 bulan mommy akan melakukan tes NIPT untuk mengetahui apakah down syndrome atau kelainan di kedua baby mommy. Walaupun terasa berat banget merasa lebih agak capek cepet capke daripada kemaren cuma mommy harus tetap semangat.

Di usia 6 bulan mommy melakukan tes NIPT dan bersyukur tidak ada masalah apa-apa dengan kehamilan mommy. Perkembangan baby di usia kehamilan 6 bulan ini adalah pendengaran janin sudah sempurna, rambut pada bagian kepala, alis dan bulu mata kini sudah mulai tumbuh lebih lebat dari sebelumnya dan bayi sudah bisa membuka serta menutup kelopak matanya.

Itu dia perkembangan kehamilan kembar mommy di trimester kedua, ditunggu update perkembangan kehamilan kembar trimester ketiga ya moms.