Review Produk

Review Pompa ASI Elektrik Spectra Dual Compact vs Spectra Dual S

Hai moms kembali lagi di sesi #CurcolYukMom. Nah moms, mommy baru aja melahirkan baby kembar dan kurang lebih sudah 17 hari mommy mencoba memerah ASI menggunakan pompa ASI elektrik dari Spectra. 2 tahun lalu mommy juga sempat review pompa ASI dari Spectra varian S2+ dan S9. Dan kali ini mommy mencoba keluaran terbaru dari Spectra yaitu Spectra Dual Compact dan Dual S. Jadi di sini mommy akan memberikan persamaan, perbedaan, kelebihan dan kekurangan setelah mommy mencoba selama 17 hari menggunakan 2 tipe dari merek terbaru Spectra.

Sebelumnya kita ngomongin tentang persamaannya lebih dulu ya. Persamaan dari kedua tipe terbaru Spectra ini adalah isi di dalam 1 box Spectra sama persis enggak ada bedanya, entah itu yang Dual Compact atau Dual S, yaitu

  • Dalam box Spectra kita bisa mendapatkan 1 unit pompa ASI Spectra
  • 2 buah selang
  • 2 buah backflow protector yang kemasannya terpisah saat kita dapatkan jadi harus kita rakit sendiri
  • 2 buah corong buat pompa
  • 2 silicone valve
  • 2 buah botol susu
  • 1 buah charger untuk masing-masing tipe Spectra
  • Tuas manual 1 buah
  • Garansi 3 tahun. 1 tahun untuk mesin, 6 bulan untuk adaptor.

Sekarang kita akan masuk ke perbedaannya. Perbedaan dari Spectra Dual Compact dengan Spectra Dual S. Untuk mengetahui perbedaan dari kedua tipe Spectra kita masuk ke dalam Spesifikasinya ya moms

Spesifikasi Spectra Dual Compact (Harganya Rp. 2.510.000) :

  • Bisa digunakan tanpa harus mencharger karena Spectra Dual Compact memiliki baterai cadangan
  • Memiliki 12 level exspression
  • Memiliki 5 level massage
  • Tidak memiliki fitur cycle atau kecepatan hisap
  • Tidak memiliki fitur night lamp
  • Semua tombol sudah touch screen
  • Bisa auto off dalam 30 menit. Misal kita lupa mematikan, dalam waktu 30 menti bisa auto mati sendiri
  • Kekuatan massage dan exspression bisa diatur berbeda antara payudara kanan dan kiri

Spesifikasi Spectra Dual S (Harganya Rp. 3.050.000) :

  • Saat menggunakan harus sambil dicharger karena Spectra Dual S tidak memiliki baterai cadangan
  • Memiliki 15 level exspression
  • Memiliki 5 level massage
  • Memiliki 5 level cycle untuk kecepatan daya hisapnya
  • Memiliki night lamp dengan 3 tingkatan
  • Semua tombol sudah touch screen
  • Bisa auto off dalam 30 menit. Misal kita lupa mematikan, dalam waktu 30 menit bisa auto mati sendiri
  • Kekuatan massage, exspression dan kecepatan daya hisap bisa diatur berbeda antara payudara kanan dan kiri

Setelah kita bahas spesifikasi dari kedua tipe pompa ASI dari Spectra ini mari kita bahas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe.

Kelebihan Spectra Dual S

1. Kekuatannya Lebih Besar

Level lebih besar untuk exspressionnya bisa sampai level 15, dan dia juga punya kekuatan daya hisap. Nah itu akan membuat kita sebagai seorang ibu untuk bisa mengatur level yang menurut kita nyaman karena masing-masing payudara tipenya berbeda-beda ya moms. Dengan menggunakan Spectra Dual S ini kita akan lebih nyaman dan kita akan merasa produksi ASI yang dikeluarkan akan lebih maksimal

2. Hospital Grade

Pompa ASInya lebih halus daripada yang Dual Compact. Jadi kalau buat para ibu yang baru melahirkan dan kemudian memasuki masa menyusui, mau memerah ASI menggunakan Spectra Dual S yang sudah hospital grade ini menjadi nyaman, memompanya juga lembut dan halus jadi enggak terlalu sakit menurut mommy. Jadi kita enggak akan merasa kaget dan trauma untuk memompa ASI kembali.

3. Tidak Membuat Puting Sakit

Puting kita enggak sakit, enggak lecet, otomatis kita akan happy breastfeeding banget.

4. Individual Settings

Level dari masing-masing payudara bisa diatur berbeda sama halnya dengan Spectra Dual Compact.

5. Elegant

Bentuknya elegan, bulat sempurna, pokoknya keren dibandingkan pompa ASI lain bahkan dibandingkan dengan Spectra Dual Compact sendiri.

Kekurangan Spectra Dual S

1. Berat

Ini berat banget moms, mungkin ada 3 kg ya moms. Ini enggak efektif untuk dibawa kemana-mana. Berat dan besar.

2. Harus Dicolok Listrik

Kalau enggak kita charger ini enggak bisa dioperasikan, otomatis kalau dibawa keluar susah banget. Masa iya kita harus cari yang ada tempat chargernya mending kalau tempatnya tertutup ya moms. Jadi kurang efektif karena enggak memiliki baterai cadangan.

3. Sedikit Berisik

Suaranya lebih kencang dibanding yang Dual Compact jadi kalau kita tengah malam perah ASI ya sedikit agak lebih berisik.

4. Harganya Lebih Mahal

Bagaimana dengan spectra dual compact

Kelebihan Spectra Dual Compact

1. Kecil dan Ringan

Enggak sampai 1 kg paling 0.5 kg beratnya moms. Efektif dibawa kemana-mana dan enggak terlalu besar jadi enggak makan terlalu banyak space diperlukan.

2. Awet Baterainya

Jadi dia bisa dioperasikan tanpa harus dicharger. Dia ada baterai cadangan di dalam dan ini awet seharian. Kita seharian pompa sampai 12x masih tahan moms, jadi ini oke banget dibawa pergi-pergi.

3. Harganya Lebih Murah

Jika dibandingkan Spectra Dual S, Spectra Dual Compact lebih murah ya moms.

4. Enggak Berisik

Enggak lebih berisik dibanding Spectra Dual S. Jadi kalau kita pompa tengah malam pun kita enggak akan ganggu suami dan baby kita.

5. Individual Settings

Untuk level exspression dan massagenya bagian payudara kanan dan kiri bisa diatur berbeda. Jadi enggak harus sama kekuatannya.

Kekurangan Spectra Dual Compact

1. Tidak Punya Pilihan untuk Kecepatan Daya Hisap

Spectra Dual Compact tidak memiliki fitur kecepatan daya hisap seperti yang ada di Dual S, jadi cuma ada level exspression dan massage aja.

2. Lebih Sakit Sedikit

Kalau kita baru mulai memerah ASI ini agak sedikit lebih sakit dibanding Spectra Dual S. Sebenarnya sakitnya masih bisa diterima ya moms karena kita pertama kali nyoba agak sedikit sakit, tapi lama kelamaan kita agak lebih nyaman sih moms. Jadi cuma perbedaan begitu aja, so far tetap oke untuk merek ini dibanding pompa lain.

Setelah kita bahas kelebihan dan kekurangan dari Spectra Dual S dan Dual Compact mari kita bandingkan dengan pompa ASI elektrik yang lain. Apa saja perbedaannya?

1. Pompa ASI Lain Tidak Memiliki Hospital Grade

Pompa ASI lain bisa membuat puting lecet, sakit dan akhirnya trauma. Mommy sudah coba beberapa pompa ASI elektrik lain enggak ada yang selembut dan senyaman merek Spectra. Makanya 3x mommy punya anak, ketiganya mommy stay sama Spectra.

2. Pompa ASI Lain Tidak Memiliki Individual Settings

Kelebihan kedua Spectra dibanding pompa ASI lain enggak bisa dipilih level kekuatan hisap, massage bahkan kecepatan hisap payudara kanan dan kiri, cuma Spectra yang baru mengeluarkan fitur tersebut kanan dan kiri payudara yang berbeda.

3. Pompa ASI Spectra Corong Dapat Digunakan pada Botol Susu Merek Lain

Kita enggak perlu buang duit karena corong dari Spectra bisa kita gunakan pada botol susu merek lain.

4. Pompa ASI Spectra Mempunyai Suara yang Lembut

Walaupun tadi mommy bilang pompa ASI Spectra tipe Dual S agak sedikit berisik tapi kalau dibandingkan dengan pompa ASI elektrik merek lain ini enggak terlalu berisik moms.

5. Pompa ASI Spectra Mempunyai 3 Level Corong

Pompa ASI elektrik dari Spectra memiliki 3 buah level corong yaitu small, medium dan large otomatis bisa disesuaikan dengan masing-masing puting payudara ibu.

6. Awet

Kalian mau pakai terus disimpan lagi untuk anak selanjutnya enggak akan rusak. Jadi oke banget dibandingkan pompa ASI lain.

Jadi pompa ASI Spectra oke dibandingkan pompa ASI lain. Dan tentunya dengan kita memilih pompa ASI yang nyaman, bikin kita enjoy, otomatis bisa menjadi peralatan tempur kita untuk memberikan ASI eksklusif untuk anak kita. Ingat jangan salah pilih pompa ya moms.