Pregnancy

5 Hal Wajib Dilakukan Setelah Operasi Caesar Melahirkan Biar Luka Cepat Sembuh

Hai moms, congratulations buat para moms yang baru saja melakukan persalinan atau yang akan mulai persalinan, pasti sudah enggak sabar kan untuk ketemu dengan buah hati tercinta yang di dalam kandungan selama 9 bulan. Jadi mommy pribadi baru saja melakukan operasi sesar pada 21 Desember 2020 dan ini adalah operasi sesar mommy yang ketiga kalinya.

Dulu pas mommy pertama kali melakukan operasi sesar di 17 Juni 2017 jujur mommy sempat bingung, habis operasi sesar kita sebagai perempuan harus ngapain. Jadi banyak banget orang jaman dulu, bahkan orangtua mommy mengatakan bahwa kalau habis melahirkan harus bed rest di kasur 30 hari enggak boleh gerak, jalan-jalan, mandi, keramas dan masih banyak lagi pantangannya agar staminanya cepat balik dan nanti saat tua badannya enggak mudah kena penyakit.

Nah itu mitos atau fakta sih moms? Jawabannya adalah mitos. Jadi menurut penelitian bahwa seorang ibu yang baru saja menjalankan operasi sesar atau melahirkan secara normal harus tetap bergerak dan rutin membersihkan diri untuk mempercepat penyembuhan luka operasi sesar kita. Nah berikut adalah 5 hal yang wajib kita lakukan setelah kita menjalankan operasi sesar untuk mempercepat penyembuhan luka operasi sesar.

1. Belajar Bergerak

Setelah kita operasi sesar kita harus banyak bergerak untuk mempercepat penyembuhan luka operasi kita. Bahkan moms dioperasi sesar ketiga kali ini kebetulan mommy operasi di RS Bunda Menteng dengan dokter Aryanando. Nah dokter Aryanando sendiri mau pasiennya recovery dengan cepat. Jadi mommy habis operasi sesar 3 jam kemudian mommy sudah belajar duduk. Perlahan-lahan dari posisi tidur dibangunin sedikit demi sedikit, sampai akhirnya mommy total kurang lebih enggak sampai 5 jam sudah bisa balik ke ruangan dan bisa belajar duduk seperti biasa.

Sakit memang tapi lama kelamaan luka operasi yang mommy rasakan makin berkurang sakitnya, jadi kita enggak diajarkan untuk manja dan enggak boleh bergerak. Nah dari bergerak itu kita bisa belajar untuk menyusui karena setelah kita operasi sesar kita harus segera mengeluarkan ASI untuk memberikannya kepada baby kita. Belajar menyusui, menggendong baby kita, serta makan dan minum untuk mempercepat penyembuhan luka operasi moms.

2. Makan dan Minum

Konon katanya kalau setelah kita operasi sesar kita jangan langsung makan daging dan telur, nyatanya pernyataan ini adalah mitos. Setelah kita operasi sesar kita boleh makan apa saja moms walaupun memang enggak langsung ya moms. Mommy pribadi kemaren setelah operasi sesar 1 jam kemudian sudah mulai dikasih air putih tapi minumnya dikit-dikit jadi kita lihat kita muntah atau enggak. Setelah 1 jam kemudian air putihnya lebih banyak lagi sampai 1 gelas, dilihat lagi kita muntah atau enggak.

Setelah itu kita dikasih permen, lalu kita dikasih air teh hangat manis, setelah sudah oke staminanya sudah oke kita balik ke ruangan kita boleh mulai makan bubur sumsum, kalau enggak muntah kita boleh makan lagi telur, makan daging, nasi dan akhirnya di hari pertama mommy setelah operasi sesar, malamnya mommy sudah makan nasi bahkan makan McD. Walaupun awalnya mommy sempat muntah, lalu stop dan mulai minum dan makan lagi sampai akhirnya muntah itu terkendali dan usus kita sudah bekerja senormal mungkin. Dengan kita makan protein yang sangat banyak itu bisa mempercepat penyembuhan luka operasi sesar kita dan merangsang ASI kita juga loh moms.

3. Mandi dan Keramas

Siapa yang kalau kita habis melahirkan enggak boleh keramas dan mandi 30 hari, mommy sih enggak bisa. Jadi kalau mommy sendiri sudah 3x operasi sesar, setelah selesai mommy pasti mandi dan keramas enggak nunggu 30 hari. Pernyataan 30 hari enggak boleh mandi dan keramas itu adalah mitos moms. Menurut penelitian setelah kita operasi sesar kita malah diwajibkan untuk membersihkan diri secara rutin.

Bayangkan aja moms kita enggak mandi cuma lap basah aja, enggak sikat gigi, enggak keramas otomatis kotor dong. Nah padahal setelah operasi kita juga harus menyusui, merangsang ASI kita, skin to skin dengan baby kita. Kalau misalnya kita sudah skin to skin dengan keadaan badan kita kotor itu enggak bagus moms buat baby kita juga. Jadi faktanya kita harus tetap membersihkan diri secara rutin untuk membantu penyembuhan luka operasi sesar kita lebih cepat. Tentunya mandi dan keramas itu enggak langsung setelah operasi sesar, biasanya 2/3 hari setelah operasi sesar. Pokoknya setelah kateter di urin kita sudah dilepas, infus sudah dilepas dan kita sudah bisa bergerak, berdiri tanpa bantuan suster.

4. Belajar Menyusui

Memang ya moms seorang ibu hebat banget. Setelah seorang ibu harus dioperasi ataupun melahirkan normal, menahan rasa sakit bekas jahitan, seorang ibu harus segera belajar untuk menyusui, merangsang ASI agar cepat keluar dan baby kita bisa minum ASI secepat mungkin. Jadi belajar menyusui itu penting juga moms setelah operasi sesar, skin to skin dengan baby kita, kasih ASI walaupun memang ASI belum ada tetapi kita terus merangsang dengan baby kita menyusui di payudara kita agar hormonnya makin terangsang dan akhirnya ASI bisa keluar.

5. Pakai Korset

Pakai korset setelah operasi sesar itu penting banget karena dapat membantu penyembuhan luka jahitan bekas operasi sesar dan membantu rahim kita yang tadinya bengkak lama kelamaan turun. Jadi mommy setelah melahirkan enggak cuma lagi hamil tapi habis melahirkan pasti pakai korset dan mommy setia pakai korset dari Mooimom. Korset ini selalu mommy pakai after mommy lahiran sebanyak 3x. Mooimom sendiri terbuat dari bambu, kalau ditanya sakit enggak sih luka operasi kalau ditekan begitu menggunakan korset, jawabannya enggak ya moms. Dengan begini mommy bisa berdiri tegak. Jadi memakai korset setelah operasi sesar bisa mempercepat penyembuhan luka operasi sesar.

That’s all untuk 5 hal yang wajib dilakukan setelah kita operasi sesar. Semoga bermanfaat untuk moms semua.